Home » Sepeda motor » Telisik Harga Kawasaki Ninja 2020: Banyak Pilihan, Harga Mulai Rp 30 Jutaan

Telisik Harga Kawasaki Ninja 2020: Banyak Pilihan, Harga Mulai Rp 30 Jutaan

Harga Kawasaki Ninja 2020 bervariasi tergantung jenis (Foto: Carmudi)

Jakarta – Sosok Kawasaki Ninja sejak era 90-an terkenal sebagai motor sport dengan performa jempolan. Yang terbaru, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) kemudian merilis Ninja ZX-25R, sosok Ninja dengan mesin empat silinder. Kawasaki Ninja ini banyak sekali pilihannya, untuk yang termurah dijual dengan harga Rp 30 jutaan.

Kok Ninja 250 harganya bisa murah begitu? Eits, jangan keburu bingung atau curiga dulu, soalnya Harga Rp 30 jutaan ini untuk Ninja 250 SL di tahun 2020. Lebih tepatnya, Rp 36,9 juta untuk livery standar dan Rp 38,5 juta untuk livery KRT untuk VIN 2019. Bahkan dalam memperingati 25 tahun eksistensi Kawasaki di Indonesia, KMI menjual Ninja 250 SL seharga Rp 29,9 juta off the road Jabodetabekser.

Padahal, harga normal dari Ninja 250 SL ini masih lumayan tnggi, tapi memang selisihnya cuma beda sedikit dari motor sport 150 cc pada umumnya. KMI menjual Ninja 250 SL VIN 2020 dengan harga Rp 40.600.000 (hitam) / Rp 42.400.000, (KRT) untuk wilayah DKI Jakarta. Ninja 250 SL ini sebenarnya adalah penerus atau suksesor Ninja RR bermesin 150 cc 2-tak tapi malah tidak sukses.

Bicara soal fitur yang tersedia di Ninja 250 SL termasuk lengkap dan modern, tapi tidak mewah. Bila dibandingkan, fiturnya serupa dengan motor sport 150cc pada umumnya namun Ninja 250 SL menang spesifikasi mesin.

Estimasi Harga Ninja 250 SL 2020 versi On The Road

Kawasaki Ninja RR Mono harganya setara motor sport 150cc (Foto: KMI)

Harga yang ditawarkan oleh Kawasaki Indonesia untuk Ninja 250 SL adalah harga off the road. Untuk itu kita perlu menghitung soal bea balik nama kendaraan baru. Sebab, motor off the road belum sah dikendarai di jalan raya karena belum ada surat-surat kendaraan.

Untuk wilayah DKI Jakarta, tarif BBN-KB sebesar 12,5 persen dari harga kendaraan. Untuk perhitungannya sebagai berikut :

BBNKB : Rp 29.900.000 X 12,5% = Rp 3.737.500

PKB : Rp 29.900.000 X 2% = Rp 598.000

SWDKLLJ : Rp 35.000

Cek Fisik Kendaraan dan PNBP STNK : Rp 100.000

Pelat Nomor : Rp 50.000

BPKB : Rp 225.000

Total untuk biaya administrasi surat-surat, pajak kendaraan, termasuk penerbitan BPKB dan STNK sebesar Rp 4.745.000. Apabila dijumlah dengan harga off-the-road, maka harga Ninja 250 SL untuk VIN 2020 kira-kira menjadi Rp 34.465.000.

Harga Kawasaki Ninja 250

new kawasaki ninja 250
Desain New Kawasaki Ninja 250 tampak lebih agresif dalam pilihan warna baru (foto: Carmudi)

Setelah mengetahui harga dari Ninja RR Mono, sekarang kita ulas harga untuk Ninja 250 atau yang versi 2-silinder. Untuk Ninja 250 ini ada beberapa tipe dan versi, sebab Kawasaki Indonesia juga masih menjual unit produksi 2019. Untuk Ninja 250 VIN 2020 hadir dalam dua tipe yaitu Ninja 250 SE ABS dan Ninja 250 SE ABS MDP (Magnetic Design Painting).

Ninja 250 SE ABS  dibandrol dengan harga Rp 65,4 juta (OTR Jakarta). Sedangkan Ninja 250 SE ABS MDP dijual dengan harga Rp77,1 juta (OTR Jakarta). Untuk versi 2019, tersedia Ninja 250 SE MDP yang dijual dengan harga Rp 67,8 juta (non ABS) dan Rp 75,5 juta (ABS).

