Sumber informasi

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Fungsi Pelumas pada Kendaraan

fungsi pelumas untuk kendaraan bermotor

Fungsi pelumas membantu kinerja mesin kendaraan lebih optimal (Foto: Autoguide)

Jakarta – Pelumas atau yang lebih dikenal dengan sebutan minyak oli merupakan zat kimia berbentuk cair yang sangat diperlukan oleh mesin kendaraan bermotor. Keberadaan pelumas membantu kinerja mesin supaya lebih optimal.

Umumnya pelumas ditempatkan pada dua bagian atau komponen mesin yang bergerak atau bergesekan satu dengan lainnya. Maka, bisa dibayangkan jika mesin kendaraan tidak diberi pelumas bisa menyebabkan penurunan performa dan mesin mudah rusak.

Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan singkat mengenai fungsi pelumas pada kendaraan sebagaimana disampaikan oleh Brahma Putra Mahayan Technical Specialist HSD Engine Oil, PT Pertamina Lubricants:

Mengurangi Gesekan

Mesin memiliki banyak komponen yang bergerak dan saling bergesekan satu dengan lainnya. Nah, supaya mempermudah pergerakan komponen dan mengurangi gesekan diperlukan pelumas.

“Karena gesekan ini, dia akan mengubah bagian tenaga yang tadinya tenaga dari mesin bisa diubah menjadi gaya untuk memutar roda. Tetapi karena adanya gesekan maka tidak semua tenaga itu bisa terdistribusi menjadi tenaga,” ujar Brahma dalam diskusi virtual, Kamis (25/2/2021).

Mengurangi Keausan

Komponen di dalam mesin terus bergesekan, maka lambat laun akan membuat permukaannya terkikis atau aus. Dengan adanya pelumas membuat umur komponen menjadi lebih lama dan mesin lebih awet.

“Apabila keausan ini berlangsung terus menerus pada akhirnya akan membuat mesin menjadi rusak,” sambung Brahma.

Sebagai Media Pendingin

Mesin yang terus-menerus menyala membuatnya cepat panas. Kehadiran pelumas bisa mendinginkan mesin supaya tidak terjadi overheat atau mesin kepanasan.

Pelumas juga dapat membantu kerja radiator saat mendinginkan mesin.

“Panas dari mesin pertama kali itu diambil oleh pelumas kemudian diambil lagi oleh air radiator atau coolant. Kalau zaman dulu tidak semua mesin kendaraan itu ada radiator, ada yang hanya mengandalkan pendingin dari angin. Nah, apa yang terjadi ketika jalan macet, enggak ada angin kalau mesin itu enggak ada pendinginan sudah pasti overheat,” terang dia.

Membersihkan dan Mengendalikan Kontaminan (kotoran)

Pelumas mengandung banyak aditif atau zat kimia, salah satunya detergent. Fungsi detergent yang terkandung di dalam pelumas menjaga permukaan metal pada mesin bebas dari kotoran.

Media Penerus Gerak (hydraulic)

Melumasi semua komponen yang bergerak, sehingga membantu meneruskan daya ke roda.

fungsi oli untuk kendaraan bermotor

Pelumas juga mampu menahan karat (Foto: Autoguide)

Mencegah Karat

Umumnya komponen mesin terbuat dari bahan logam dan tidak menutup kemungkinan bisa berkarat. Oleh karena itu komponen-komponen mesin harus diberi pelumas supaya terbebas dari karat. Sehingga kinerja mesin tidak terganggu.

Penyekat (seal agent)

Supaya bahan bakar tidak rembes ke tangki pelumas.

Mendukung Beban

Pelumas di roda gigi atau gear, mau tidak mau pasti akan bergesekan, karena memang mekanisme perpindahan tenaganya berdasarkan gesekan antara gigi dengan gigi. Sehingga diperlukan lah pelumas untuk mendukung hal tersebut.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts