Site icon Carmudi Indonesia

Telkomsel Pamerkan Kendaraan Minibus Otonom Pertama di Indonesia

Minibus otonom telkomsel

Minibus otonom Telkomsel bermerek bermerek Navya. Foto/Carmudi.

Jakarta – Ada yang menarik dalam gelaran Asian Games 2018, tak hanya pesta olah raga tapi juga unjuk “gigi teknologi”. Hal ini dilakukan oleh Telkomsel salah satu operator terbesar di Tanah Air yang memperkenalkan kendaraan kendaraan listrik tanpa sopir atau otonomos (autonomous) pertama kali di Indonesia.

Banyak yang bertanya apa hubungannya operator telekomunikasi dengan otomotif? Ya, kendaraan listrik otonom ini memanfaatkan teknologi 5G Telkomsel, ini merupakan sebuah contoh dari kecanggihan teknologi LIDAR (Light Detection and Ranging), AI (Artificial Intelligent) dan tentunya teknologi 5G.

Menggunakan teknologi 5G Telkomsel, kendaraan otonom yang digadang akan mewujudkan konsep smart city nantinya, membutuhkan jaringan dengan latensi rendah sebesar 1 millisecond. Selain itu juga membutuhkan kecepatan transfer data sebesar 20 Gbps agar dapat melakukan komunikasi dengan kendaraan lainnya, menghubungkan infrastruktur dengan perangkat yang memastikan mobilitas tanpa hambatan.

Sedikit informasi, kendaraan otonom ini mampu mengenali rute perjalan yang akan dilaluinya. Sebelumbya telah di unduh terlebih dahulu peta dan bergerak menggunakan GPS. Bus ini aman bagi pejalan kaki yang ingin menyeberang karena memiliki sensor untuk mendeteksi keberadaan manusia. Sensor ini bisa di atur jaraknya untuk mengenali benda di sekitarnya agar tidak terjadi tabrakan.

Memang, ini masih jauh untuk implementasinya di Indonesia, masih banyak yang harus dilakukan salah satu infrastruktur. Selaijn itu banyak pengembangan yang harus dilakukan terkait teknologi masa depan ini. Harus diakui tren otomotif dunia sekarang sedang bergerak ke arah ramah lingkungan dan teknologi driveless car (self-driving car), kendaraan otomon paling tepat menjadi solusi.

“Ajang Asian Games kali ini, Telkomsel memberikan pengalaman eksklusif teknologi 5G kepada Indonesia, salah satunya dengan menghadirkan sensasi pengalaman berkendara tanpa pengemudi dalam Autonomous Electric Vehicle. Kami bangga memberikan salah satu pengalaman khususnya di event asian games, yaitu lewat Telkomsel 5G Experience Center, di sini, kita ingin masyarakat indonesia bisa merasakan teknologi masa depan, salah satunya mobil tanpa supir,” ujar Indra Mardiatna, Vice President Technology and System Telkomsel, Kamis (23/8/2018).

Indra menambahkan hal ini merupakan bagian dari konsep Vehicle-to-x yaitu sistem transportasi cerdas yang dapat mengatur lalu lintas. Memastikan perjalanan menjadi aman di masa depan.

Fitur minibus Listrik Otonom

Menurut Indra sampai saat ini teknologi yang ditunjukkan tersebut belum dikomersialisasi, mungkin beberapa waktu lagi sambil menunggu pengembangan teknologi dan infrastrukturnya. Pihaknya berharap bisa mengedukasi publik juga lewat ini.

Sebagai informasi minibus Listrik Otonom (Autonomous Electric Vehicle) bermerek Navya asal Perancis. Berpenggerak listrik dengan daya Battery Pack kapasitas 33 kWh, dan bertahan selama 9 jam.  Pengecasan dilakukan selama 7-8 jam, dan mempunyai kapasitas penumpang saat ini hingga 12 orang. Dengan formasi 8 duduk dan 4 berdiri.

Interior minibus otonom Telkomsel. Foto/Carmudi.

Kemudian ada kamera 360 derajat yang bisa memantau situasi di dalam kabin mobil ini. Bicara masalah dimensi, Navya punya panjang 4,75 meter, lebar 2,11 meter, tinggi 2,65 meter, serta ground clearance 0,20 meter. Selain Indonesia kendaraan ini sudah dipergunakan di Singapura. Tepatnya di Nanyang Technological University di mana sedang dites sebanyak 15 unit driverless minibus.

Telkomsel 5G Experience Center dibuka publik selama ajang Asian Games 2018, sejak 18 Agustus hingga 2 September 2018. Bukan hanya hanya mobil otonomos, ada juga demo permainan berteknologi tinggi. Seperti Live Streaming, Cycling Everywhere, Football 2022, Beat the Robot, dan Future Driving.

Masyarakat pun dapat merasakan kecanggihan pengalaman tanpa pengemudi, selama 15 menit yang beroperasi di jalurnya di depan Telkomsel 5G Experience Center, seputaran Gelora Bung Karno. Khusus untuk mobil listrik otonom masyarakat dapat menikmati dengan terlebih dahulu mendaftar pada aplikasi Telkomsel Asian Games yaitu tsel.me/TAG. (dol)