Kedua motor ini telah dilengkapi dengan teknologi keyless Kawasaki yang bernama KIPASS (Kawasaki’s Intelligent Proximity Start System). Fitur ini berupa sebuah system smart key yang membuat aktivasi kunci utama dan kunci setang melalui remote. Sistem yang serupa dengan system yang ada pada sport tourer Kawasaki 1400GTR/Concours 14. DIlengkapi juga dengan system pengereman ABS.

Untuk Ninja 250 SE ABS MDP telah dilengkapi dengan system Magnetic Design Painting. Desain grafisnya menggunakan bantuan magnet untuk membentuk lekukan tiga dimensi yang terlihat pada body fairingnya.

Harga Kawasaki Ninja ZX-25R

Performa Kawasaki Ninja ZX-25R gahar di atas lintasan (Foto: KMI)

Sekarang gilirannya untuk membahas harga sang fenomenal, Ninja ZX-25R yang meluncur beberapa waktu lalu. PT Kawasaki Motor Indonesia meluncurkan supersport Ninja ZX-25R secara digital dalam dua varian yaitu standar dan Special Edition.

Untuk tipe tertinggi, harga Kawasaki Ninja ZX-25R ini mencapai Rp 112,9 juta sementara tipe standar dari Ninja ZX-25R ini dijual seharga Rp 96 juta on the road Jadetabekser. Perbedaan antara versi standar dan tipe SE memiliki tambahan grafis warna, serta beberapa fitur dan aksesoris. Untuk tipe SE dibekali dengan fitur rem ABS dan quick shifter.

Fitur quick shifter biasanya terdapat pada motor sport menengah ke atas yang biasanya digunakan untuk track day. Ini berguna untuk menaik turunkan gigi tanpa harus menarik tuas kopling. Dengan perbedaan fitur tadi, membuat selisih haganya mencapai Rp 6,9 juta.

Untuk ukuran motor sport, angka tersebut cukup wajar karena fitur ABS umumnya sudah mahal dan lagi masih ditambah quick shifter. Memang, kita bisa oper gigi ala-ala quick shifter namun bila sering dilakukan akan merusak mangkok dan kampas kopling.

Harga Kawasaki Ninja RR, Mulai Gaib Seiring Kelangkaan Barang

Kawasaki Ninja 150 RR harganya masih berkisar Rp 20 jutaan (Foto: Carmudi)

Sosok Ninja RR menjadi legenda hidup di jagat roda dua Indonesia. Kiprah Ninja RR dimulai pada 1996, tepat pada era keemasan motor sport 2-tak di Tanah Air. . Kawasaki Ninja 150 RR telah mengabdi hingga 19 tahun dan menorehkan tinta emas bagi pabrikan dengan ciri khas warna hijau tersebut.

Ninja RR bahkan menjadi motor Jepang bermesin 2-tak terakhir yang hadir di Indonesia. Motor ini mengakhiri kiprahnya pada 2015 lalu akibat sudah tidak mampu lagi mengikuti standar emisi EURO 3 yang ditetapkan oleh pemerintah.

Karena sudah tidak lagi dijual baru, maka populasinya pun terus menyusut dalam kondisi layak dan orisinal. Harganya perlahan mulai naik seiring kelangkaan barang di pasaran. Untuk ukuran motor sport 150 cc, harga resmi Ninja RR di tahun 2015 termasuk mahal.

Saat masih diproduksi, Ninja RR dipasarkan dalam 2 varian berbeda, yaitu versi Standar dan Special Edition. Secara spesifikasi tetap sama, namun berbeda pada corak livery. Menjelang akhir masa produksi pada Juli 2015, PT Kawasaki Motor Indonesia menjual Ninja 150 RR dibanderol Rp39,9 juta dan Ninja RR 150 Special Edition dengan harga Rp40,9 juta.

Terakhir, PT Kawasaki Motor Indonesia menjual Ninja RR di 2015 sekitar Rp 40 jutaan. Harga unit baru terus merangkak hingga tembus angka Rp 50 jutaan di beberapa dealer yang sengaja menyimpan unit new old stock. Untungnya, dengan uang Rp 20 jutaan, kita bisa mendapatkan unit bekas new Ninja RR yang masih mulus.

Harga Pasaran Ninja RR Bekas

Kawasaki Ninja 2013

Harga pasaran untuk Ninja RR bekas ini bervariasi, mulai dari Rp 13 juta untuk versi old keluaran 2009. Sementara itu, untuk versi New Ninja RR keluaran 2013 harganya mulai dari Rp 19 juta. Sedangkan harga Kawasaki Ninja RR edisi terakhir untuk produksi 2015 dihargai Rp 23,5 juta dan unit penghabisan dengan pemakaian 2016 dijual Rp 29,5 juta.

