BeritaMobilSumber informasi

Tahukah Anda Perbedaan Transmisi Mobil Manual dan Automatic?

Transmisi

Transmisi Otomatis kini makin banyak digandrungi. Foto/Google

Jakarta – Transmisi pada kendaraan khususnya mobil sangatlah berperan penting agar mobil bisa bergerak, hal ini terjadi karena manusia butuh sebuah alat yang dapat mengangkut manusia itu sendiri maupun lainnya untuk dapat berpindah.

Transmisi mobil sendiri dibagi menjadi 2 macam yakni Manual (M/T) dan Automatic (A/T). Transmisi manual diperuntukan untuk kendaraan komersil, angkutan umum, kendaraan niaga, dan mobil balap, juga mobil kendaraan penumpang, dimana transmisi manual ini memiliki ratio putaran yang bebas diatur oleh pengemudinya sesuai dengan kebutuhan yang digunakan.

Transmisi Manual pada umumnya memiliki 6 percepatan yang diantara memiliki 5 gigi maju dan 1 gigi mundur, pada saat memindahkan gigi perlu menginjak kopling untuk transmisi manual.

Transmisi

Transmisi Manual. Foto/Google

Sedangkan transmisi mobil Automatic sendiri diperuntukan untuk kendaraan pribadi karena pengoprasiannya yang mudah dan lebih nyaman pada saat mobil digunakan. Transmisi automatic sendiri pada umumnya mempunyai 4 percepatan yakni : L, 2, D-3, R, N dan P.

  • Masing – masing huruf yang tertera di tongkat porseneling memiliki kegunaanya yaitu :
    L : sebagai gigi terendah untuk menanjak di tanjakan yang agak curam,
    2 : sebagai kelanjutan dari L yang dimana sebagai gigi 2 jika di transmisi manual untuk jalan yang agak sedikit menanjak agar mesin tidak meraung pada posisi ini juga biasanya di gunakan pengemudi untuk menyalip kendaraan di depannya,
    D-3 : sebagai gigi transmisi automatic yang perpindahan giginya mengikuti ratio putaran mesin mobil,
    R : sebagai gigi mundur mobil,
    P : posisi digunakan saat mobil terparkir,
    N : posisi netral saat mobil berhenti.

Sejarah Transmisi Manual dan Automatic

Transmisi

Sejarah transmisi di dunia dimulai dari mobil Horseless Carriage. Foto/Google

Sejarah transmisi manual pertama terjadi pada tahun 1894 oleh Louis-Rene Panhard dan Emile Levassor di Prancis dengan transmisi 3 percepatan, Pada tahun 1898 pembuat mobil Louis Renault menggunakan transmisi 3 percepatan, penggantian poros penggerak dan menambahakan gardan untuk penggerak roda belakang meningkatkan kinerja transmisi manual.

1928 Cadillac mengenalkan transmisi manual, sesungguhnya disini lah transmisi manual pertama tercipta. Tahun 1904 dikembangkanya transmisi automatic oleh saudara laki – laki Sturtevant di Boston di Amerika dengan 2 percepatan dan terus dilakukannya perkembangan – perkembangan dari tahun 1934 oleh Reo Self-Shifter.

Pada tahun 1937 Oldsmobile mulai mengembangkan tranmisi semi automatic 4 percepatan yang disebut “Automatic Safety Transmission”, seiring terus dilakukanya perkembangan, terbentuklah transmisi full automatic pertama oleh Oldmobile pada tahun 1948.

Dan pada akhirnya di tahun 1990an, transmisi automatic terus berkembang seiring berkembangnya zaman. Ini karena penggunaan transmisi ini dirasa lebih nyaman untuk jalanan dengan kepadatan lalu – lintas berlebih seperti yang terjadi di kota – kota besar. (End/Zie)

Transmisi

Skema transmisi manual. Foto/Google

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts