Mobil

Test Drive Honda HR-V SE di “Habitatnya”, Berguncang di Situgede

Bogor — Carmudi berkesempatan melakukan test drive All New Honda HR-V tipe SE CVT selama beberapa hari untuk berkendara di sekitaran Jabodebek.

test drive Honda All New HR-V di jalan semi off road

Test drive All New Honda HR-V tipe SE CVT di trek non-aspal. (Foto: Carmudi/Mada)

Kami mencoba All New HR-V ini dengan tujuan merasakan bantingan mobil-mobil Honda yang terkenal cukup keras, tapi tidak mengurangi sensasi fun to drive di jalanan perkotaan.

Namun, rasa penasaran muncul mengingat mobil ini merupakan pemain di segmen SUV kompak.

All New Honda HR-V berkelir Sand Khaki Pearl Two Tone yang kami pinjam ini pun diajak ke kontur jalan berlumpur dan berkubang di daerah Situgede, Bogor.

Test drive Honda HR-V di jalan semi off road

All New Honda HR-V dicoba di jalanan semi off road. (Foto: Carmudi/Mada)

Trek yang kami pilih ini bisa dibilang semi off road karena sejatinya ini adalah jalanan beraspal, tapi karena rusak parah dan berada di tengah hutan penelitian maka kami sebut demikian.

Panjang jalannya sekitar 500an meter, tapi ini kami nilai sudah cukup mewakili habitat SUV sebenarnya, khususnya bagi HR-V.

Performa suspensi All New HR-V meredam guncangan pun menjadi perhatian; seperti apa rasanya di dalam kabin.

Jika mengingat ke perjalanan sehari-hari melewati jalanan rata aspal maupun beton, memang sedikit kaku khas Honda guna menciptakan stabilitas dan handling yang baik.

Dan itu kami nilai berhasil.

Test drive Honda HR-V di jalan semi off road

Test drive All New Honda HR-V di kecepatan rendah. (Foto: Carmudi/Mada)

Kembali ke trek rusak dan penuh kubangan semi off road.

Berjalan dengan kecepatan rendah seputar 5—10 km/jam, ekspektasi akan menerima guncangan yang bikin mual perut rupanya tidak ada.

Namun, ketika digas cukup dalam di sekitar 20—40 km/jam jangan harap tidak ada guncangan di dalam kabin, ya.

Bantingan keras masih terasa, tapi rasa empuk juga ada setelahnya.

Jadi, dalam pemakaian normal, performa suspensi depan All New Honda HR-V yang menggunakan MacPherson Strut dan H-Shape torsion beam di belakang pun kami nilai cukup baik.

Test drive Honda HR-V di jalan semi off road

All New Honda HR-V menggunakan pelek 18 inci dibalut ban berukuran 225/50. (Foto: Carmudi/Mada)

Bukan cuma itu, ban ukuran 225/50 yang membalut pelek 18 inci juga dirasa berperan besar untuk memberikan kenyamanan berkendara HR-V.

Jok semi bucket berbahan kulit juga kami rasa mampu memberikan performa terbaik menjaga kenyamanan berkendara melewati kubangan besar sekalipun.

Jok semi bucket All New Honda HR-V

Jok semi bucket All New Honda HR-V. (Foto: Carmudi/Mada)

Ya, rupanya memang tak salah jika menyebut All New Honda HR-V sebagai salah satu SUV kompak terbaik di Indonesia.

Hanya saja performanya di jalanan off road memang masih jauh di bawah kakaknya; Honda CR-V.

Mesin All New Honda HR-V

Mesin All New Honda HR-V SE CVT. (Foto: Carmudi/Mada)

Di atas kertas, All New Honda HR-V SE CVT dibekali mesin 1.497cc, 4 silinder, DOHC, 16 katup, VTEC, drive by wire.

Mesin tersebut diklaim Honda mampu hasilkan tenaga sebesar 119 hp @6.000 rpm dan torsi maksimal 145 Nm @4.300 rpm.

Galeri Foto Test Drive Honda HR-V di Jalan Semi Off Road

Berikut ini adalah koleksi foto Carmudi saat test drive Honda HR-V di Situgede, Bogor, Jawa Barat.

Penulis: Dimas Hadi
Foto: Mada Prastya

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Dimas Hadi

Menjadi jurnalis dan merangkap sebagai penulis konten otomotif di Carmudi sejak 2016. Masih terobsesi Toyota Starlet meski lebih sering mengemudikan Suzuki Ertiga karena cinta keluarga. Email: dimas.hadi@icarasia.com

Related Posts