Reviews

Test Drive All New Hyundai Santa Fe: SUV Nyaman, Teman Keluarga Penjelajah

Setelah diumumkan pada akhir Oktober 2024, spesifikasi dan fiturnya, kami pun berkesempatan melakukan test drive All New Hyundai Santa Fe.

Carmudi pun mendapat kesempatan untuk mencoba SUV ini dalam acara media test drive All New Santa Fe dengan rute Garut-Bandung selama 2 hari.

test drive All New Hyundai Santa Fe

Secara kebetulan, kami pun mencoba varian Calligraphy 1.6T-GDi Hybrid.

Selayakanya sebuah kendaraan hybrid, varian ini menawarkan kombinasi mesin bensin dan motor listrik.

Berikut ulasan lengkap pengalaman berkendara kami baik sebagai pengemudi maupun penumpang.

Baca Juga: Minat SUV Hybrid, Pilih Hyundai Santa Fe atau Honda CR-V?

Impresi Berkendara All New Hyundai Santa Fe Hybrid

Test Drive All New Hyundai Santa Fe

Santa Fe terbaru ini memiliki dimensi yang terbilang besar, namun terasa ringan saat dikemudikan.

Kemudi yang presisi dan beragam fitur modern di kokpit menjadi nilai tambah.

Perjalanan dari Stasiun Padalarang menuju kawasan Kamojang di Garut menjadi momen di mana performa SUV ini benar-benar diuji.

Mesin 1.6L turbo hybrid yang menghasilkan tenaga puncak 235 PS pada 5.600 RPM memberikan performa optimal, bahkan di medan menantang seperti kawasan Kamojang dengan ketinggian 1.730 mdpl.

Dibandingkan generasi sebelumnya yang menggunakan mesin diesel, varian hybrid ini terasa lebih bertenaga.

Di jalan menurun dengan medan berbatu, fitur Downhill Brake Control (DBC) sangat membantu menjaga kendaraan tetap aman dan stabil.

Performanya pun sangat halus menahan laju mobil saat di turunan.

fitur Downhill Brake Control (DBC)

Fitur Downhill Brake Control (DBC). (Foto: Carmudi/Dimas)

Meski tersedia tiga mode berkendara (Eco, Sport, dan My Drive), kami belum sempat mencoba semuanya secara optimal karena sebagian besar perjalanan berada di jalur kota yang padat.

Namun, pada jalan tol saat perjalanan dari Bandung menuju Garut dan sebaliknya via Nagrek, transmisi otomatis 6-percepatan bekerja mulus, memberikan tenaga konstan yang sangat andal.

Performa Suspensi

Khusus terkait bantingan dari suspensi, All New Santa Fe ini kami nilai ‘cerdas’.

Sepengalaman kami mengendarainya, bantingan akan terasa cukup keras dan kaku ketika menerima guncangan saat pedal gas tetap diinjak. Sehingga, semisal bertemu polisi tidur atau jalan berlubang tapi kita tidak mengurangi kecepatan maka bantingannya akan terasa keras.

Namun sebaliknya, bila kita tahan laju mobil, maka penerimaan suspensi akan sangat lembut.

Performa suspensi di jalan tol sangat enak dan stabil, bahkan di kondisi jalan tol yang kurang rata maka ayunan Santa Fe terbaru ini sangat enak diterima.

Kenyamanan Penumpang Depan

Sebagai penumpang depan, kami merasakan kenyamanan premium berkat fitur-fitur seperti kursi berpendingin dan penghangat (ventilated & heated seat).

Fitur ini sangat berguna, terutama saat perjalanan yang kebetulan diguyur hujan sepanjang hari.

Pakaian yang lembab dan basah bisa tetap hangat dan nyaman saat duduk di jok dan mengaktifkan heater-nya.

Fitur auto climate control dual zone memungkinkan penumpang depan mengatur suhu sesuai preferensi, terpisah dari pengemudi.

Kursi depan juga dilengkapi fitur relaxation seat, memberikan posisi rileks yang ideal untuk perjalanan jauh.

Desain kabin yang modern dilengkapi head unit berupa layar lebar yang Hyundai sebut Panoramic Curved Display sebesar 12,3 inci.

Layar ini membentang dari belakang setir hingga tengah dasbor.

Sistem audio dari Bose semakin menambah kenyamanan dengan kualitas suara premium.

Salah satu fitur unik di kabin depan ini adalah UV-C Sterilization Multi Tray untuk membersihkan barang-barang seperti ponsel, kacamata, dan benda kecil lainnya dari bakteri.

Kompartemen yang tersedia juga cukup banyak, memudahkan penyimpanan barang selama perjalanan.

Kenyamanan Penumpang Baris Kedua

Di baris kedua, varian Hybrid Calligraphy yang kami uji bekonfigurasi 6-penumpang yang artinya jok tengahnya berjenis captain seat.

Jok berbahan kulit Nappa memberikan kenyamanan premium, dengan tambahan kompartemen fungsional untuk menyimpan botol atau gelas.

Tersedia pula beberapa colokan USB Type-C yang memungkinkan penumpang mengecas perangkat dengan mudah.

