Home » Berita » Presiden Jokowi Targetkan Ekspor 1 Juta Unit Tahun 2024, Bagaimana Komentar Isuzu?

Presiden Jokowi Targetkan Ekspor 1 Juta Unit Tahun 2024, Bagaimana Komentar Isuzu?

Presiden Jokowi lepas unit ekspor pertama Isuzu Traga. (Foto: kabarsbi)

Karawang – Presiden Joko Widodo menargetkan 1 juta unit untuk kegiatan ekspor kendaraan di tahun 2024. Hal tersebut berkaca dari angka ekspor kendaraan yang mencapai 300 ribu unit ke berbagai negara di dunia.

Melihat hal tersebut, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mencoba optimis untuk merealisasikan hal tersebut. “Tanggapan hal ini kami ingin melihat, mencoba optimis dan berani. Kalau enggak pernah bermimpi besar gimana mau besar?” tutur Ernando Demily, Presiden Direktur PT IAMI di Karawang Plant, Kamis (12/12/2019) kemarin.

Isuzu menilai jika target tersebut juga harus mendapat dukungan dari berbagai pihak. “Kami dari Isuzu percaya jika kita bersama-sama akan bisa mencapai target tersebut. Bersama-sama dengan stakeholder untuk mendukung gerakan ini, dan dukungan dari pihak pemerintah sendiri untuk mendukung gerakan Pak Jokowi,” sambung Ernando.

Deretan Isuzu Traga yang siap ekspor ke Filipina. (Foto: Carmudi/Rizen)

Ekspor Diharapkan Akan Terus Bertambah

Hingga 2024, Isuzu menargetkan akan menambah negara tujuan ekspor demi mengejar target yang diberikan oleh Presiden. Kegiatan ekspor yang dilakukan ini tentunya akan menambah devisa negara. Isuzu mengklaim ekspor 6.000 unit Isuzu Traga ke Filipina menghasilkan 66 juta dolar AS (Rp926,6 miliar).

Ke depannya, akan ada 20 negara lagi yang ditargetkan menjadi tujuan ekspor. Aktivitas ekspor ini diharapkan dapat mengurangi defisit keuangan negara.

Presiden Jokowi memberikan sambutan saat ekspor perdana Isuzu Traga. (Foto: Isuzu)

“Defisit keuangan negara harus diatasi dalam 4-5 tahun ke depan. Sehingga negara Indonesia akan menjadi production hub. Itulah target yang ingin kami capai dalam 5 tahun ke depan. Tahun 2024 mendatang minimal harus ada 1 juta kendaraan yang keluar (ekspor) dari Indonesia. Kalau sekarang bisa 8 miliar USD, 2024 harus tiga kali lipat. Kita sering tidak percaya diri, karena kerja tidak memakai target yang realistis,” kata Presiden Jokowi pada sambutannya di seremonial ekspor Isuzu Traga kemarin.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Isuzu Traga Setir Kiri Punya Kandungan Lokal 53,5 Persen

Previous post
Tol Layang Japek Kurang Mulus, Presiden Jokowi: Kalau Mulus Malah Ngantuk
Next post
Unik, di Bandara Ini Lamborghini Huracan Jadi Pemandu Pesawat