Berita

Jaguar Land Rover Ungkap Teknologi Peningkat Keselamatan Berkendara

Isu keselamatan berkendara selalu menjadi perhatian utama dari beragam merek mobil dunia. Tak terkecuali bagi Jaguar Land Rover yang baru saja mengungkap salah satu teknologi peningkat keselamatan berkendara dengan aman melalui 360 Virtual Urban Windscreen.

Teknologi keselamatan berkendara yang masih dalam tahap uji coba tim Jaguar Land Rover ini bertujuan untuk meminimalisir potensi kecelakaaan saat berkendara, yang disebabkan oleh blind spot. Konsep kerja teknologi keselamatan berkendara ini pun cukup unik, yakni dengan membuat pilar di mobil menjadi “transparan”. Lalu, bagaimana caranya untuk membuat trik tersebut bisa dilakukan?

Ternyata tim riset Jaguar Land Rover berhasil mewujudkan trik tersebut dengan memasang kamera di beberapa titik rawan blind spot di mobil. Nantinya hasil yang terekam oleh kamera tersebut akan dikirimkan secara real-time ke layar khusus di pilar kaca depan dan samping mobil. Selain itu, teknologi ini pun akan mendeteksi arah gerak kepala pengemudi sebagai salah satu input mengenai bagian pilar manakah yang akan dibuat transparan atau tidak.

Pengalaman Berkendara Baru

jaguar 360 c

Tak hanya meminimalisir potensi kecelakaan, tim riset Jaguar Land Rover pun membuat teknologi keselamatan berkendara lain yang berfungsi pula sebagai asisten di kala berkendara. Teknologi tersebut adalah Follow-Me Ghost Car Navigation.

Konsep teknologi Follow-Me Ghost Car Navigation adalah memberikan kemudahan navigasi berkendara, tanpa mengurangi konsentrasi dan meminimalisir gangguan saat berkendara. Cara kerjanya adalah menampilkan proyeksi virtual dari mobil, yang bisa Anda lihat di depan mobil Anda. Proyeksi virtual tersebut akan memberikan Anda panduan mengenai rute jalan terbaik menuju tujuan, jarak yang tepat untuk pengereman, kapan waktunya berakselerasi, dan lain lain.

“Harapan kami adalah mengurangi potensi kecelakaan dan meningkatkan pengalaman berkendara di jalanan urban. Tim riset Jaguar Land Rover merancang teknologi keselamatan berkendara ini untuk meningkatkan visibilitas berkendara, serta memberikan segala informasi yang dibutuhkan pengemudi secara tepat waktu,” ungkap Dr. Wolfgang Epple, Director of Research and Technology Jaguar Land Rover.

http://youtu.be/c98h41TkREA

 

Related Posts