Home » Berita » Suzuki Tambah Varian Ertiga hingga Persaingan Avanza dan Xpander Semakin Panas

Suzuki Tambah Varian Ertiga hingga Persaingan Avanza dan Xpander Semakin Panas

Berita Sepekan Carmudi

Jakarta – Kabar dari industri otomotif Tanah Air selama satu minggu kebelakang sangat sayang untuk dilewatkan. Suzuki Ertiga menjadi salah satu berita  yang cukup menarik perhatian pembaca. Sebab mobil keluarga andalan PT Suzuki Indomobil Sales itu datang dengan varian baru yang lebih sporty. Ada juga peluncuran bus Mercedes-Benz OF 917 yang dilakukan bersamaan dengan pameran bus se-Asia Tenggara, di Jakarta.

Selain itu berita yang tak kalah menariknya mengenai semakin panasnya persaingan antara Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Bahkan keduanya pun saling kejar-kejaran angka penjualan. Berikut ini rangkuman berita Carmudi yang cukup menarik perhatian pembaca selama sepekan kebelakang:

1. Harga Suzuki Ertiga Sport

Suzuki meluncurkan varian baru Ertiga yakni All New Ertiga Suzuki Sport. MPV ini didesain dengan gaya agresif melalui tambahan fitur modern. Berbagai tambahan ini membuat harga Suzuki Ertiga Sport jadi paling mahal di antara varian lainnya.

Suzuki Ertiga Sport ini mengambil basis dari Ertiga tipe GX. Pembaharuan di sisi eksterior Ertiga Sport meliputi tambahan body kit seperti Upper & Lower Front Grille, Front Under Spoiler, Side Under Spoiler, Rear Upper & Under Spoiler. Di pintu belakang terpasang emblem Suzuki Sport untuk membedakannya dengan varian standar.

Ertiga Suzuki Sport
Ertiga Suzuki Sport akan mendorong jumlah penjualan retail Suzuki di Indonesia. (Foto: Carmudi)

Ertiga Suzuki Sport juga mendapat tambahan fitur Daytime Running Light dan defogger untuk membantu pengemudi saat cuaca buruk. Pengemudi juga kian mudah dalam parkir dengan adanya rear camera parking.

Interior Ertiga Suzuki Sport hadir dengan warna dashboard dan material kursi terbaru, dengan aksen hitam. Warna ini meliputi seluruh bagian dashboard, jok, instalation panel, dan trim door. Fitur hiburan Ertiga Suzuki Sport mengandalkan head unit touch screen 6.8 inci dan kenyamanan kabin ditunjang AC Auto Climate Digital.

PT SIS menyediakan dua pilihan Ertiga Suzuki Sport yaitu tipe  transmisi manual seharga Rp241 juta dan otomatis Rp251,5 juta.

2. Biaya Servis Mitsubishi Xpander

Banyak orang yang masih belum mengetahui mengenai biaya servis Mitsubishi Xpander atau penggantian spare part Mitsubishi Xpander di atas masa garansi. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memang memberikan masa garansi selama 3 tahun untuk Xpander.

Tetapi, bagaimana biaya servis dan spare part yang harus dikeluarkan setelah masa garansi tersebut habis? Berdasarkan penelusurkan kami di lapangan, biaya perawatan dari Xpander cukup terjangkau. Harganya berkisar di angka Rp 1,5 jutaan saja untuk paket servis.

3. Panduan Beli Mobil LCGC Bekas

Di pasaran terdapat banyak pilihan mobil LCGC dari berbagai merek. Ada baiknya tentukan satu merek mobil yang ingin Anda miliki, tujuannya untuk mempermudah pencarian. Seperti biasa, sebelum membeli mobil bekas, sebaiknya lakukan pemeriksaan meliputi bagian body, kaki-kaki, interior, dan lainnya. Untuk mobil LCGC bekas ada bagian yang secara khusus harus benar-benar diperhatikan, supaya Anda tidak menyesal dikemudian hari.

Kepala Dealer Mobil88 Tebet, Adji menyarankan ketika ingin membeli mobil LCGC bekas calon konsumen jangan sungkan untuk meminta rekam jejak servis kendaraan kepada penjual. Ini penting sebagai langkah awal untuk mengetahui kondisi mesin.

Kemudian dirinya menyarankan kepada calon konsumen untuk tidak membeli mobil LCGC tahun tua. Sebab selain angka kilometer di odometer sudah tinggi, kinerja mesin mobil juga dapat dipastikan mulai berkurang, sehingga harus menjalani perbaikan.

4. Mercedes-Benz OF 917 Meluncur

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) resmi meluncurkan bus terbar bus terbaru, Mercedes-Benz OF 917. Bus ini diklaim punya dimensi yang lebih lebar dibanding sebelumnya. Selain itu, setting mesin, girboks, gardan serta suspensi dibuat ulang demi menambah kenyamanan bagi penumpang bus Mercedes-Benz OF 917 ini.

Mercedes-Benz OF 917 menggendong mesin berkapasitas 3.900 cc, 4 silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga 170 hp dengan torsi 540 Nm. Mesin berkode 4D34i ini dikawinkan dengan transmisi MO 36 yang merupakan transmisi manual 6 percepatan. Kendati transmisinya manual, tetapi perpindahan giginya dinilai lebih smooth dan tidak cepat membuat lelah sang pengemudinya.

Mercedes Benz OF 917
Mercedes Benz OF 917 (Foto: Carmudi)

5. Persaingan Avanza dan Xpander Kian Panas

Berdasarkan data penjualan periode Februari 2019 Toyota Avanza berhasil meraih retail sales (dealer ke konsumen) sebesar 5.004 unit dan wholesale (pabrik ke dealer) 5.700 unit. Sedangkan pesaingnya, Mitsubishi Xpander mampu meraih angka retail sales lebih besar yaitu sekira 5.960 unit dan 5.532 untuk wholesale. Melihat angka penjualan tersebut Mitsubishi sesumbar bahwa pabrikan berlogo tiga berlian itu telah berhasil mengalahkan pemain lama di segmen Low MPV.

Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, menanggapi perolehan angka penjualan itu dengan santai. Menurut dia apa yang diraih oleh Mitsubishi Xpander sekarang ini belum pernah melewati pencapaian Toyota Avanza sebelumnya.

Sementara itu Irwan Kuncoro, Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengaku pihaknya merasa menang.

Previous post
Honda Accord Terbaru Sudah Meluncur di Thailand, Indonesia Kapan?
Konsumsi BBM Honda Brio
Next post
Adu Irit, Konsumsi BBM Honda Brio Tembus 30,1 Km/Liter