Berita

Tancap Gas, Mazda Rilis CX-5 dan Mazda2 Facelift Bersamaan

Jelang tutup tahun 2019, Mazda Indonesia meluncurkan CX-5 dan Mazda2 facelift. (Foto: Carmudi/Yongki)

Jakarta – Mazda langsung tancap gas di penghujung tahun 2019 ini. PT Eurokars Motor Indonesia selaku distributor resmi Mazda langsung merilis Mazda CX-5 dan Mazda2 facelift hari ini, Sabtu (23/11/2019). Menariknya, peluncuran model facelift ini hanya berselang sehari setelah PT EMI memperkenalkan model baru mereka, All New Mazda CX-8.

Penyegaran minor kali ini membawa evolusi bahasa desain KODO – Soul of Motion yang kian matang. Desain New CX-5 memperlihatkan sosok SUV berwibawa, elegan dan bertenaga. Ubahannya ada pada jarak pijak roda yang lebih lebar, sehingga mencerminkan peningkatan pada pengendaliannya.

Selain itu, KODO membuat penampilan CX-5 nampak lebih kokoh. Estetika desain tak mengorbankan visibilitas di mana posisi setiap pilar tetap tegas untuk memberikan daya pandang terbaik.

“Kita memanfaatkan momentum Mazda Power Drive ini untuk memperkenalkan yang facelift. CX-5 dan Mazda2 sudah ada di Indonesia, ini cuma penyegaran minor. Ada penyegaran sedikit di sisi eksterior dan interior,” ucap Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT EMI usai peluncuran.

Selanjutnya, ubahan desain yang bisa kita kenali yaitu dua lampu utama sipit yang memakai bohlam LED. Selain itu terdapat juga gril besar dan lebar yang menggambarkan ekspresi tajam nan sporty. Selanjutnya, tarikan garis yang terpahat mulai dari ujung kap mesin hingga menyentuh lampu belakang yang juga memakai LED. Desain ini membuat sosok CX-5 tampil sederhana, namun elegan.

Mazda CX-5 Makin Nyaman

Mazda CX-5 facelift 2019. (Foto: Carmudi/Yongki)

Masuk ke interior, terpampang Multi-Information Display (MID) berupa LCD ukuran 7 inci TFT juga beresolusi tinggi. Terdapat fitur 360 Monitor berguna untuk melihat ragam informasi dan keadaan sekitar kendaraan. Pengemudi dan penumpang dimanjakan dengan 10 buah speaker yang melantunkan suara berkualitas tinggi dari sistem audio BOSE®.

Kenyamanan penumpang di baris kedua semakin diprioritaskan. Duduk bersandar kini tidak akan merasa lelah, karena kursi belakang sudah mengadopsi mekanisme reclining dua-tingkat.

Kontur dudukan kursi berupa tiga dimensi, mengikuti pola bentuk tubuh. Desainnya secara signifikan menambah rasa nyaman kala perjalanan panjang. Teknologi mutakhir G-Vectoring Control (GVC), berevolusi menjadi G-Vectoring Control Plus (GVC Plus) di New Mazda CX-5 ini.

Peningkatan terwujud demi terciptanya kestabilan ekstra saat mobil bermanuver cukup cepat. Gaya sentrifugal atau dorongan ke arah luar dari seluruh penumpang mampu ditransisikan sehalus mungkin. Ketika CX-5 menikung cepat, tubuh tak akan banyak bergoyang dan terdorong ke sisi luar, dan mobil merespons lewat pengendalian sempurna di tikungan.

PT EMI memperkenalkan tiga tipe New Mazda CX-5 yakni :

  • Mazda CX-5 Elite: Rp588.800.000,-
  • Mazda CX-5 GT: Rp548.800.000,-
  • Mazda CX-5 Touring: Rp508.800.000,-

Untuk warna spesial Soul Red Crystal dan Machine Grey terdapat penambahan harga sebesar Rp4 juta.

Mazda2 Makin Berkelas

Mazda2 facelift 2019. (Foto: Carmudi/Yongki)

Mengisi segmen hatchback, Mazda2 kini semakin bersolek demi memikat segmen kelas atas. Di bagian depan, lampu utama telah dibekali teknologi LED dan DRL (Day-time Running Light di varian GT) mengapit gril baru dengan imbuhan aksen krom. Selanjutnya di bagian belakang, hadir bumper baru dan lampu yang juga telah dilengkapi LED.

Kabin New Mazda2 juga tidak luput dari peningkatan, seperti misalnya penggunaan material berkualitas lebih tinggi dibanding pra facelift. Kekedapan kabin juga ditingkatkan melalui penambahan peredam di beberapa tempat seperti seal pintu bagasi dan headliner.

Kokpit New Mazda2 terdapat berbagai tombol kendali yang memudahkan pengoperasian berbagai fitur oleh pengemudi. Pengaturan audio switch dan cruise control bisa melalui setir. Bahkan, pindah gigi secara manual bisa dilakukan melalui paddle shifter (varian GT).

PT EMI menawarkan New Mazda2 yang merupakan model facelift kedua dengan harga:

  • Type R: Rp285.300.000,-
  • Type GT: Rp302.800.000,-

Dari harga tersebut akan ada penambahan nominal sebesar Rp4 juta untuk pilihan warna spesial Soul Red Crystal dan Machine Grey.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Benarkah All New Mazda CX-8 Cocok Digunakan untuk Perjalanan Jauh?

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts