BeritaSepeda motorSumber informasi

Tak Hanya Perempuan, Yamaha Lexi Juga Cocok untuk Ojek Online

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Yamaha Lexi menjadi harapan baru PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Untuk merebut pasar sepeda motor di segmen mesin berkapasitas 125 cc yang saat ini masih dikuasai oleh Honda Vario.

Dalam mencapai itu tentunya sejumlah strategi yang sudah disiapakan oleh Yamaha, satu di antaranya yaitu dengan menetapkan sasaran pemasaran.

Melihat bentuk dan desain yang ditawarkan Lexi, Yamaha akan mencoba peruntungan dengan menyasar ke pembeli perempuan dan pengendara ojek online. Adik dari NMAX ini sudah dilengkapi beberapa fitur seperti charger handphone, suspensi lembut dan lainnya yang mampu mendukung mobilitas para pengemudi ojek online yang cukup padat.

“Kita berpikir ternyata di Indonesia ini ojek online itu besar sekali, ada enggak produk yang cocok sekali untuk ojek online ternyata belum ada produsen yang memikirkan sampai sana,” ujar Executive Vice President YIMM Dyonisius Beti, belum lama ini di Jakarta.

Punya panjang 1.970 milimeter membuat Yamaha Lexi memiliki ruang kaki yang cukup luas dan mampu meletakkan satu galon air dalam posisi tidur. Selain itu jok juga lebih panjang dibanding sepeda motor lain di segmen yang sama. Berangkat dari hal tersebut maka Yamaha sangat ngotot bila Lexi cocok untuk pengendara ojek online.

“Motor (Lexi) cocok untuk ojek online karena depannya luas sekali untuk bawa barang dan untuk posisi riding yang baik, serta punya posisi jok lebih panjang, jadi kalau bawa penumpang seperti wanita yang rata-rata tidak mau berdekatan dengan pengemudi jadi ada jarak. Jadi ini (Lexi) pertama di Indonesia yang memikirkan ke arah sana,” terang pria yang akrab disapa Dyon itu.

Tidak Takut Image Turun

Umumnya masyarakat Indonesia cenderung gengsi menggunakan kendaraan yang digunakan secara massal untuk transportasi umum. Tapi tidak bagi Yamaha, menurut Eddy Ang, Deputy GM Marketing YIMM potensi pasar sepeda motor untuk ojek online sangat besar.

“Tidak menutup kemungkinan pasarnya besar dan jangan salah ojek online pada umumnya pengetahuan mereka terhadap sepeda motor itu cukup bagus. Karena mereka punya komunitas, biasanya referensi mereka sangat bagus,” katanya.

Yamaha Lexi rencananya akan mulai diproduksi di Pulo Gadung, Jakarta Timur April 2018. Pemesanan sudah bisa dilakukan di dealer-dealer resmi Yamaha di seluruh Indonesia. Total unit yang akan diproduksi masih belum bisa diperkirakan karena Yamaha ingin melihat seberapa besar penerimaan pasar.

Yamaha Lexi dibekali dengan mesin Liquid Cooled 4 stroke, SOHC, single cylinder berkapasitas 124.7 cc. Diklaimmampu menghasilkan tenaga sekuat 8.75 kW pada 8.000 rpm dan torsi puncak 11.3 Nm pada 7.000 rpm. Kapasitas tang bahan bakar 4,2 liter.

Yamaha menawarkan dua varian untuk Lexi, yaitu standar dan S. Dalam waktu dekat Yamaha akan menggumumkan harga dari produk barunya itu, tapi sebagai gambaran perusahaan berlogo garpu tala mengklaim bahwa Lexi dibanderol di bawah Rp20 juta. (dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts