Sumber informasi

Tempat Wisata Lokal Jakarta dan Sekitarnya, Seru Buat Isi Liburan

Ada sejumlah tempat wisata lokal Jakarta yang bisa dikunjungi oleh warga Ibukota selama masa libur Lebaran 2021. Hal yang sama juga bisa ditemui oleh warga Bogor dan Tangerang di daerahnya masing-masing.

Walau tak bisa menggantikan kenikmatan pulang ke kampung halaman, namun setidaknya dapat mengusir rasa bosan.

Tapi yang perlu diingat, situasi pandemi masih mengelilingi kita sehingga wajib selalu memerhatikan protokol kesehatan.

Tempat Wisata Lokal Jakarta - J-Sky Ferris Wheel

(Foto: Instagram @aeonmall_jakartagardencity)

Libur Lebaran 2021 bisa dibilang belum banyak berubah dibanding tahun sebelumnya. Bahkan pemerintah resmi memberlakukan larangan mudik yang berlangsung sejak 6 Mei silam. Kebijakan ini akan terus berlaku hingga 17 Mei mendatang.

Bukan hanya mudik lintas provinsi, tapi belakangan juga disebut-sebut mudik lokal ikut dilarang.

Otomatis banyak waktu kosong tersedia selama libur Lebaran walaupun secara jumlah harinya lebih sedikit dari biasanya. Momen ini bisa Anda manfaatkan untuk cuci mata biar pikiran kembali segar.

Tak perlu jauh-jauh, destinasi yang ada di dalam kota bisa menjadi pilihan baik untuk mereka yang tinggal di Jakarta, Bogor, Tangerang atau sekitarnya.

Uniknya, kalau diperhatikan masing-masing daerah tersebut memiliki karakteristik tempat wisata yang berbeda-beda.

Ambil contoh untuk daerah Bogor. Di sini Anda bisa banyak menjumpai destinasi wisata dengan tema alam bebas. Wajar saja sebab Bogor memang memiliki banyak daerah pegunungan atau dataran tinggi.

Beda hal dengan Jakarta di mana setiap tempat wisata seru bisa ditemui di sudut-sudut perkotaan.

Lalu bagaimana dengan Tangerang? Cek info lengkapnya di artikel ini!

Tempat Wisata Lokal Jakarta, Bogor, Tangerang

Carmudi akan memberikan rekomendasi tempat wisata lokal Jakarta, Bogor, Tangerang, dan sekitarnya. Beberapa di antaranya bisa Anda kunjungi secara cuma-cuma, tapi ada juga yang mesti membayar tiket masuk.

1. Pantai Pasir Putih PIK, Jakarta

Tempat Wisata Lokal Jakarta - Pantai Pasir Putih PIK

(Foto: PIK2)

Warga Jakarta kini tak perlu pergi jauh-jauh ke Bali untuk bisa menikmati hamparan pasir putih. Pasalnya kini pemandangan semacam itu juga bisa ditemui di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Di lokasi ini Carmudian bisa melihat pantai buatan dengan pasir berwarna putih yang cukup cantik. Mulai dibuka untuk umum pada akhir 2020, lokasi ini menyuguhkan beberapa aktivitas.

Awalnya pantai pasir putih PIK memang terkenal sebagai tujuan bersepeda karena letaknya tak jauh dengan jembatan juga sempat viral beberapa waktu lalu.

Tapi bukan hanya itu, pantai sepanjang 4 km ini juga cukup asyik untuk sebatas jalan-jalan sore, berfoto ria, atau sekaligus goyang lidah.

Sebab di pinggir pantainya tersedia pusat kuliner dengan hidangan beragam. Mulai dari masakan khas dalam negeri, Chinese, hingga Korea Selatan.

Untuk diketahui, pantai pasir putih PIK hanya dibuka pada pukul 15.00 sampai 21.00 WIB.

2. Broadway Alam Sutera, Tangerang

Broadway Alam Sutera Tangerang

(Foto: Google Maps/Vanni Rahmawati)

Punya cita-cita mengunjungi New York? Buat Carmudian di Tangerang yang belum bisa mewujudkan keinginan tersebut tak ada salahnya untuk bertandang lebih dulu ke Broadway Alam Sutera.

Tempat ini masih menjadi bagian sentra kuliner yang sudah tersohor, yakni Flavor Bliss. Setelah melewati pintu gerbang, coba ikuti terus jalan hingga melihat gapura bertuliskan “Welcome to Broadway”.

Pada dasarnya lokasi ini juga menawarkan suguhan kuliner. Tapi yang membuatnya unik adalah arsitektur para tenant yang dibuat menyerupai bangunan-bangunan di Broadway, Manhattan, New York.

