BeritaMobil

Tanpa Seremonial, Toyota Vios Terbaru Resmi Dijual di Tanah Air

Toyota Vios Terbaru (Foto: TAM)

Jakarta – Membuka awal April 2018 PT Toyota Astra Motor (TAM) Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Indonesia secara resmi memasarkan Vios terbaru. Peluncuran dilakukan tanpa seremonial sama seperti Vios model sebelumnya yang meluncur pada November 2016. Perubahan yang ditawarkan Toyota untuk Vios terbaru model 2018 memang tidak begitu banyak, namun pihaknya mengklaim Vios terbaru ini lebih nyaman dan aman.

“Perkenankan saya mewakili TAM manajemen menginformasikan peluncuran model ke-4 kami di tahun ini yaitu New Vios dengan desain terbaru dan peningkatan fungsi kenyamanan dan tentunya fungsi keamanan,” ujar Fransiscus Soerjopranoto Executive General Manager TAM dalam keterangan resminya kepada Carmudi, Selasa (3/4).

Interior Toyota Vios Terbaru (Foto: TAM)

Pria yang akrab di sapa Soerjo itu menjelaskan tingkat kenyamanan Toyota Vios meningkat sebab suara bising yang datangnya dari luar kabin mobil kini lebih diredam berbeda dari model sebelumnya. Sedangkan dari segi keamanan lanjut dia, Toyota Vios sudah menjalani serangkaian uji tabrak dengan hasil yang sangat memuaskan yaitu lima bintang.

“Desainnya dibuat advanced dan emotional untuk segmen-nya. Vios terbaru juga lebih kedap suara yang merupakan ciri khas sedan. Jadi bukan hanya kenyamanan tapi juga fun to drive saat mengendarainya. Fungsi keamanan meningkat menjadi NCAP (New Car Assessment Program (NCAP) 5 Star,” tambah dia.

Fitur Keamanan Toyota Vios (Foto: TAM)

Dari sektor jantung pacu, Toyota Vios terbaru masih dibekali dengan mesin lama yakni berkapasitas 1,496 cc 4 silinder, 16 valve, DOHC VVT-i yang diklaim mampu menghasilkan tenaga sekuat 107 Ps dan 6.000 rpm dan torsi puncak 14,3 Kgm pada 4.200 rpm. Mesin disalurkan ke roda melalui pilihan transmisi manual lima percepatan atau otomatis jenis Continuously Variable Transmission (CVT) 7 percepatan.

Harga Toyota Vios Terbaru Naik Rp14,9 Juta

Walaupun hanya membawa sedikit perubahan saja, tapi Toyota Vios terbaru kini tampil lebih segar. Serta ditawarkan dengan harga yang sedikit lebih tinggi dibanding pendahulunya.

Toyota Vios terbaru tersedia dalam empat varian di antaranya E M/T dibanderol dengan harga Rp291,1 juta, E CVT Rp304,1 juta, G M/T Rp309,9 juta, dan untuk varian tertingggi G CVT dipasarkan dengan harga Rp326 juta.

Sebagai perbandingan, harga Toyota Vios terbaru lebih mahal sekira Rp14,9 juta dibanding model lama. Setidaknya ada enam pilihan varian yang disediakan Toyota pada Vios model lama seperti 1,5 G M/T yang dijual dengan harga Rp295 juta, 1,5 G CVT Rp311.1 juta, G M/T TRD Rp311,5 juta, G CVT TRD Rp327,6 juta, 1.5 E M/T Rp276,2 juta, dan 1.5 E CVT Rp289,2 juta.

Instrument Cluster Toyota Vios (Foto: TAM)

Peluncuran Toyota Vios terbaru bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang sudah lama menunggu produk baru. Namun juga merupakan bentuk dukungan TAM kepada pemerintah yang menginginkan produksi mobil sedan meningkat di dalam negeri.

“Peluncuran New Vios ini merupakan bentuk nyata dukungan Toyota terhadap keinginan pemerintah. Khususnya Kementrian Perindustrian agar meramaikan pasar sedan di Indonesia. Sekaligus meningkatkan pasar ekspor sedan kita. Pemerintah telah mencanangkan untuk menurunkan pajak barang mewah sedan. Hal ini tentu saja di sambut positif oleh pelaku industri otomotif di Tanah Air,” pungkas Soerjo.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts