MobilTips dan Trik

Tenaga Mobil Mulai Loyo, Segini Biaya Tune Up yang Perlu Dibayar

Carbon cleaner juga tersedia di bengkel resmi

Tune up mobil di bengkel resmi biayanya cukup mahal

Dalam mengembalikan performa mobil, jenis perawatan tune up sangat diperlukan. Biaya tune up mobil ini bervariasi di tiap bengkel, pastinya berbeda antara bengkel resmi dan bengkel biasa.

Tune up adalah mengembalikan kondisi mesin seperti semula. Artinya, banyak hal yang diperiksa atau dicek dalam perawatan ini, terutama di bagian mesin. Pengecekan juga dilakukan pada beberapa bagian lain seperti busi, saringan udara, saringan bensin, v-belt, aki dan banyak lagi.

Tune up ini perlu dilakukan sebagai upaya agar menjaga kondisi mobil tetap awet. Kalian bisa melakukan tune up 3 bulan sekali atau berbarengan ketika melakukan ganti oli rutin.

Melakukan perawatan ini pun tak melulu harus pergi ke bengkel resmi. Di bengkel umum juga menyediakan jenis perawatan tersebut. Kalian tidak harus antre lama-lama, dan harga yang ditawarkan bengkel spesialis pastinya lebih miring jika dibanding bengkel resmi.

Bahasa yang lebih sederhana, tune up adalah perawatan rutin yang perlu dilakukan sebuah mobil. Apabila performa kian loyo, maka mobil perlu mendapat penyetelan ulang di bagian mesin. Scan sistem juga dilakukan untuk mencari tahu penyebab menurunnya performa.

Hitung Biaya Tune Up Mobil

Bengkel resmi Suzuki (Foto: Suzuki)

Saat kalian sudah memutuskan memiliki mobil, maka kalian juga harus siap untuk merawatnya. Apabila kalian malas melakukan servis rutin, performa mobil bisa turun dan perbaikan atas kerusakan yang terjadi jadi lebih mahal.

Kalian pun perlu tahu seberapa mahal biaya tune up mobil ini. Tujuannya, supaya memiliki gambaran apabila mobil perlu mendapatkan perawatan berkala.

Risiko atau kerugian akan dirasakan ketika ingin menjual dan ganti mobil. Harga jual mobil bisa anjlok jika kondisinya banyak penyakit akibat jarang servis.

Sebaiknya kita tahu kapan melakukan servis rutin dan berapa biaya yang dibutuhkan. Waktu yang ideal untuk melakukan perawatan tune up mobil baiknya dilakukan tiga bulan sekali atau setiap 5.000 kilometer.

Sekarang ini sudah banyak bengkel umum yang memiliki alat scanner. Alat tersebut berfungsi memeriksa catatan kerusakan yang tersimpan di ECU.

Biaya tune up biasanya lebih murah di bengkel umum, karena bengkel umum tidak menetapkan profit yang terlalu tinggi. Lantas, betapa kira-kira selisihnya?

Selisih Biaya Tune Up Bengkel Umum dan Bengkel Resmi

Untuk wilayah Jakarta, kami mengambil contoh CarFix sebagai bengkel umum. CARfix menerima tune up segala macam jenis mobil dan memiliki scanner untuk mendiagnosa kerusakan. Berikut ini rincian biaya perawatan beberapa model terlaris Toyota di CarFix:

  • Toyota Agya Rp207.000
  • Toyota Calya Rp207.000
  • Toyota Avanza Rp247.500
  • Toyota Innova Rp289.000

Sementara itu, biaya perawatan sekaligus tune up mobil di bengkel resmi Toyota akan terbagi sesuai dengan jenis transmisi yang digunakan. Biaya perbaikan untuk generasi terbaru akan lebih mahal, seperti berikut :

  • Toyota Avanza Rp 378.500
  • New Toyota Avanza Rp 472.000
  • Innova Diesel Rp 842.000
  • Innova Bensin Rp 714.000
  • Innova Reborn Diesel Rp 943.000
  • Innova Reborn Bensin Rp 714.000
  • Toyota Calya Rp 472.000
  • Toyota Agya 1.0 Rp 375.000
  • Toyota Agya 1.2 Rp 472.000

Tune Up Wajib Dilakukan untuk Mobil yang Sering Digunakan

Bengkel resmi mobil Toyota (Foto: Auto2000)

Tune up merupakan perawatan mesin ringan pada mobil yang bertujuan untuk mengembalikan performa. Ini perlu dilakukan saat mesin mobil performanya dianggap kendor hingga bisa kembali dalam kondisi prima lagi.

Biasanya perawatan tune up ini perlu dilakukan oleh pemilik mobil bila usia mobilnya sudah berusia di atas 5-10 tahun.

Hal tersebut terbilang wajar, mengingat umur pemakaian mobil yang membuat mesinnya perlu mendapatkan penyegaran. Tujuannya agar kondisinya tetap selalu sehat dan prima.

Tune up yang dilakukan meliputi pemeriksaaan busi mobil, pompa besin, segala sistem kelistrikan pada mobil, saringan udara, saringan bensin, hingga throttle body. Cara ini juga bisa sekaligus mengecek beberapa komponen yang terdapat di dalam kendaraan Anda, apakah masih terlihat sehat atau harus segera mendapatkan penggantian.

Beda Tune Up dan Servis Biasa

Barangkali kalian akan bertanya-tanya mengenai apa perbedaan antara tune up dengan servis mobil seperti biasanya. Apakah servis biasa sudah mencakup tune up?

Pada dasarnya, tune up memang dilakukan ketika Anda melakukan sevis atau perawatan terhadap kendaran anda secara rutin ke bengkel. Akan tetapi, tune up dan servis rutin prakteknya jelas berbeda.

Tune up mobil mempunyai variasi pekerjaan yang jauh lebih banyak dibanding servis mobil biasa. Tidak heran jika tune up butuh biaya yang cenderung lebih tinggi dibanding servis kendaraan roda empat biasa.

Jadi, servis mobil biasa hanya mencakup atau terbatas pada pengecekan beberapa bagian saja. Antara lain: filter udara, pengecekan fluida, pengecekan sistem injeksi hingga pengecekan bagian yang ada di dalam mesin tanpa melakukan pembongkaran.

Lain halnya dengan tune up, kegiatan tersebut mencakup perawatan mobil yang lebih lengkap hingga ke bagian dalam mesin kendaraan. Bahasa gampangnya, mekanik juga melakukan penyetelan dan membersihkan beberapa bagian tadi.

Bagi mobil dengan sistem non injeksi, maka wajib melakukan membersihkan dan menyetel karburator. Demikian juga dengan mobil injeksi, pada bagian throttle body biasanya akan dibersihkan menggunakan cairan cleaner.

Pada mesin dengan sistem katup konvensional maka wajib untuk melakukan pengecekan dan penyetelan celah katup. Tujuannya, agar katup bisa terus berada dalam kondisi standar dan kerja optimal. Adapun kisaran celah standar atau normal katup ialah 0,2 hingga 0,3 mm.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts