Sepeda motor

SYM Jet X 150 Coba-coba Saingi NMax dan PCX

Malaysia – SYM Jet X 150 adalah skuter maxi asal Taiwan yang telah resmi dipasarkan di Asia Tenggara sejak pertengahan Mei lalu. Keberadaannya akan menjadi pesaing langsung Yamaha NMax atau bahkan Honda PCX.

SYM Jet X 150

(Foto: Ride Apart)

SYM bukanlah nama yang asing di segmen skuter matik. Brand asal Taiwan ini memiliki lini produk cukup beragam. Mulai dari yang bermesin kecil, seperti halnya Attila Venus 125i sampai yang setara moge, yaitu MAXSYM 600i.

Kini, lini produk tersebut pun semakin lengkap dengan hadirnya Jet X 150 yang menggendong mesin 150 cc.

Di segmen ini sebenarnya SYM sudah memiliki wakil, yaitu JET14. Tapi produk yang baru diluncurkan ini memiliki sentuhan lebih premium. Desain bodi memadukan kesan agresif dan sporty.

Walaupun mesti diakui, dilihat sekilas dari sisi samping, bagian depannya akan mengingatkan mata pada desain headlight Honda Vario.

Kemudian untuk setangnya dibuat model telanjang. Sementara aspek kenyamanan ditunjang ruang sandaran kaki yang nampaknya bisa menawarkan rasa berkendara rileks.

Bagian belakang dikawal sepasang suspensi, persis seperti mayoritas skuter maxi yang beredar di pasaran sekarang.

Panel Instrumen SYM Jet X 125

(Foto: Ride Apart)

Fiturnya meliputi penggunaan lampu LED, panel instrumen digital, dan USB charging port. Bagasi di bawah jok memiliki volume 18 liter.

Kapasitas itu memang jauh lebih kecil jika dibandingkan bagasi Yamaha NMax yang punya volume 23 liter atau Honda PCX yang mencapai 28 liter. Walau begitu pabrikan mengklaim bagasi SYM Jet X 150 mampu menampung helm open face.

Beranjak ke sektor mesin, tenaganya berasal dari unit 149,6 cc 1-silinder yang sudah menggunakan injeksi dan sistem pendingin cairan. Tenaga puncaknya berada di angka 12 Hp.

Lagi-lagi dalam hal ini SYM Jet X 150 berada di posisi inferior dibanding Yamaha NMax dan Honda PCX yang punya tenaga di kisaran 14 Hp.

Harga SYM Jet X 150

Malaysia menjadi negara yang menjadi lokasi pemasaran skutik ini pasca peluncurannya. Di sana skuter maxi ini dipasarkan dengan harga 8.888 ringgit atau setara dengan Rp30,7 juta.

Kalau dijual di Indonesia, ada yang mau beli enggak, ya?

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts