Berita

Tengok Canggihnya Fasilitas Pembelajaran Elektrifikasi Toyota di Indonesia

Karawang — PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kini memiliki fasilitas pembelajaran elektrifikasi yang diberi nama xEV Center. Berlokasi di pabrik TMMIN Karawang 3, fasilitas tersebut diresmikan pada Kamis (19/5/2022) oleh jajaran Kementerian Perindustrian RI.

Fasilitas Pembelajaran Elektrifikasi Toyota xEV Center (Foto: Toyota)

Fasilitas Pembelajaran Elektrifikasi Toyota xEV Center (Foto: Toyota)

Keberadaan xEV Center diharapkan dapat berperan untuk mendidik dan menginspirasi masyarakat termasuk generasi berikutnya untuk berinovasi serta mengembangkan teknologi kendaraan elektrifikasi.

Demikian disampaikan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutan tertulisnya.

“Kami berharap Toyota xEV Center dapat menjadi katalisator pengembangan teknologi dan industrialisasi kendaraan elektrifikasi di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN menjelaskan, xEV Center merupakan wujud nyata kolaborasi antara pemerintah, akademisi, dan industri otomotif. xEV Center dikembangkan sebagai bagian dari ekosistem era elektrifikasi melalui advokasi publik mengenai ragam pilihan teknologi elektrifikasi.

Toyota percaya mencapai Netralitas Karbon harus ada solusi praktis dan berkelanjutan melalui berbagai pilihan teknologi (multi pathway) seperti kendaraan dengan efisiensi bahan bakar tinggi, Flexi Engine (bio-fuel), HEV, PHEV, BEV, dan FCEV yang berbahan bakar hidrogen yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan kondisi Indonesia,” jelas Warih.

Baru Fase Awal

(Foto: Toyota)

Pada fase pertama, xEV Center fokus menyajikan beragam informasi terkait elektrifikasi melalui sejumlah fasilitas: 1. HEV, PHEV, BEV Showcase & Driving Center, 2. xEV Cut Body, 3. xEV Main Component, dan 4. Outdoor Charging Station.

Ke depannya, xEV Center akan meningkatkan fasilitasnya sebagai Toyota Capability Center dengan perluasan area Eco-Renewable Technology and Research kemudian diikuti dengan area Mobility.

Dijelaskan juga nantinya xEV Center akan menjadi fasilitas edukasi yang dapat diakses dengan mudah oleh publik baik kalangan pemerintah, akademisi, siswa sekolah, dan masyarakat umum.

Bob Azam, Direktur Corporate Affairs PT TMMIN menyampaikan, fasilitas ini akan menjadi sarana bagi sumber daya manusia Indonesia memperdalam pemahaman mengenai teknologi dan ekosistem industri otomotif di masa depan sehingga Indonesia terus menjadi bagian penting dari industri otomotif dunia.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts