Berita Sepeda motor

Terlempar dari Motor yang Melaju 350 Km/Jam di Sirkuit Mugello, Pebalap Ini Selamat

Insiden Pirro di Sirkuit Mugello (Foto: Youtube)

Florence – Rangkaian Balap MotoGP akhir pekan lalu diwarnai beragam hal menegangkan. Tidak hanya Marc Marquez yang terjatuh, tetapi juga insiden saat sesi latihan di sirkuit Mugello.

Test Rider tim Ducati, Michele Pirro terlempar dari motor saat ia melaju dengan kecepatan 350 km/jam. Ban belakang motor yang ia kendarai tiba-tiba terangkat dan melemparkannya ke udara.

Tubuhnya yang sudah tak berdaya berguling dan memantul beberapa kali di tanah sebelum berhenti. Pembalap dari tim Ducati Pramac, Danilo Petrucci setelah kejadian mengatakan bahwa Pirro mungkin mengalami kerusakan tiba-tiba pada rem depannya.

Menurutnya, Pirron bereaksi dengan mengerem terlalu keras. Untungnya, kondisi Pirro cepat tersadar pasca insiden fatal tersebut. Namun demikian, ia mengalami cidera yang cukup serius karena benturan keras ke aspal. Ia langsung dibawa oleh tim medis sirkuit Mugello ke Rumah Sakit Florence.

“Dia mengalami gegar otak besar dan banyak rasa sakit di dada dan di bagian bawah tubuh. Para dokter akan merawatnya selama beberapa jam lagi, dan saya pikir kemungkinan besar mereka akan menyatakan dia tidak layak untuk balapan,” ungkap Direktur balap Ducati, Paolo Ciabatti sebagaimana dikutip ABC.Net.

Kondisi Pirro Usai Insiden di Sirkuit Mugello (Foto: ABS.Net)

Ciabatti mengatakan Pirro sempat tidak sadarkan diri ketika staf medis memanggilnya. Ia kemudian terbangun ketika bahunya yang terkilir itu diposisikan kembali.

Permasalahan rem depan ini sebelumnya sempat dialami oleh Jorge Lorenzo. Untungnya, pebalap dengan nomor 99 ini masih bisa mengendalikan motor dan tidak sampai mengalami insiden fatal.

Kondisi Pirro Dipastikan Selamat Pasca Insiden di Sirkuit Mugello

Insiden terlemparnya Pirro ini jelas berisiko tinggi terhadap kondisinya. Bisa dibayangkan bila efek benturan yang dialami oleh pebalap cadangan ini dapat menyebabkan cidera serius, bahkan kematian.

Namun demikian, keberuntungan membuat Pirro bisa selamat dan tidak mengalami cidera yang sangat serius akibat benturan ke tanah. Dokter menyebut bila Pirro hanya sempat kehilangan kesadaran saja akibat gegar otak dan dislokasi bahu.

“Pirro menderita gegar otak tengkorak, dia kehilangan kesadaran tetapi bisa pulih kembali. Kondisi tulang belakangnya tampak baik-baik saja seperti halnya kondisi neurologisnya yang lain,” kata Dokter Michele Zasa.(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts

/