Berita

Tambah Investasi, Mitsubishi Xpander Hybrid Direncanakan Masuk Jalur Produksi

Jepang — Mitsubishi berencana menambah investasi di Indonesia guna meningkatkan kapasitas produksinya. Mitsubishi Xpander Hybrid Electric Vehicle (HEV) atau Xpander Hybrid disebut sebagai salah satu produk anyar yang akan dibuat.

Pembahasan mengenai penambahan investasi tersebut menjadi salah satu agenda pertemuan antara Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dengan prinsipal Mitsubishi Motors Corporations (MMC) di Okazaki, Jepang pada Senin (27/6/2022).

Xpander hybrid mitsubishi

Tampilan terkini Mitsubishi Xpander yang merupakan salah Low MPV laris di Indonesia. Kehadiran versi hybrid mobil ini akan menyaingi Suzuki Ertiga yang telah lebih dulu mengusung teknologi mild hybrid. (Foto: Carmudi)

Dalam keterangan tertulis Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dijelaskan, pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari hasil kunjungan yang dilakukan pada Maret 2021 lalu. Di antaranya terkait rencana penambahan investasi sebesar Rp11,2 triliun hingga 2025.

Penambahan investasi tersebut diharapkan bisa mendorong produksi mobil Mitsubishi di Indonesia dari 220 ribu unit menjadi 250 ribu unit. Turut disebutkan bahwa Mitsubishi akan memproduksi Xpander Hybrid dan dua model anyar yang salah satunya akan dimulai tahun depan.

Dari kunjungan Menperin ke fasilitas Mitsubishi Motors Okazaki Plant tersebut didapat komitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor mobil Mitsubishi. 

Sebagai informasi, pada tahun ini Mitsubishi memasang target kinerja ekspor mencapai 72 ribu unit atau naik 30 ribu unit dibandingkan 2021. Peningkatan ini akan memberikan surplus neraca perdagangan sebesar Rp7 triliun.

“Tentunya Mitsubishi akan meningkatkan pasar ekspor, sehingga memberikan sumbangsih nyata pada kinerja ekspor Indonesia,” kata Menperin Agus.

Kehadiran Xpander Hybrid Bakal Saingi Suzuki Ertiga

Mitsubishi Xpander Hybrid

Mitsubishi Xpander Hybrid (Foto: MMC)

Desas-desus kehadiran Mitsubishi Xpander HEV itu sendiri sudah menjadi bahan pemberitaan sejak pertengahan 2020. Diawali dengan kemunculan nama dan gambar mobil tersebut dalam sebuah dokumen presentasi MMC yang bocor ke publik.

Dalam dokumen tersebut Mitsubishi Xpander Hybrid direncanakan akan dilepas ke pasar pada awal tahun fiskal 2023.

Melihat kondisi pasar Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) saat ini memang mulai terlihat pergerakan yang mengarah ke teknologi elektrifikasi. Seperti diketahui, belum lama ini Suzuki Ertiga baru saja mendapatkan penyegaran dengan teknologi mild hybrid.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Santo Sirait

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/