Berita Sumber informasi

Tak Ingin Terbuai Kelarisan Xpander, Mitsubishi Terus Buka Jaringan Baru

Surabaya – Capaian penjualan 100 ribu unit Xpander tak mengendorkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam memperluas jaringan. Hal ini dibuktikan dengan dibukanya dealer baru di kota Pahlawan Surabaya, Senin 18 Maret 2019 di kawasan Wiyung.

Ya, produsen mobil berlogo tiga berlian ini resmi membuka dealer yang ke-129 di Wiyung, Surabaya. Dengan menggandeng Srikandi Group, dealer baru ini mempunyai luas bangunan 4.382 meter persegi. Melayani penjualan, servis dan pembelian suku cadang.

Pihak MMKSI menargetkan 143 dealer di fiskal 2018, hal ini diungkapkan Director of Sales and Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro. Nantinya total ada 153 dealer pada tahun fiskal 2019.

“Sampai Maret, baru ada 130 dealer yang akan beroperasi, tapi belum grand opening. Ada beberapa kekurangan dari target, itu akan kami selesaikan di April,” ujarnya di Surabaya.

Dealer ini mampu melayani 85 kendaraan per-hari dimana dilengkapi 22 stall sebagai fasilitas servis umum dan dua stall untuk inspeksi kendaraan. Serta didukung 4 stall quick pit atau layanan perbaikan dengan waktu kurang dari 60 menit untuk pemeriksaan umum. Misalnya pembersihan saringan udara, ganti oli mesin dan lain-lain. Selain itu, ada pelayanan home service kit.

Dealer Mitsubishi.

Salah satu fasilitas layanan dealer Mitsubishi di kawasan Wiyng, Surabaya. Foto/Carmudi.

Investasi dan Layanan Target

Total investasi yang digelontorkan untuk pembangunan dealer ini berkisar Rp89 miliar. Ini sudah termasuk bangunan, tanah, peralatan untuk purna jual.

Direktur PT Srikandi Diamond Indah Motors, Wandy Koerniady menjelaskan ini menjadi jaringan penjualan mobil penumpang dan niaga ringan Mitsubishi ke-38 Srikandi Group. Serta dealer ke-3 di wilayah yang Surabaya.

Pemilihan tempat bukan tanpa dasar, lokasi ini sangat berpotensi atas penjualan karena berada di tengah perumahan penduduk. Lalu dekat dengan kawasan perkantoran. Bahkan tercatat ada pertumbuhan positif pembelian kendaraan Mitsubishi periode April 2018 sampai Februari 2019 sebesar 47,1 persen di area tersebut.

“Pemilihan lokasi ini karena berdasarkan evaluasi dan opportunity yang ada, wilaya Surabaya barat berkembang pesat, banyak residential estate dan mall. Maka kami putuskan tambah satu outlet lagi tujuannya mendekatkan diri ke konsumen dengan fasilitas 3S,” ujar Head of Sales & Marketing Region 2 Department MMKSI Amirrudin dilokasi yang sama.

Dealer dengan fasilitas 3S (sales, service, dan spare part) ini, memajang line up mobil-mobil Mitsubishi. Misalnya Pajero Sport, Outlander Sport, Triton, L300, juga tak ketinggalan Xpander.

“Kesuksesan Xpander kami tidak ingin di awal saja, tapi harus jadi long seller model dengan membutuhkan jaringan dealer yang lebih luas. Ini untuk mengoptimalkan penjualan dan layanan aftersales,” pungkas Irwan Kuncoro.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts