BeritaMobilSumber informasi

Suzuki Tetap Mempertahankan Ertiga Model Lama untuk Taksi

Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga model lama (Foto: Istimewa)

Mumbai – Setelah Indonesia, diperkirakan All New Suzuki juga bakal meluncur di India. Walaupun nanti sudah ada model baru kabarnya Maruti Suzuki India Limited (MSIL) selaku agen pemegang merek Suzuki di India tetap mempertahankan Ertiga model lama.

Dilaporkan GaadiWaadi bahwa Suzuki Ertiga model lama sengaja dipertahankan untuk dijadikan sebagai kendaraan yang mengisi segmen komersial. Salah salah satunya dijadikan armada taksi. Nantinya Ertiga model lama akan diberi tambahan nama menjadi Ertiga Tour.

Sebagai kendaraan komersial, tentunya Suzuki Ertiga Tour akan memiliki banyak perbedaan dibandingkan dengan Ertiga tipe lain. Diperkirakan Suzuki Ertiga Tour tidak akan mendapat hiasan krom dibagian kisi-kisi grille dan sekitar lampu kabut. Hiasan krom di atas dudukan pelat nomor juga akan dihapus dan peleknya menggunakan material steel tanpa penutup.

Kabin dari Ertiga Tour akan terlihat sangat sederhana, karena tidak akan dilengkapi dengan fitur-fitur modern seperti AC, soket 12V dan naik-turun jendela dilakukan secara manual.

Bicara soal performa mobil, kemungkinan besar Suzuki akan menawarkan mesin bensin K14B 1.4 Litre yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga sekuat 94 bhp dan torsi puncak 130 Nm. Tenaga dikirim ke roda depan melalui transmisi manual lima kecepatan. Selain itu ada juga mesin diesel berteknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) 1.3 litre dengan kemampuan mengeluarkan tenaga sebesar 89 bhp dan torsi puncak 200 Nm. Suzuki Ertiga Tour kemungkinan akan mendapatkan ABS dan Airbag ganda sebagai fitur standar.

Suzuki All New Ertiga Meluncur Agustus

MSIL sudah beberapa kali kedapatan tengah melakukan pengujian terhadap All New Ertiga di jalan raya di India sejak Maret lalu. Namun sampai saat ini mobil keluarga itu belum juga meluncur di sana, malah Indonesia menjadi negara pertama yang memasarkan Suzuki All New Ertiga. Beredar rumor Suzuki akan meluncurkan Ertiga geberasi kedua itu pada Agustus 2018.

Berdasarkan spesifikasi All New Ertiga yang ada di Indonesia, mobil dengan kemampuan menampung hingga 7 orang di kabin ini dilengkapi oleh beragam fitur unggulan di antaranya Electronic Stability Program, yakni teknologi yang memadukan antara pengereman optimal & kestabilan saat melaju di jalan licin & berbelok dan mencegah over steer serta under steer. Selain itu juga dilengkapi dengan Hill Hold Control yang mencegah mobil mundur saat berada dipermukaan yang miring. Kemudian juga Anti-lock Braking System mencegah penguncian roda saat terjadi pengereman mendadak di jalanan yang licin, serta Eletronic Brake force Distribution yang membagi besarnya gaya pengereman pada masing-masing roda sesuai beban & kondisi pada roda.

All New Ertiga menjadi salah satu produk unggulan PT SIS di GIIAS 2018 Foto: Zainal/Carmudi)

Suzuki juga telah menyematkan fitur keselamatan seperti Dual SRS Airbag di bagian depan. Serta pengait ISOFIX baru, serta Front Seatbelt 3 point ELR with
Pretensioners & Force Limiters. Tak ketinggalan fitur Smart Entry, Immobilizer, Child Proof Door Lock dan Security Alarm melengkapi fitur keselamatan All New Ertiga.

Suzuki All New Ertiga dibekali mesin baru berkode K15B. Mesin 1.5 litre ini mengeluarkan tenaga 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm pada 4.400 rpm. Dari segi emisi, All New Ertiga memiliki Multi Point Injection yang sudah memenuhi standarisasi EURO 4.

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts