Reviews

Test Drive Kijang Innova Zenix V Modellista: Sahabat Jalan Tol!

Kami baru saja melakukan test drive Toyota All New Kijang Innova Zenix tipe V dengan opsional bodi menggunakan Modellista dari Jakarta menuju Semarang, Jawa Tengah.

Sesi test drive kali ini kami menghadiri undangan yang dilayangkan langsung oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada Senin-Selasa (19-20/12/2022). 

Dalam pengujian ini, TAM menyediakan 8 mobil 2 tipe Innova Zenix yang terdiri dari V dan Q TSS Hybrid.

test drive innova zenix

Test drive Toyota All New Kijang Innova Zenix

Kami berkesempatan mencicipi V untuk memulai perjalanan menuju Semarang.

Lantas, seperti apa impresi berkendaranya?

Test Drive Toyota Kijang All New Innova Zenix V

Perangkat Hiburan

Ketika memulai perjalanan, kami harus rela menjadi penumpang depan terlebih dulu untuk menuju Cirebon, Jawa Barat.

Kota udang tersebut menjadi tempat perhentian sekaligus makan siang bersama dengan rekan media lain.

Pada saat memulai perjalanan, kami mencoba mengeksplorasi fitur yang bisa dinikmati selama perjalanan.

Ketika duduk di depan, harus diakui jika aura kabin Innova Zenix tipe V memang tidak semenarik tipe Q TSS hybrid.

Beberapa bagian dasbor terlihat lebih monoton ketimbang tipe di atasnya.

Walaupun dasbornya sudah menggunakan kombinasi antara material plastik dan soft pad, tetapi harus diakui desainnya lebih monoton dan kalem.

test drive innova zenix

Interior Innova Zenix tipe V

Tipe Modellista sendiri lebih mengedepankan sisi eksterior yang terlihat lebih gondrong berkat penyematan gril depan, spoiler bumper depan, side skirts, dan bumper belakang.

Pada dasbor sisi penumpang jok depan juga terdapat ruang penyimpanan yang disertai lighter charger.

Fitur ini tentu memudahkan penumpang agar bisa mengisi daya gadget ketika berada di dalam mobil.

Tempat penyimpanan pada dasbor ini memang tak terlalu besar, tapi bisa digunakan untuk menaruh handphone dan beberapa benda berukuran kecil. 

Konektivitas yang ada pada head unit berukuran 10 inci ini bisa dibilang menjadi poin utama bagi kami yang tengah eksplorasi fitur saat itu.

Pada head unit tersebut ada beberapa fitur yang memanjakan seperti Android Auto, Apple CarPlay, bluetooth, wi-fi, voice recognition, navigasi, dan NFC untuk mengecek sisa saldo yang ada di kartu elektronik.

Head unit 10 inci dilengkapi dengan berbagai macam hiburan

Untuk bisa menyambungkan koneksi ke handphone juga cukup mudah.

Penumpang hanya perlu melakukan sinkronisasi antara handphone ke head unit yang ada di bagian Setting.

Sepanjang perjalanan kami juga memanfaatkan konektivitas Android Auto untuk menyetel lagu favorit di dalam mobil agar tidak bosan.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker terbilang biasa saja, tetapi enaknya penumpang bisa mengatur setelan equalizer sesuai selera.

Adanya konektivitas ini tentu memudahkan pengemudi agar bisa melihat tampilan maps dengan jelas. 

Posisi Duduk Penumpang Depan

Sepanjang perjalanan dari Jakarta hingga Cirebon, posisi duduk yang diberikan tergolong nyaman.

Kabin Innova Zenix bisa dibilang sedikit lebih lega dibanding generasi sebelumnya.

Hal ini dapat dirasakan ketika mencari posisi duduk ideal.

Ruang kaki dan kepalanya masih sangat lega dan mudah mendapatkan posisi nyaman.

Test drive Toyota All New Kijang Innova Zenix

Sayang, pengaturan jok penumpang masih diatur secara manual lewat tuas di sisi kiri.

Tetapi, hal ini justru lebih kami sukai lantaran bisa lebih cepat dan mudah mengatur reclining jok.

Walaupun alangkah baiknya kedua jok depan Innova Zenix ini sudah dilengkapi pengaturan kursi elektrik.

Impresi Berkendara

Setelah sampai di Cirebon untuk makan siang, kami bertukar posisi untuk menjadi pengemudi.

