Berita Sumber informasi

Tak Khawatir Hadirnya Yaris, Karena Honda Dominasi Penjualan Segmen Hatchback

Jakarta – Di awal 2018, Honda memperkuat dominasinya di pasar mobil hatchback di Indonesia. Melalui Honda Jazz dan Honda Civic Hatchback, Honda menguasai total pangsa pasar sebesar 62% di segmen hatchback dengan penjualan 1.456 unit di Januari 2018.

Angka ini meningkat dibandingkan pangsa pasar Honda di segmen Hatchback pada 2017 lalu yang tercatat sebesar 52%.

Honda Jazz kembali tercatat sebagai model dengan penjualan tertinggi di segmen Hatchback. Setelah terjual sebanyak 1.195 unit, dengan pangsa pasar 51% pada Januari lalu.

Penjualan Honda Jazz tersebut lebih tinggi 16% jika dibandingkan penjualan di Desember 2017, yang tercatat sebanyak 1.027 unit.

Sementara itu, Honda Civic Hatchback menyumbangkan tambahan pangsa pasar sebesar 11% bagi Honda di segmen Hatchback, setelah meraih penjualan 261 unit di Januari.

Jumlah penjualan Honda Civic Hatchback tersebut juga meningkat dibanding penjualan di bulan Desember lalu, yang tercatat sebanyak 24 unit.

Andi Besar Segmen Hatchback

Menurut Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor kontribusi di segmen hatchbac cukup bagus. Penjualan model-model Honda di segmen hatchback memberikan kontribusi sebesar 10,7% dari total penjualan Honda di bulan pertama tahun 2018.

“Lebih penting lagi, produk-produk Honda di segmen ini juga termasuk yang mengalami peningkatan penjualan yang paling signifikan dibanding bulan sebelumnya. Kami percaya penjualan produk-produk Hatchback Honda di awal tahun ini akan menjadi modal yang baik untuk bulan-bulan mendatang,” ujarnya.

Sepanjang Januari 2018, sebanyak 2.349 unit mobil di segmen hatchback yang terjual di Indonesia, atau sekitar 2,5% dari total penjualan mobil di Indonesia yang mencapai 95.892 unit.

Honda sendiri mencatat total penjualan 13.572 unit mobil di Januari 2018, dengan pangsa pasar 14,2% dari total pasar otomotif Indonesia. Honda Brio, Honda HR-V dan Honda Mobilio menjadi tiga model penyumbang penjualan terbesar untuk Honda di Januari 2018. (dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts