Home » Berita » Terimbas Virus Corona, Paris Motor Show 2020 akan Lanjut dengan “Cara Lain”

Terimbas Virus Corona, Paris Motor Show 2020 akan Lanjut dengan “Cara Lain”

Paris Motor Show 2018. (Foto: Wikipedia)

Paris – Paris Motor Show 2020 dijadwalkan akan diselenggarakan pada September nanti, tapi akibat pandemi virus corona (Covid-19) penyelenggara tengah bersiap untuk “cara lain”. Meskipun waktunya masih relatif jauh, namun pihak penyelenggara pameran mengatakan bentuk acara tidak dapat berlangsung seperti sedia kala.

Sedianya, Paris Motor Show 2020 akan dihelat pada 29 September di Porte de Versailles. Pihak penyelenggara menuturkan semua kemungkinan perubahan jadwal atau bentuk acara masih akan tergantung perkembangan pandemi virus corona.

“Ini (Covid-19) adalah krisis kesehatan besar dan belum pernah terjadi sebelumnya yang dihadapi dunia. Semuanya masih akan tergantung pada perkembangan pandemi virus corona ini karena beberapa peristiwa lainnya masih bisa terjadi,” ujar pihak penyelenggara melalui siaran resminya.

“Kami akan mempelajari solusi alternatif dan berkolaborasi bersama mitra utama kami. Perubahan acara akan dikaji secara mendalam agar, khususnya bentuk acara menjadi lebih inovatif namun komponen bisnis tetap kuat sehingga mampu menawarkan banyak potensi terbaik,” lanjutnya.

Perubahan yang disampaikan tersebut tak lain guna menghindari ajang pameran yang dipenuhi orang-orang, mobil, dan karyawan masing-masing merek peserta pameran.

“Tidak akan ada yang seperti sebelumnya, dan kita harus melihat bahwa krisis ini mengajarkan kita untuk gesit, kreatif, dan lebih inovatif dari sebelumnya,” pungkas penyelenggara seperti dikutip dari The Truth About Cars.

Paris Motor Show 2020 Bukan Satu-Satunya Korban

New York International Auto Show. (Foto: New York By Rail)

Sejauh ini, kasus pameran Paris Motor Show 2020 bukan yang pertama akibat pandemi virus corona (Covid-19). Pameran pertama yang terancam bahkan telah gagal diselenggarakan sebagaimana konsep awalnya adalah Geneva Motor Show. Pameran ini sedianya diselenggarakan awal Maret lalu. Penundaan pun diikuti New York International Auto Show yang seharusnya dihelat April nanti, namun diundur hingga 28 Agustus 2020 mendatang.

Masih dari Amerika Serikat, kabar terbaru datang dari ajang Detroit Motor Show atau North American International Auto Show (NAIAS) 2020. Pameran ini pun mengalami pembatalan imbas dari pandemi. Terlebih lagi, TFC Center sebagai venue pameran tengah diberdayakan untuk menjadi rumah sakit darurat Covid-19.

Di luar Amerika Serikat, sebelumnya sudah ada pameran Manila International Auto Show (MIAS) 2020, Beijing Motor Show 2020, hingga Malaysia Auto Show 2020 yang dibatalkan. Di Indonesia sendiri, pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) yang sedianya dihelat pada 9-19 April 2020 juga resmi ditunda hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

 

Penulis: Dimas Hadi

Baca Juga:

Ini Dia, Satu Lagi Pameran Otomotif yang Dibatalkan karena Corona

Previous post
Mumpung WFH, Yuk Kita Usir Binatang yang Bersarang di Mobil
Next post
Virus Corona Belum Juga Reda, Ferrari Perpanjang Masa Penutupan Pabrik