Konsol box tengah cukup unik lantaran dirancang praktis dengan akses dari dua arah; bisa dibuka-tutup baik dari kabin depan maupun tengah.

Kesan mewah semakin terasa dengan panoramic roof besar yang memberikan pemandangan luas, meningkatkan kenyamanan kami sebagai penumpang baris kedua.

Namun, ada sedikit kekurangan di baris kedua ini, yaitu tidak adanya sandaran kaki.

Kendati demikian, ruang kaki (legroom) dan kepala (headroom) tetap lega, memberikan kenyamanan maksimal.

Kenyamanan Penumpang Baris Ketiga

Meskipun selama sesi test drive kami tidak mencoba secara langsung, tapi kursi baris ketiga All New Santa Fe terpantau masih sangat ‘manusiawi’.

Legroom dan headroom masih terasa luas berkat dimensi yang panjang. Selain itu, kehadiran kaca samping dan panoramic roof sangat meminimalisir kesan sempit di baris belakang ini.

Tabel Spesifikasi All New Hyundai Santa Fe

Jenis Mesin 1.6T-GDi Hybrid
Kapasitas 1.598 cc
Jumlah Silinder 4-Silinder
Tenaga Maksimal Mesin 177,5 hp @ 5.500 rpm
Torsi Maksimal Mesin 266 Nm
Tenaga Maksimum Motor 44,2 kW
Torsi Maksimum Motor 264 Nm
Kapasitas Baterai 1,49 kWh
Transmisi 6-percepatan

Kelebihan All New Hyundai Santa Fe

Berikut ini beberapa kelebihan Hyundai Santa Fe terbaru yang coba kami rangkum:

  • Kendali setir mudah diadaptasi meski dimensi mobil tergolong besar
  • Performa mesin bisa sangat diandalkan baik di tol maupun rute non-aspal
  • Fitur canggih dan sangat fungsional
  • Sangat akomodatif sebagai kendaraan keluarga
  • Suspensi ‘cerdas’ meredam guncangan

Kekurangan All New Hyundai Santa Fe

Selain itu, kami juga mendapati beberapa kekurangan dari Hyundai Santa Fe terbaru:

  • Desain eksterior bagian belakang kurang mengesankan (tergantung selera)
  • Kursi belakang tidak ada fitur ventilated
  • Kabin seharusnya bisa lebih kedap

Konsumsi Bahan Bakar All New Hyundai Santa Fe

Meskipun memiliki bodi besar, efisiensi bahan bakar Santa Fe hybrid cukup mengesankan.

Gabungan mesin bensin dan motor listrik menghasilkan kinerja yang seimbang antara performa dan konsumsi bahan bakar.

Menurut catatan kami berdasarkan data yang keluar di MID, konsumsi BBM All New Hyundai Santa Fe menyentuh 15,2 km/L setelah menempuh perjalanan 200-an km dengan rute jalan kombinasi (urban, tol, dan non-aspal).

Tabel Harga All New Hyundai Santa Fe

Harga All New SANTA FE*
Prime 2.5 GDi AT Rp699.000.000
Prime 1.6T-GDi Hybrid AT Rp786.300.000
Calligraphy 2.5 GDi AT Rp784.500.000
Calligraphy 1.6T-GDi Hybrid AT Rp869.600.000
*(OTR Jakarta)

Kesimpulan Test Drive All New Hyundai Santa Fe

Selama kami melakukan test drive, All New Hyundai Santa Fe membuktikan bahwa bodi besar bukan berarti sulit dikendarai.

SUV ini menawarkan performa tangguh dan efisien, dilengkapi fitur-fitur canggih yang menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Sebagai kendaraan keluarga yang dirancang untuk petualangan, Santa Fe hybrid menghadirkan kombinasi sempurna antara kenyamanan, teknologi, dan keandalan.

Konsumsi BBM-nya pun cukup mengesankan dengan hasil tergolong irit.

FAQ

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering muncul tentang All New Hyundai Santa Fe.

Berapa konsumsi BBM Santa Fe?

Berdasarkan pengalaman kami test drive All New Santa Fe, secara keseluruhan kami mendapati konsumsi BBM-nya ‘hanya’ 15,6 km/liter. Namun, menurut pengetesan internal Hyundai, konsumsi BBM Santa Fe ini bisa menyentuh 17,6 km/liter.

Berapa harga All New Hyundai Santa Fe?

All New Hyundai Santa Fe tersedia dalam 4 tipe dengan harga mulai dari Rp699 juta hingga 869,6 juta (OTR Jakarta).

Santa Fe berapa penumpang?

All New Hyundai Santa Fe berkapasitas 6 penumpang untuk varian Calligraphy dan 7 penumpang untuk varian Prime.

Baca Juga: Bedah Spesifikasi Hyundai Santa Fe Hybrid

Penulis: Dimas Hadi

Dimas Hadi

Menjadi jurnalis dan merangkap sebagai penulis konten otomotif di Carmudi sejak 2016. Masih terobsesi Toyota Starlet meski lebih sering mengemudikan Suzuki Ertiga karena cinta keluarga. Email: dimas.hadi@icarasia.com

Related Posts