HomeBeritaGara-Gara Mitsubishi Xpander dan Wuling Cortez, Mobil Keluarga Kembali Bangkit

Gara-Gara Mitsubishi Xpander dan Wuling Cortez, Mobil Keluarga Kembali Bangkit

Toyota Avanza
Tahun ini Toyota Avanza mengalami penyegaran karena terdesak hegemoni Mitsubishi Xpander.

Jakarta – Penjualan mobil secara nasional dalam beberapa tahun terakhir bisa dibilang jalan di tempat. Total penjualan kendaraan di Indonesia stabil di kisaran 1,1 juta unit. Peningkatan penjualan lebih condong terjadi pada segmen kendaraan komersial, daripada mobil penumpang atau mobil keluarga. Pada segmen mobil keluarga, kehadiran Mitsubishi Xpander jadi pilihan baru saat masyarakat sudah jenuh dengan Low MPV yang ada sekarang.

Untuk merangsang selera konsumen yang lesu, beberapa pabrikan mobil meluncurkan penyegaran untuk lini mobil keluarga mereka. Tren penyegaran MPV ini sebenarnya merupakan respons saat Mitsubishi meluncurkan Xpander di 2017 lalu.

Mitsubishi Xpander langsung jadi primadona di segmen mobil keluarga

Desain Mitsubishi Xpander yang cukup radikal untuk ukuran MPV membuatnya jadi primadona baru. Penjualan Mitsubishi Xpander bahkan sempat menyalip Toyota Avanza pada beberapa bulan pertama usai diluncurkan. Tak ingin konsumen setianya berpaling, pabrikan seperti Suzuki, Toyota, Daihatsu, bahkan sampai Honda segera berbenah dan merilis penyegaran.

Suzuki adalah pabrikan kendaraan pertama yang merespons kehadiran Xpander dengan meluncurkan All New Ertiga pada 2018. Desainnya dibuat tak kalah macho pada bagian vender depan, tapi Ertiga mengedepankan gaya elegan karena desainnya lebih mirip Toyota Kijang Innova Reborn.

Ertiga terbaru hadir dengan gaya khas yaitu gril bagian depan lebih tinggi dan lebar, garis bahu yang dinamis, lekukan lebih dalam, bodi aerodinamis, dan aksen krom sangat halus. Penampilannya dibuat kekar dan tinggi demi menandingi Xpander yang naik daun.

All New Suzuki Ertiga desainnya lebih kekar dan tinggi
All New Suzuki Ertiga (Foto: Indianautosblog)

Wuling Motors Ikut Meramaikan Segmen Mobil Keluarga

Namun, sepanjang tahun lalu hanya Suzuki saja yang merilis penyegaran untuk mobil terlaris mereka. Merek lain seperti Toyota, Daihatsu, Honda, bahkan Nissan tetap bergeming sekalipun Wuling Motors juga ikut merangsek dengan Confero dan Cortez. Bahkan untuk model terakhir ini, pengguna Wuling sesumbar bila Cortez adalah mobil rasa Kijang Innova harga Avanza.

Wuling Cortez (Foto: Santo/Carmudi)

Kehadiran Wuling Motors yang menawarkan mobil dengan harga lebih murah di segmennya tak langsung mendapat respons positif konsumen. Mereka masih melihat konsistensi dan keseriusan merek asal China tersebut dalam menyediakan layanan purna jual prima sebagaimana pabrikan Jepang yang sudah ada sejak lama.

Kebangkitan Merek Jepang di Tahun 2019

Tahun lalu mayoritas merek Jepang melakukan penyegaran di lini model yang lain, sembari mempersiapkan low MPV mereka supaya semakin diterima masyarakat. Benar saja, tahun ini bisa dibilang menjadi kebangkitan mobil keluarga dari merek Jepang.

Toyota Avanza dan Veloz, Mobil 7 Penumpang Terlaris (Foto: Santo/Carmudi)

Di awal tahun, duet kembar Toyota Avanza – Daihatsu Xenia hadir dengan wajah baru. Memang bukan penyegaran menyeluruh, karena sifatnya hanya middle change. Ubahan sebatas desain muka dan ornamen bagian belakang lalu memperkaya fitur lebih melimpah. Dua merek naungan Astra International ini menghadirkan MPV murah dengan style mewah.

Maksudnya, desain headlamp Avanza-Xenia mengadopsi gaya milik Alphard sekalipun bentuk bodi tidak berubah. Desain empat buah headlamp sipit ini menjadi identitas baru si kembar.

peluncuran daihatsu grand new xenia 1.5
Daihatsu Xenia Ikut meluncur

Bulan berganti, sekarang giliran Nissan Motor Indonesia yang akhirnya memperkenalkan All New Nissan Livina setelah debutnya pada 12 tahun silam. MPV ini mengadopsi gaya dari Mitsubishi Xpander karena pada pasar global Nissan membentuk aliansi dengan Mitsubishi. Maka dari itu, Livina dibuat dengan platform milik Xpander.

Perbedaan antara Livina dengan Xpander sebatas kelengkapan fitur dimana Livina lebih beragam dan lebih mewah ketimbang kembarannya dari kubu tiga berlian. Hadirnya Livina ini menjadi sinyal kebangkitan Nissan yang selama beberapa tahun vakum merilis major change.

Nissan Livina akhirnya mengalami pembaharuan setelah 12 tahun

Honda Siapkan Mobilio Baru?

Sudah ada tiga merek Jepang menghadirkan penyegaran untuk model andalan mereka. Hanya tinggal Honda yang belum menghadirkan pembaharuan untuk Mobilio. Padahal, mobil 7-penumpang ini volume maker Honda dan sempat jadi ancaman Toyota Avanza di tahun 2015 karena juga dipakai sebagai armada taksi.

Konon, Honda juga tidak tinggal diam melihat merek-merek Jepang lainnya sudah menghadirkan pembaharuan. Dari kabar yang berhembus di jagat maya sosial media, PT Honda Prospect Motor bakal memperkenalkan Mobilio terbaru esok hari, Kamis (21/2) di mall kawasan Jakarta Selatan.

Mobilio Tidak Lagi Jadi Mobil Honda Paling Laris (Foto HPM)Soal desainnya, apakah mengikuti jejak para rivalnya dengan gaya kekar dan postur tinggi ala SUV atau mempertahankan gaya MPV dengan ground clearance agak rendah seperti sekarang.

Kita tunggu saja, bila benar demikian maka tahun 2019 menjadi tahun kebangkitan mobil keluarga.Merek makin banyak, varian makin luas dengan fitur makin melimpah. Semua pilihan ada di tangan Anda.(dol)

All New Nissan Livina
Previous post
Wah, Ternyata Tenaga Mesin All New Nissan Livina dan Xpander Sama
Next post
Kurangi Impor, Velg Toyota Innova, Fortuner dan Sienta Pakai Aluminium Lokal