Berita

Terdaftar di Samsat Jakarta, Honda HR-V Terbaru Tanpa Mesin 1.8L

JakartaHonda HR-V yang saat ini tengah dipasarkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) terdiri dari dua varian mesin, yaitu 1.5L dan 1.8L. Ada kemungkinan varian mesin 1.8L pada HR-V model terbaru akan di setop pemasarannya.

Dugaan HPM akan berhenti memasarkan varian mesin 1.8L muncul begitu Honda HR-V terbaru terpantau sudah terdaftar di laman resmi Samsat DKI Jakarta.

Honda HR-V 1.8L

Honda HR-V terbaru meluncur di Jepang (Foto: Honda)

Dari laman tersebut hanya ada empat varian HR-V terbaru yang didaftarkan. Semuanya diberi kode 1.5L, sedangkan varian 1.8L tidak ada.

Berikut daftar lengkap varian Honda HR-V terbaru berserta harga pasaran umum atas suatu kendaraan bermotor atau Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), sebagaimana dikutip dari laman resmi Samsat DKI Jakarta.

  • Honda HR-V 1.5L E CVT Rp243 juta
  • Honda HR-V 1.5L S CVT Rp225 juta
  • Honda HR-V 1.5L SE CVT Rp255 juta
  • Honda HR-V 1.5T RS CVT Rp305 juta.

Bukan tidak mungkin bahwa, HPM menghentikan pemasaran Honda HR-V varian mesin 1.8L. Mengingat angka penjualannya terpaut jauh daripada versi 1.5L.

Berdasarkan data penjualan terakhir yang disampaikan oleh HPM pada bulan lalu, tercatat HR-V 1.5L terjual sebanyak 1,768 unit sepanjang Agustus 2021. Sementara HR-V 1.8L, angka penjualannya tak sampai 200 unit selama satu bulan atau tepatnya 145 unit saja di periode yang sama.

Kemungkinan harga yang terpaut jauh antara HR-V 1.5L dengan 1.8L menjadi salah satu penyebab varian paling atas dari SUV andalan Honda itu kurang dilirik.

Honda HR-V terbaru

Interior HR-V model 2021 (Foto: Honda)

Berdasarkan laman resmi HPM, Honda HR-V 1.5L dipasarkan mulai dari Rp290 jutaan, sedangkan 1.8L tembus Rp400 jutaan.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar harga on the road Honda HR-V per Oktober 2021:

  • HR-V 1.5L S M/T Rp294,7 juta
  • HR-V 1.5L S CVT Rp305 juta
  • HR-V 1.5L E CVT Rp327,4 juta
  • HR-V 1.5L E CVT Special Edition Rp344.6 juta
  • HR-V 1.8 Prestige Rp409.8 juta.

Honda HR-V Terbaru Debut di Jepang

Honda HR-V terbaru melakukan debut globalnya di Jepang pada Februari 2021. SUV Honda yang juga dikenal dengan nama Vezel tersebut puya tampilan lebih agresif ketimbang generasi terdahulu.

Menariknya, HR-V terbaru punya pilihan varian hybrid e: HEV (Hybrid Electric Vehicle).

Adapun ubahan yang terjadi pada pesaing Toyota C-HR itu mulai dari gril desain baru, lampu utama lebih sipit, dasbor dengan desain baru, hingga penyematan fitur keselamatan pasif dan aktif atau Honda Sensing.

Honda HR-V terbaru (Foto: Honda)

Terkait kepastian Honda HR-V terbaru masuk atau tidak ke pasar Indonesia masih belum diketahui hingga saat ini.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM pada Februari lalu pernah mengungkapkan bahwa, masuk atau tidaknya model baru di Indonesia tergantung dari minat konsumen.

“Kalau refreshment suatu produk kami selalu melihat permintaan pasarnya dahulu. Bagaimana kondisinya dan seperti apa market-nya. Kami belum bisa bicara apakah Vezel (HR-V) di Jepang akan dibawa ke Indonesia atau belum,” ujar Billy.

Penasaran? Tunggu berita selanjutnya di Carmudi.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts