Berita

Hasil Tes Keamanan Baterai Wuling Air ev Diklaim Tahan Api dan Air

Jakarta — Wuling Air ev boleh dibilang merupakan mobil listrik kompak yang pantas mendapat sorotan lebih terutama pada aspek keamanan serta ketahanan baterai di dalamnya.

Wuling Air ev 2022

Wuling Air ev merupakan mobil listrik kecil untuk menunjang mobilitas perkotaan. (Foto: Wuling)

“Aspek keselamatan tentu menjadi prioritas dalam pengembangan kendaraan listrik, terutama pada komponen baterai dan sistem kelistrikan tegangan tingginya,” ujar Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko, Senin (26/7/2022).

Berdasarkan penuturannya, baterai Wuling Air ev telah melewati berbagai tes dengan hasil yang memuaskan.

“Pengujian ini bertujuan untuk memastikan keamanan serta ketahanan baterai (Wuling Air ev) dalam berbagai kondisi
pengoperasian,” imbuhnya, dikutip dari keterangan resmi yang Carmudi terima.

Wuling Air ev sendiri dibekali baterai lithium iron phosphate (LFP). Baterai, seperti pada umumnya, berfungsi sebagai penyimpan dan sumber daya energi untuk motor listrik mobil 4 penumpang ini.

Namun, demi menjamin semua aspek keselamatan dan keamanan dari mobil mungil ini, baterai Wuling Air ev pun telah lolos dari 16 model tes.

Beberapa skenario pengujian baterai tersebut di antaranya seperti tes jatuh, rotasi berulang, kebakaran, rendaman air, benturan sampai getaran pada frekuensi tertentu.

Secara detail, dari keterangan tertulis yang kami terima, pengujian dengan skenario kecelakaan pun telah dilakukan.

Baterai mobil dites jatuh dari ketinggian satu meter, dites dengan percepatan sampai 28G, hingga flip test seperti kondisi mobil terguling-guling.

Hasilnya, paket komponen baterai Wuling Air ev sukses bekerja secara normal.

Tak cukup sampai di situ, baterai pun dites pada kondisi ekstrem seperti pembakaran dengan suhu tinggi dan baterai tidak meledak.

Baterai LFP Wuling Air ev mendapat sertifikasi IP67 karena tahan terendam air. (Foto: Wuling Motors)

Baterai pun tidak terjadi kebocoran kala direndam ke dalam air, sehingga diganjar sertifikasi IP67. Ini membuktikan bahwa Wuling Air ev akan sangat aman saat melibas jalanan dengan kondisi banjir.

“Berbagai pengujian yang berhasil dilewati tersebut menunjukkan bahwa baterai Wuling Air ev aman dan tahan
digunakan di kondisi pemakaian di Indonesia,” klaim Danang.

Dirinya pun menyebutkan, Wuling Air ev sangat mudah dalam hal isi ulang dayanya. Oleh karenanya, bukan hal yang berlebih kalau menyebut Wuling Air ev merupakan solusi baru untuk mobilitas modern ramah lingkungan dan aman.

Wuling Air ev kini tengah dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) di JIExpo Kemayoran 22—31 Juli 2022.

Penulis: Dimas Hadi

Dimas Hadi

Menjadi jurnalis dan merangkap sebagai penulis konten otomotif di Carmudi sejak 2016. Masih terobsesi Toyota Starlet meski lebih sering mengemudikan Suzuki Ertiga karena cinta keluarga. Email: [email protected]

Related Posts

/