Depresiasi atau penurunan harga bekas pakai untuk Ninja RR bisa dibilang relatif sedikit untuk sebuah sepeda motor. Penurunannya hanya sekitar 25 persen dari harga baru saat itu. Ini cukup wajar karena populasi New Ninja RR produksi 2015 masih cukup banyak ditemui.

Harga bekas bukan tidak mungkin akan terus merangkak naik setelah 10 atau 15 tahun pasca Ninja RR stop produksi. Berkaca dari pengalaman, ini sudah terjadi pada Yamaha RX King dan motor super sport fenomenal, Honda NSR SP yang harganya tembus Rp 100 juta.

Perjalanan Ninja 250, Motor Sport Dua Silinder Terlaris

Kawasaki Ninja 250 R
Kawasaki Ninja 250 R Generasi 1 jadi motor sport bekas paling dicari

Membahas Ninja, kita tidak boleh melewatkan era Ninja 250, sebagai model ikonik motor sport seperempat liter. Sejak awal kemunculannya, Ninja 250 sudah memiliki konfigurasi mesin dua silinder dan untuk versi 250 SL malah muncul belakangan. Lahirnya Ninja 250R ini begitu hype hingga sekarang, bahkan sampai muncul jargon ‘Ora Ninja Ora Cinta’ karena menjadi simbol status anak muda.

Pada tahun 2008 Kawasaki Indonesia memperkenalkan Ninja 250R, dimana motor sport fairing ini menjadi batu loncatan untuk pengguna motor gede. Lahirnya Ninja 250 tak lepas dari peran Ninja 150cc dua-tak, motor yang terkenal lantaran performa liarnya. Ninja 250 menjadi opsi motor sport empat-tak, dengan kapasitas mesin lebih besar.

Ninja 250 R karbu ini jawaban untuk bikers yang ingin mengendarai motor performa tinggi namun duit cekak. Pada saat itu, pilihan motor sport hanya terbagi di kelas 150cc atau 400cc ke atas. KMI pun berhasil mengisi kekosongan antara kelas 150 cc dan 400 cc tanpa harus menjual motor kelas mewah (300 cc).

Tampangnya sangat sporty dengan model double headlamp tajam yang khas. Dimensi bodinya pun cukup bongsor, hampir menyerupai moge sekelas 600cc.

Mesin dua silinder 249 cc 8-katup ini menghasilkan tenaga sebesar 32PS dicapai pada 11.000rpm dan torsi 18.4Nm di 9.750rpm. Suplai bensin di generasi ini masih mengandalkan karburator, sehingga tak jarang pemilik Ninja 250 memodifikasi atau mengganti peranti ini.

Lahirnya Era Ninja 250 Injeksi

Ninja 250 Fi mengalami ubahan desain dan memakai sistem injeksi menggantikan versi karbu

Kiprah Ninja 250 Karbu sanggup bertahan selama lima tahun, hingga akhirnya KMI merilis penyegaran dalam wujud Ninja 250 FI pada 2013. Desain Ninja Injeksi kuat terinspirasi dari lini ZX Series, tepatnya desain ZX -6R 636. Headlamp depan mengadaptasi model terpisah dan lampu sein depan kini menyatu dengan fairing.

Soal mesin, ubahan signifikan jelas dari karburator menjadi injeksi demi mengejar sisi efisiensi. Sayangnya, tenaga yang dihasilkan tidak banyak berubah dibandingkan Ninja Karbu dan malah lebih sulit dioprek. Nah, era Ninja 250 Fi ini sudah terdapat opsi rem ABS dan non-ABS.

Setahun setelahnya, Kawasaki menambah jajarannya dengan merilis Ninja 250 SL. Hal mendasar yang membedakan 250 SL dan 250 FI yaitu konfigurasi mesin dimana 250 SL ini masih satu silinder. Ninja 250 SL ini bukan menggantikan, melainkan melengkapi lini Ninja 250.

new kawasaki ninja 250
Media Test Ride New Kawasaki Ninja 250 (Foto: Carmudi)

Ninja 250 injeksi generasi kedua diperkenalkan pada 2017, pada ajang Kawasaki Bike Week. Ubahannya pada garis desain yang lebih agresif dan intimidatif. Selain itu, rangka yang digunakan juga baru, konstruksi twin spar yang sama seperti Ninja H2. Tenaga pada Ninja 250 FI generasi kedua juga meningkat, jadi 39PS di 12.500 rpm dan torsi 23,5Nm di 10.000 rpm

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Previous post
Rayakan Usia Ke-3 Tahun, Wuling Hadirkan Tipe Baru Cortez Seharga Rp200 Jutaan
Konsumsi BBM Honda Brio
Next post
85 Ribu Mobil Honda di Indonesia Ditarik karena Fuel Pump Bermasalah