Produk

Ternyata, Speaker yang Terpasang di Mobil Bentley Buatan Surabaya

Jakarta – Sinar Baja Electric (SBE) selaku produsen speaker di Indonesia telah menembus pasar internasional dan sudah digunakan di beberapa merek mobil ternama.

“Kami mengapresiasi kinerja perusahaan yang sukses menembus pasar ekspor. Juga dapat memperoleh kepercayaan brand besar di level internasional yang mencerminkan kualitas yang tinggi dari produk-produk perusahaan di Indonesia,” ungkap Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam keterangan reseminya, Kamis (27/5/2021).

Speaker Mobil

Sinar Baja Electric produksi speaker untuk mobil Jepang dan Eropa (Foto: Kemenperin)

Produk-produk buatan SBE sudah diekspor ke berbagai negara kawasan Asia, Eropa, Australia, dan Amerika. Selain itu speaker yang diproduksi di pabrik Surabaya itu juga digunakan pada merek mobil seperti Bentley, Honda, Toyota dan Hyundai.

SBE memiliki pabrik yang berkapasitas produksi hingga 12 juta unit per tahun. Produk yang dihasilkan mencakup, Hi-End Audio, Professional Audio, dan Car Audio. Perusahaan memproduksi speaker dengan merek sendiri maupun subkontrak (OEM).

Menperin mengatakan, pemerintah akan mendukung industri speaker dalam negeri agar dapat diterima di pasar dalam negeri. Ke depan, produk speaker dalam negeri ini akan didorong untuk menyuplai ke industri otomotif, televisi, maupun ponsel.

“Sebagai contoh, saat ini, suplai ke industri otomotif masih relatif kecil dan akan diupayakan untuk ditingkatkan,” terang Menperin Agus.

Speaker Mobil

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan ke pabrik speaker (Foto: Kemenperin)

Meningkatkan Daya Saing Produk

Ketersediaan komponen speaker untuk mobil di dalam negeri tentunya akan meningkatkan daya saing.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier menyampaikan pentingnya pendalaman struktur industri untuk bersaing di pasar global.

“Industri produk hilir yang didukung dengan tersedianya industri hulu tentu akan menghasilkan produk dengan daya saing yang tinggi. Sebab, tidak lagi bergantung dengan komponen impor. Efisiensi biaya dalam memperoleh bahan baku atau komponen tersebut akan menjadi nilai tambah bagi produk dalam negeri ketika harus bersaing di pasar ekspor,” ujar Taufiek.

Kunjungan Menperin ke Pabrik Speaker di Surabaya (Foto: Kemenperin)

SBE telah memproduksi speaker mobil yang digunakan oleh produsen mobil merek Jepang maupun Eropa. Kualitas produk yang memenuhi standar internasional menjadi kunci keberhasilan perusahaan dalam menjaga kepercayaan pelanggannya.

“Pendalaman struktur industri akan meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas dalam menjalankan proses produksi. Industri dapat lebih leluasa dalam mendesain produk yang diinginkan pasar,” pungkas Taufiek.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts