Sumber informasi

Syarat Bengkel Konversi Motor Listrik Nggak Bisa Sembarangan

Jakarta — Rupanya konversi sepeda motor konvensional menjadi sepeda motor listrik tak bisa dilakukan oleh sembarang bengkel. Prosesnya mesti dilakukan oleh bengkel konversi motor listrik yang sudah memiliki sertifikat khusus.

Bengkel Konversi Motor Listrik

Tampilan motor custom dengan sumber tenaga listrik. (Foto: Ride Apart)

Hal ini disampaikan Kementerian Perhubungan melalui media sosial resminya, Rabu (25/5/2022). Sebuah bengkel harus memiliki Sertifikat Bengkel Konversi yang bisa didapat dengan memenuhi sejumlah persyaratan.

  • Pertama, punya minimal satu orang teknisi perawatan dan satu orang teknisi instalatur yang kompeten memegang kendaraan bermotor (dilengkapi sertifikat uji kompetensi).
  • Kedua, dua teknisi tersebut punya pengetahuan dan kemampuan di bidang teknologi otomotif, elektronika, dan berpengalaman minimal 2 tahun sebagai teknisi kendaraan bermotor.
  • Ketiga, memiliki peralatan khusus untuk instalasi sistem penggerak motor listrik pada sepeda motor.
  • Keempat, memiliki peralatan tangan dan peralatan bertenaga.
  • Kelima, punya peralatan uji perlindungan sentuh listrik.
  • Keenam, memiliki peralatan uji hambatan isolasi.
  • Ketujuh, memiliki mesin fabrikasi komponen pendukung instalasi.
  • Kedelapan, bengkel dilengkapi dengan fasilitas keamanan dan keselamatan kerja.

Turut disebutkan bahwa persyaratan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Berbasis Baterai.

Modifikasi Motor Listrik

Sepeda motor Honda Beat yang telah dimodifikasi menjadi sepeda motor listrik. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Ketika semua syarat sudah dipenuhi maka sebuah bengkel dapat mengajukan permohonan Sertifikat Bengkel Konversi kepada Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Konversi Sepeda Motor Listrik Mulai Ramai

Konversi sepeda motor konvensional menjadi sepeda motor listrik sudah mulai terlihat dalam beberapa waktu belakangan. Untuk hal ini tentu saja seorang konsumen harus menyediakan sejumlah biaya.

Diketahui biaya tersebut bisa mencapai belasan juta. Contohnya seperti paket konversi yang ditawarkan bengkel Elders Garage untuk skuter-skuter Vespa klasik 2-tak.

Paket paling murah ditawarkan Rp17 juta sedangkan yang paling mahal Rp25,8 juta. Perbedaannya terdapat pada kapasitas baterai dan kekuaran electric motor.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts