Mobil

Tanpa Krom, Eksterior Xenia Terbaru Pikat Anak Muda Lewat Desain Sporty

GIIAS, Jakarta – Daihatsu merancang eksterior Xenia terbaru dengan pendekatan ke arah yang lebih sporty. Salah satu caranya dengan menghindari penggunaan hiasan-hiasan berwarna krom terutama pada bagian depan kendaraan.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengaku hal tersebut bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan karena harus melewati persetujuan prinsipal di Jepang.

Perubahan Xenia

Meski kini Xenia menggunakan layout FF (Front engine Front Wheel Drive), tapi diracik untuk tetap tangguh melewati tanjakan. (Foto: Carmudi)

Baca Juga: Perubahan Xenia Menjadi FF, Daihatsu: Kondisi Jalan Indonesia Makin Baik

Demikian disampaikan Mark Widjaja, Industrial Design Division Head EC ADM, Jumat (12/11/2021) silam di sela pameran GIIAS 2021 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang.

Ia menyampaikan, tim desain ADM ingin membuat eksterior Xenia terbaru terlihat lebih sporty demi memikat konsumen berjiwa muda. Oleh karena itu penggunaan warna hitam dinilai lebih pas dibandingkan krom.

“Black is the new chrome. Kita nggak punya krom di (bodi) depan. Memang kita sengaja hilangkan krom, karena krom itu nggak penting,” kata Mark.

“Dan itu perjuangan besar karena selama ini di orang Jepang (prinsipal) mereka suka krom. Krom itu mewakili barang mahal, tapi kalau kita nggak. Kita pengin sporty karena ini tujuannya youthful, anak muda,” ucapnya.

Mark bicara banyak tentang proses desain Xenia terbaru yang dilakukan dirinya beserta tim Daihatsu di Indonesia dan Jepang.

Tim Desain Xenia

Tim Daihatsu di Indonesia yang terlibat mengembangkan Xenia generasi terbaru. (Foto: Carmudi)

Dalam pengembangan yang dimulai sejak 2018, hal pertama yang dilakukan ialah menciptakan proporsi bodi baru untuk mobil yang berstatus all new tersebut.

Salah satu hasilnya dapat dilihat pada tarikan garis atap yang kini dibuat sedikit lebih rendah di bagian belakang.

Tak kalah menarik ialah sentuhan di bodi samping mobil. Tim desain Daihatsu sukses membuat mobil ini terlihat lebih lebar dengan “menarik” ke luar fender di atas roda.

Baca Juga: Mengungkap Potensi All New Daihatsu Terios Usung Platform DNGA Seperti Xenia

Harga Rp190,9-244,2 Juta

Diberitakan sebelumnya, ADM resmi memperkenalkan Xenia terbaru dalam pameran otomotif GIIAS 2021. Dengan status all new yang diusungnya, kini Xenia berdiri di atas platform baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Mobil yang menjadi kembaran Toyota Avanza ini hadir dalam 21 varian dengan harga jual antara Rp190,9-244,2 juta.

Cek detail spesifikasi, harga, hingga simulasi kredit Daihatsu Xenia terbaru di sini.

Lihat Mobil Daihatsu Xenia

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *