Home » Berita » Terlihat Gagah, Menhan Prabowo Jajal Mobil Perang Maung

Terlihat Gagah, Menhan Prabowo Jajal Mobil Perang Maung

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto jajal mobil perang Maung
Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto jajal mobil perang Maung (Foto: Twitter Prabowo)

Bandung – Usai mengunjungi Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto kembali melanjutkan kunjungan kerja, pada Jumat (10/7/2020). Kali ini Prabowo berkunjung ke Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Sesko TNI) di Bandung Jawa Barat.

Dalam kunjungannya tersebut Prabowo memberikan pembekalan kepada Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) XLVII Sesko TNI. Kedatangan Menhan disambut oleh Dan Sesko TNI dan jajaran dengan upacara jajar kehormatan.

Ada satu kegiatan menarik di sela kunjungan kerjanya. Di mana Prabowo melihat langsung kendaraan taktis (rantis) terbaru buatan PT Pindad (persero). Meliputi Rantis 4×4 serta Pindad ATV Maverick dan Pindad ATV Commander. Tak cuma sekadar melihat dari dekat saja, Prabowo juga sempat mencicipi rantis 4×4.

“Pada sore hari ini saya dan tim dari PT Pindad mencoba kendaraan Rantis 4X4 yang kami beri nama Maung,” tulis Prabowo pada akun Twitter pribadinya.

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto jajal mobil perang Maung
Mobil perang Maung tampak samping. (Foto: Twitter Prabowo)

Pada cuitan berbeda, Prabowo juga menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mendukung terus produksi Alat utama sistem senjata Tentara Nasional Indonesia (TNI) buatan dalam negeri.

“Kementerian Pertahanan akan terus mendukung upaya peningkatan produksi alutsista dalam negeri, serta mendukung program penelitian dan pengembangan, agar nantinya seluruh hasil produksi dalam negeri dapat mandiri secara utuh,” sambung dia.

Spesifikasi dan fitur dari mobil perang Maung belum dipublikasikan. Dari kode angka yang berada di belakang nama mobil, kemungkinan besar kendaraan ini dibekali dengan sistem penggerak empat roda (four wheel drive) atau 4×4. Diyakini mobil perang ini mampu melibas segala medan off road yang ringan maupun berat, seperti jalan bebatuan, tanah kering, serta dengan tingkat kemiringan dan jalan tanjakan atau menurun.

Mobil perang Maung merupakan produk PT Pindad (Foto: Twitter Prabowo)

Produk Pertahanan dan Keamanan

Sebelum mengemudikan Maung, Prabowo terlebih dahulu mendengar penjelasan dari Direktur PT Pindad Abraham Mose mengenai produk Pertahanan dan Keamanan (Hankam). Tak hanya itu, dirinya juga memaparkan produk industrial berupa alat mesin pertanian (alsintan) dan dukungan untuk mengatasi kondisi pandemi Covid-19 berupa ventilator dan mobile lab.

Terkait produk Hankam, Direktur PT Pindad menjelaskan tentang rantis ringan 4×4, medium tank harimau, kemampuan mortir PT Pindad, retrofit meriam S-60, dan amunisi 57 mm. Selain itu juga dijelaskan hal yang terkait dengan Harwat Tank Scorpion, Leopard dan AMX-13, serta senapan serbu untuk Koppasus bekerja sama dengan Caracal.

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto melihat langsung kendaraan taktis terbaru buatan PT Pindad (Foto: Pindad)

Dalam kunjungannya ke Sesko TNI, Prabowo juga memberikan bantuan 14 buah judul buku yang masing-masing judul berjumlah 200 eksemplar. Adapun dari ke-14 buku tersebut dua di antaranya merupakan karangan Menhan.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Toyota Pernah Janji Bawa Mobil Listrik ke Indonesia, Corolla Cross Hybrid?

Previous post
Pakai Air Ram, Rahasia Performa di Kawasaki Ninja ZX-25R Makin Gahar
Next post
Jalani New Normal, Pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang Kembali Beroperasi