Home » Berita » Terinspirasi Kimono, Mobil Balap Formula E Nissan Mengaspal di Jakarta Tahun Depan

Terinspirasi Kimono, Mobil Balap Formula E Nissan Mengaspal di Jakarta Tahun Depan

Terinspirasi Kimono, Mobil Balap Formula E Nissan Mengaspal di Jakarta Tahun Depan (Foto: Nissan)

Tokyo – Jelang musim keenam seri Kejuaraan Formula E ABB FIA, Nissan memperkenalkan livery terbaru untuk mobil balap listriknya. Mobil balap Nissan ini hadir dengan tampilan baru yang terinspirasi dari baju Kimono. Perkenalan tampilan baru dilakukan oleh Nissan belum lama ini di Yokohama, Jepang.

Beda dari sebelumnya, kini bodi mobil balap Formula E Nissan dihiasi dengan warna merah, hitam dan putih yang disusun mengikuti pola baju Kimono yang merupakan pakaian tradisional Jepang. Desain yang sama juga bakal diterapkan ke Nissan LEAF NISMO RC, mobil balap dengan motor listrik ganda yang dibangun berdasarkan Nissan LEAF.

“Menyambut awal musim kompetisi Formula E, tim desain kami mengusulkan tampilan baru yang mengangkat warisan budaya Jepang dan DNA teknologi yang dinamis. Kami menggunakan warna balap ikonik Nissan, yakni merah, hitam dan putih, yang disusun berlapis secara diagonal dalam pola kimono, untuk menciptakan kesan dinamis dan kuat,” kata Alfonso Albaisa, wakil presiden senior Nissan untuk desain global.

Dalam mengembangkan livery mobil ini, Nissan mengundang sekira 40 desainer mereka yang bekerja di berbagai negara di seluruh dunia. Mereka ditugaskan untuk mengirimkan konsep-konsep desain baru tersebut.

Mobil balap Formula E Nissan berdesain Kimono ini tidak hanya unjuk gigi di tanah kelahirannya saja. Mobil balap ini juga akan berlaga di beberapa negara yang menyelenggarakan Formula E. Sebut saja satu di antaranya Indonesia, tepatnya di kota Jakarta. Tahun depan kejuaraan Formula E ABB FIA akan digelar di Jakarta. Setidaknya ada empat belas balapan mobil listrik akan berlangsung di 12 kota. Musim keenam Formula E akan dimulai bulan depan di Arab Saudi.

Powertrain Baru

Tidak cuma tampilan saja yang baru, Nissan juga telah memperbaiki powertrain untuk musim keenam ini. Powertrain baru ini menggantikan sistem motor listrik ganda yang menghasilkan tenaga baru untuk tim Nissan e.dams.

“Dengan menerapkan perubahan besar ke motor listrik, ada banyak hal yang dapat kami lakukan di luar musim kejuaraan. Kami akan menggunakan semua yang telah kami pelajari dari musim kelima untuk meningkatkan kinerja mobil, dengan penekanan yang lebih besar pada baterai dan manajemen energi,” ungkap Michael Carcamo, Direktur Olahraga Motor Global Nissan.

Tim Nissan e.dams sudah melakukan serangkaian uji coba pra-musim di Valencia, Spanyol. Tim mencatat waktu dalam posisi sepuluh besar setiap sesi selama tiga hari uji coba.

Pebalap Sebastien Buemi dan Oliver Rowland akan kembali duduk di belakang kemudi mobil balap Formula E Nissan.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Catat, Ini Tanggal Penyelenggaraan Balap Mobil Listrik Formula E di Jakarta

Previous post
Tips Mudah Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kain
Next post
Begini Jadinya Jika Hyundai Kona Dimodifikasi Bergaya Off Road