Berita Mobil

Suzuki Wagon R Versi 7-Seater Meluncur November 2018?

wagon r 7-seater

Suzuki Wagon R 7 Penumpang (Foto: Indianautosblog)

New Delhi – Suzuki Wagon R 7-seater pernah dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, namun setelah itu tidak ada kabar kelanjutannya. Maruti Suzuki India Limited, selaku perusahaan yang mengembangkan mobil tersebut, juga tidak memaparkan secara terbuka kapan mobil tersebut masuk produksi dan dipasarkan secara luas.

Dulu sempat tersiar kabar bahwa proyek Suzuki Wagon R yang dapat memuat 7 penumpang ini dibatalkan. Tetapi nampaknya kemudian dihidupkan kembali untuk menciptakan kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) sebagai turunan dari Wagon R 5-seater. Kabar terbaru yang beredar, Suzuki tengah bersiap memasarkannya untuk India.

Sebagaimana diberitakan oleh Indianautosblog, Suzuki Wagon R 7-seater mulai diproduksi pada September 2018 dan kemungkinan besar bakal meluncur secara resmi pada November. Disebutkan pula bahwa mobil akan menggunakan platform Heartect dan menawarkan sistem keamanan terbaru sebagai fitur standar.

Bila Wagon R versi 5-seater menggunakan mesin bensin K10B 1.0 liter tiga silinder, bisa jadi versi 7 penumpang akan mengendong mesin yang lebih besar lagi yaitu mesin bensin empat silinder K12B 1.2 liter, mengingat mengingat daya tampungnya lebih besar.

Suzuki Wagon R Sedang Dalam Pengembangan

Tidak hanya di India, Suzuki Wagon R juga dipasarkan di Indonesia. Hanya saja ada nama tambahan di depannya menjadi Karimun Wagon R.

Mobil yang masuk kategori Low Cost Green Car (LCGC) ini ditawarkan dengan kemampuan menampung hingga lima penumpang di kabin. Mengenai versi untuk 7 penumpang, pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen pemegang merek (APM) Suzuki di Indonesia, mengaku bahwa saat ini mobil tersebut masih dalam tahap pengembangan.

wagon r 7-seater

Interior Suzuki Wagon R 7 penumpang (Foto: Indianautosblog)

“Jadi pada saat kita kembangkan (Karimun Wagon R) pertama kali kan bukan hanya untuk pasar dalam negeri. Jadi kita kembangkan untuk kebutuhan ekspor juga. Kebetulan produk LCGC kami secara komposisi jualannya banyak ekspor dari pada domestik,” Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, baru-baru ini.

Lamanya pengembangan, lanjut Dony, dikarenakan produk tersebut tidak hanya ditawarkan di satu negara saja tapi di banyak negara. Maka dari itu pengembangannya butuh masukan dari konsumen di beberapa negara.

“Penyegaran untuk Wagon R sedang dalam proses. Akan tetapi ketika kami (Suzuki) melakukan penyegaran, kan tidak hanya menyerap aspirasi konsumen yang ada di Indonesia saja. Aspirasi pasar ekspor kami juga, karena produk diekspor juga,” pungkas Dony. (dna)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/