Home » Berita » Tak Mau Kalah dengan Lamborghini, Ferrari Akhirnya Punya Mobil SUV

Tak Mau Kalah dengan Lamborghini, Ferrari Akhirnya Punya Mobil SUV

Ferrari FR architecture (Foto: Paultan)

Maranello – Mobil di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) memang tengah naik daun. Hal itu membuat produsen mobil premium ikut mencoba peruntungan bermain di segmen tersebut. Seperti Lamborghini yang baru saja meluncurkan Urus.

Ini merupakan mobil SUV kedua dari Lamborghini setelah sebelumnya ada LM002 yang dipasarkan pada 1986. Tak hanya Lamborghini, pesaing terdekatnya yaitu Ferrari juga berniat untuk main di segmen tersebut.

Sebagai tanda keseriusannya, belum lama ini pabrikan mobil sport mewah asal Italia itu memperkenalkan mobil SUV terbarunya bernama Purosangue. Diberitakan Paultan, Purosangue akan dibangun menggunakan platform terbaru dengan mesin di depan, sedangkan sistem penggerak bertumpu di roda belakang mobil.

Selain itu Purosangue punya transaxle belakang dan diperkirakan tersedia pilihan sistem penggerak semua roda, kemungkinan menggunakan sistem yang sama dengan GTC4Lusso.

Purosangue termasuk dalam 15 mobil baru yang akan di perkenalkan Ferrari sampai 2022. Purosangue dijadwalkan meluncur tidak sampai tutup tahun ini. Tidak banyak informasi yang dibocorkan oleh Ferrari terkait Purosangue. Akibatnya banyak pihak berspekulasi mulai dari fitur-fitur hingga jantung pacunya.

Bila mobil Lamborghini Urus di bekali dengan mesin 4.0 liter, turbocharged, maka untuk Ferrari Purosangue harus dibekali dengan mesin lebih besar lagi. Misalnya V-8 milik 488 Pista bertenaga 710 hp. Pilihan lain yang jauh lebih memungkinkan adalah mengadopsi sistem hybrid. Purosangue bisa juga dilengkapi twin-turbocharged V-6 baru ditambah dengan motor listrik.

Sedangkan suspensi Ferrari seharusnya mencontoh Porsche Cayenne Turbo S. Mobil berkarakter sport itu merupakan salah satu model yang memiliki pengaturan suspensi udara terbaik di kelasnya.

Tujuannya suspensi udara adalah untuk menambakan kenyamanan dan kemampuan dinamis sebuah SUV. Ferrari harus menemukan solusi serupa untuk Purosangue. Suatu solusi yang akan membuat mobil nyaman untuk dikendarai.

Lamborghini Urus diklaim menjadi SUV tercepat di Dunia

Lamborghini Urus resmi diluncurkan di Bologna, Italia, akhir 2017. Lamborghini Urus diklaim menjadi SUV tercepat di bumi. Ini bisa diperdebatkan karena Grand Cherokee Trackhawk juga diklaim Jeep sebagai SUV terkencang.

Urus dijejali mesin V8 twin-turbo 4.0 liter dan dipadukan transmisi otomatis 8 percepatan serta sistem penggerak semua roda. Konfigurasi ini menyemburkan tenaga hingga mencapai 641 hp di 6.800 rpm dan 650 Nm di 2.240 – 4.500 rpm.

Dengan mesin tersebut, kecepatan 0-100 km/jam dapat diraih hanya dengan 3.6 detik saja, dan kecepatan maksimum hingga mencapai 305 km/jam.

Urus memiliki 6 fitur drive mode yang dirancang untuk keseimbangan penggunaan hariannya. Fitur yang bisa dipilih di konsol tengah ini diberi nama ‘Tamburo’. Pada konsol tersebut terdapat mode Starada yang membuat mesin lebih tenang sehingga lebih mudah santai dikendarai. Mode Sport yang akan meningkatkan stabilitas kendaraan. Mode Corsa untuk meningkatkan performa mesin.

Kemudian ada juga 3 mode pengemudian yang bisa disesuaikan di 3 medan jalan yang berbeda; mode Neve (salju), Terra (off-road) dan Sabbia (pasir). Ketiga mode ini akan mengatur ketinggian ground clearance dan menggunakan sistem kestabilan roll aktif elektromekanis untuk memperlancar perjalanan. Ada juga mode penggerak yang dapat disesuaikan sepenuhnya, yaitu mode Ego.(dol)

Previous post
Berita Sepekan Carmudi: Pelanggaran yang Kena Tilang Elektronik hingga Bahaya Pasang Stiker Nama di Mobil
Next post
Kini Cari Aki Moge Makin Mudah dan Gratis Pengiriman, Cuma Tinggal 'Klik'