Di lokasi aslinya Carmudian akan melihat teater dan bangunan-bangunan kuno lain yang terkesan klasik dan ikonis. Hal tersebut coba direplikasi oleh pengembang tempat ini.

Broadway Alam Sutera resmi dibuka pada 11 Oktober 2020 silam dan langsung mendapat respons luar biasa. Tak jarang timbul antrean untuk masuk ke sana. Carmudian disarankan untuk melihat situasi terlebih dahulu sebelum benar-benar memutuskan untuk masuk ke lokasi.

3. Curug Seribu Gunung Bunder, Bogor

Curug Seribu

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Seperti sudah disampaikan di awal bahwasanya Bogor memiliki banyak suguhan wisata alam yang indah. Salah satunya adalah wisata air terjun Curug Seribu yang berada di kawasan Gunung Bunder.

Dengan ketinggian air terjun mencapai 100 meter, pemandangan di lokasi ini sangat menakjubkan. Tapi Carmudian yang mau mengunjunginya mesti siap fisik sebab lokasi air terjun hanya bisa dicapai dengan jalan kaki.

Jika Carmudian membawa kendaraan pribadi maka harus masuk ke kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak terlebih dahulu. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 40 menit.

Selama melakukan trekking, Carmudian akan melewati hutan dengan jalan setapak yang sudah disiapkan. Ada beberapa mata air dan air terjun kecil yang juga bisa dinikmati selama perjalanan.

Tapi di sini Anda mesti pintar-pintar menyimpan tenaga. Sebab perjalanan pulang akan terasa lebih berat karena medannya menanjak dan stamina sudah terkuras.

Di luar itu semua Curug Seribu akan menawarkan pengalaman wisata alam yang seru dan berkesan.

4. J-Sky Ferris Wheel, Jakarta

Tempat Wisata Lokal Jakarta - J-Sky Ferris Wheel

(Foto: Instagram @aeonmall_jakartagardencity)

Dari Bogor mari kembali ke Jakarta. Destinasi wisata yang akan kita lihat kali ini adalah J-Sky Ferris Wheel yang tak lain adalah bianglala tertinggi di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan Rekor MURI yang diberikan sejak pembukaan tempat ini.

Lokasi J-Sky Ferris Wheel berada di pusat perbelanjaan AEON Mall Cakung, Jakarta Timur. Dengan ketinggian mencapai sekitar 50 km, dijamin siapapun yang mencobanya akan merasakan sensasi luar biasa.

Di atasnya Carmudian bisa menyaksikan horizon kota Jakarta membentang tanpa halangan. Bianglala pun akan terus berputar selama 15 menit.

Menurut informasi, ada retribusi yang harus dibayar jika Carmudian ingin mencoba bianglala ini, yaitu sebesar Rp50 ribu per orang.

Keberadaannya yang menyatu dengan pusat perbelanjaan dan hiburan menjadikan tempat wisata ini memiliki daya tarik ekstra. Carmudian bisa melakukan banyak hal sekaligus dalam satu kunjungan.

Tapi perlu diingat sekali lagi bahwa protokol kesehatan tetap harus dijaga terutama ketika berada di lokasi dalam ruangan.

5. Kandang Godzilla, Tebing Koja, Tangerang

Kandang Godzilla

(Foto: Honda Community)

Tak kalah dengan Bogor, daerah Tangerang juga memiliki wisata alam memukau. Salah satunya adalah Tebing Koja atau yang lebih populer dengan nama Kandang Godzilla.

Pemandangan di area seluas 2 hektar ini diisi gunung kapur, sawah, dan danau. Tak banyak tempat menyuguhkan kombinasi semacam itu.

Pemandangan seperti ini justru akan mengingatkan kita pada habitat dinosaurus. Seperti yang sering dipotret dalam suguhan visual mengenai makhluk purba tersebut.

Tapi entah mengapa masyarakat justru menjulukinya sebagai Kandang Godzilla.

Terlepas dari hal itu, Tebing Koja berada di daerah Cirendeu, Solear, Kabupaten Tangerang. Dengan pemandangan unik dan menakjubkan, Kandang Godzilla bisa menjadi tujuan tepat untuk Anda yang menyukai fotografi.

Punya usut, waktu terbaik untuk mengunjungi tepat ini adalah pada saat golden hour alias saat matahari terbit atau terbenam.

Lokasi ini mulai terkenal pada 2017. Pada awalnya Tebing Koja hanya berupa tanah datar saja. Tapi setelah dilakukan penambangan kapur selama enam tahun maka mulai muncul tebing-tebing tersebut.

Nah, kira-kira dari sekian rekomendasi tempat wisata lokal Jakarta, Bogor, dan Tangerang yang sudah disebutkan, nomor berapa yang ingin Carmudian kunjungi?

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts