Home » Berita » Terpaksa Mudik Naik Sepeda Motor, Sebaiknya Lakukan Ini!

Terpaksa Mudik Naik Sepeda Motor, Sebaiknya Lakukan Ini!

Pemeriksaan sepeda motor (Foto: Ilustrasi/Astra Otoparts)
Pemeriksaan sepeda motor (Foto: Ilustrasi/Astra Otoparts)

Jakarta – Saat ini ada beragam alternatif transportasi yang bisa digunakan oleh pemudik sebagai kendaraan ke kampung halaman. Sebut saja satu di antaranya sepeda motor. Sebenarnya mudik dengan mengendarai sepeda motor sudah dilarang sejak beberapa tahun belakangan, karena dinilai paling banyak menyumbang angka kecelakaan. Namun, apabila pemudik terpaksa harus menggendarai sepeda motor sebaiknya digunakan untuk rute perjalanan singkat saja.

Akan tetapi sangat disarankan juga untuk mempersiapkan kendaraan dengan baik. Jangan lupa lakukan enam hal berikuti ini sebagaimana disarankan oleh Astra Otoparts selaku produsen suku cadang kendaraan bermotor:

1. Melakukan pengecekan menyeluruh terhadap sepeda motor yang akan digunakan. Maksimal satu minggu sebelum keberangkatan. Jangan lupa untuk memperhatikan beberapa bagian penting seperti kaca spion, sistem kelistrikan, lampu-lampu, rem, dan penggerak berfungsi dengan baik.

2. Waspada saat berkendara dengan memperhatikan keadaan depan, belakang, kanan, dan kiri. Selalu jaga jarak antar kendaraan.

3. Pemudik menggunakan sepeda motor dihimbau untuk merencanakan perjalanan dengan baik termasuk mencari dan mengetahui jalan alternatif . Disarankan untuk tidak membawa banyak barang serta tidak lebih dari dua orang. Tujuannya supaya keseimbangan sepeda motor tetap terjaga.

4. Jika pengemudi sudah merasa lelah atau mengantuk sebaiknya berhenti sejenak dan beristirahat ditempat yang sudah ditentukan. Manfaatkan waktu istirahat dengan baik, dan jika ingin melanjutkan perjalanan tidak ada salahnya mengecek kembali sepeda motor.

5. Perhatikan juga perlengkapan berkendara wajib yang aman dan nyaman. Mulai dari helm, sarung tangan, jaket, masker, celana panjang, hingga sepatu. Kemudian siapkan pula jas hujan dengan warna yang mencolok.

6. Jangan melupakan hal-hal penting lainnya seperti surat-surat penting yang dibutuhkan ketika berkendara, kelengkapan alat untuk saat-saat emergency, serta peralatan P3K. Dengan melakukan pengecekan sepeda motor sebelum berangkan dan menjaga kondisi tubuh tetap bugar diharapkan mudik berjalan lancar dan menjadi momen membahagiakan bersama orang tersayang saat lebaran.

Promo menarik

Astra Otoparts melalui Shop&Bike dan Bike’s Corner yang melayani perawatan sepeda motor menyediakan berbagai promo menarik selama momen mudik. Di antaranya diskon ban 15 persen, trade ini aki sepeda motor, diskon oli, hingga diskon 30 untuk pembelian shock absorber.

Previous post
Ramadan 2019, Wuling Adakan Penawaran Khusus untuk Pegawai Negeri
Diler Mitsubishi Nusantara Berlian Cikokol
Next post
Dulu Punya Mazda, Sekarang Dealer Ini Jual Mitsubishi Xpander dan Kawan-Kawan