Home » Mobil » Tenaga dan Torsi Mesin Kia Seltos Lebih Nendang Ketimbang Honda HR-V

Tenaga dan Torsi Mesin Kia Seltos Lebih Nendang Ketimbang Honda HR-V

Kia Seltos diprediksi sebagai penanda kebangkitan merek Kia di Indonesia. (Foto: Carmudi/Sano)

Jakarta – Menandai kebangkitan Kia di Indonesia, PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Kia yang baru meluncurkan Seltos. Di pasar Indonesia Kia Seltos tidak sendirian, ada beberapa pesaing dari merek lain yang yang sudah lebih dulu dikenal oleh konsumen di Tanah Air. Salah satu pesaing terdekatnya adalah Honda HR-V. Sebagai modal untuk menghadapi para pesaing, Kia telah menyematkan beragam fitur menarik yang tidak dimiliki oleh lawannya. Sebut saja salah satu di antaranya adalah sektor mesin.

Kia Seltos tercatat sebagai satu-satunya compact SUV yang dibekali dengan turbo. Memang sebelumnya ada Chevrolet Trax, hanya saja mobil asal Amerika Serikat itu tidak masuk hitungan karena dalam waktu dekat ini tidak lagi dipasarkan di Indonesia.

Kia Seltos mengusung mesin Kappa 4 silinder 1,4 liter (1.353 cc) turbocharger. Tenaga yang dihasilkan mencapai 138 Hp (140 PS) di putaran mesin 6.000 Rpm dengan torsi maksimal 242 Nm di rentang 1.500-3.200 Rpm. Seluruh daya yang dihasilkan mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis kopling ganda (DCT) 7-percepatan.

Lantas bagaimana dengan Honda HR-V sebagai pesaing terdekat Seltos?

Rupanya tenaga yang dihasilkan mesin Honda HR-V baik 1,5L maupun 1,8L masih kalah nendang. Honda HR-V 1,5 liter dengan kapasitas mesin 1,497 cc hanya mampu mengeluarkan tenaga sekuat 118 Hp (120 PS) pada 6.600 Rpm dan torsi puncak 145 Nm pada 4.600 Rpm. Sedangkan Honda HR-V 1,8L dipersenjatai mesin 1.799 cc dengan tenaga sekuat 137 Hp (139 ps) pada 6.500 Rpm dan torsi maksimal 169 Nm pada 4.300 Rpm.

Harry Yanto selaku Product Planning PT KIA mengakui bahwa tenaga yang dihasilkan dari kinerja mesin Kia Seltos lebih besar ketimbang pesaingnya. Akan tetapi, lanjutnya, yang paling menarik adalah torsi. Torsi mesin Kia Seltos jauh lebih besar, dan itu lebih penting.

“Torsi Kia Seltos 242 Nm, kalau dibandingkan dengan mobil bermesin 2.500 cc itu lebih tinggi apalagi kalau dibandingkan dengan mesin 1,8L (Honda HR-V) yang torsinya cuma 169 Nm,” kata Harry .

Alasan Kia Membawa Seltos Bermesin 1,4L Turbo

Mesin 1,4 liter Kia Seltos (Foto: Sano/Carmudi)

Secara global, Kia Seltos ditawarkan dalam beberapa pilihan mesin bensin maupun diesel. Mesin bensin yang disediakan Kia berkapasitas 2.0 liter dan diklaim dapat menghasilkan tenaga 146 Hp serta torsi maksimal 179 Nm. Selain itu, mesin 1,6 liter turbocharged bertenaga 175 Hp dan torsi 264 Nm. Ada juga mesin 1,4 liter turbo seperti yang terpasang di Seltos untuk pasar Indonesia.

KIA sengaja memilih Seltos 1,4 liter di Indonesia sebagai upaya menghindari pajak tinggi. Bila kapasitas mesin semakin tinggi maka pajak yang harus dibayar pun lebih mahal.

“Kalau kami pilih 1,5 liter ke atas pasti harga jual mobil kami akan mahal. Jadi mau enggak mau kami mesti masuk di segmen yang dekat dengan mesin 1,5 liter, di situ pilihannya cuma 1,4 liter turbo,” pungkas Harry.

Seperti diketahui, Kia Seltos yang dipasarkan di Indonesia punya tiga varian. Harganya Rp295 juta untuk varian E, Rp320 juta untuk varian EX, dan Rp355 juta untuk varian tertinggi EX+ (OTR Jakarta).

Ada enam pilihan warna menarik yang ditawarkan, yaitu Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Bertahan Selama 20 Tahun, Honda CR-V Buktikan Sebagai SUV Terlaris

Previous post
Ingin Mengganti Oli Transmisi Matik? Simak Kisaran Harganya
Next post
Desain DFSK Glory 560 Diklaim Sesuai dengan Jalanan di Indonesia