Impresi pertama kami ketika duduk di balik setir yakni besar.

Ya, Toyota All New Kijang Innova Zenix ini serasa lebih besar ketika dikendarai dibandingkan Innova Reborn. 

Posisi tuas transmisi yang berada lebih tinggi tentu membuat perpindahan gigi menjadi lebih mudah.

Adanya fitur rem parkir elektrik dan brake hold juga sangat membantu pengemudi agar tak sering menginjak pedal rem saat macet.

Perjalanan test drive Toyota All New Kijang Innova Zenix menuju Semarang dan Yogya

Untuk mendapatkan posisi ideal pun juga tidak sulit. Pengaturan jok juga masih manual lewat tuas yang ada di sisi kanan jok.

Ketika mengemudi Toyota All New Kijang Innova Zenix ini kami merasa jika kerja sama antara mesin dan transmisi terasa halus.

Hal ini tentunya disebabkan oleh penyematan mesin baru serta transmisi CVT pada Kijang generasi ke-7 ini.

Mesin yang tertanam di balik kap mesin menggunakan kode M20A-FKS dengan spesifikasi di bawah ini. 

Mesin Toyota All New Kijang Innova Zenix V Modellista

Kapasitas  1.987 cc
Jumlah silinder 4 silinder 
Teknologi  DOHC, chain drive Dual VVT-i
Tenaga  171 hp @6.600 rpm
Torsi  204,9 Nm @4.500-4.900 rpm
Transmisi  Otomatis CVT
Kapasitas tangki  52 liter

Saat di Cirebon, kami melewati jalur non-tol. Ketika digunakan di kecepatan rendah, mesin menyalurkan tenaga cukup optimal.

Pengemudi tak perlu menginjak pedal gas cukup dalam lantaran tenaga tersalurkan secara perlahan.

Namun, ketika disentak mobil akan mengeluarkan torsi yang terasa cukup besar tapi tetap mudah dijinakkan.

Memasuki jalan tol, kami pun penasaran untuk mencoba Toyota All New Kijang Innova Zenix tipe V Modellista ini untuk sedikit berolahraga.

Mesin Kijang Innova Zenix tipe V

Hasilnya mobil masih bisa diajak melaju hingga kecepatan 160 km/jam.

Pada kecepatan tinggi mobil memang terasa limbung, namun kualitas handling-nya membaik dibandingkan Innova Reborn.

Perlu diingat juga jika ini adalah sebuah mobil keluarga yang seharusnya tidak diajak untuk melaju dalam kecepatan tinggi.

Kami melakukan hal tersebut hanya untuk menguji performa mesinnya saja sekaligus menjawab rasa penasaran ketika melibas kecepatan tinggi.

Ketika melaju di jalan tol karakter suspensinya bisa dibilang sedikit lebih keras dibanding Innova Reborn.

Walau lebih keras, bukan berarti menghilangkan kenyamanan sepenuhnya.

Mobil ini justru jauh lebih nyaman ketika masuk jalan tol dibanding jalan biasa menurut kami.

Bahkan konsumsi BBM sepanjang perjalanan tol sangat baik, bisa mencapai 1:21 km/liter.

Angka tersebut bisa didapatkan dengan catatan kecepatan harus dijaga tak melebihi 60 km/jam dengan putaran mesin di bawah 2.000 rpm.

Lelet, ya?

Test drive Toyota All New Kijang Innova Zenix

Memang. Tapi ini cara yang bisa dilakukan supaya mobil bisa menghasilkan konsumsi BBM yang sangat baik. 

Angka konsumsi BBM Innova Zenix non hybrid ini kami dapat setelah menempuh jarak lebih kurang 100 km. 

Sedangkan konsumsi BBM dalam kota ada di kisaran 1:9-10 km/liter yang mana ini sedikit lebih baik dari generasi Innova Reborn. 

Sepanjang perjalanan dari Cirebon ke Semarang kami merasa jika Innova Zenix memang lebih baik dibanding generasi Reborn.

Kekurangan Innova Zenix Tipe V

Walaupun demikian, kami memiliki beberapa catatan pada Toyota All New Kijang Innova Zenix tipe V ini. 

Pilar A menurut kami terasa cukup mengganggu visibilitas sisi samping, terutama saat hendak berbelok.

Belum adanya pengaturan jok elektrik tentu sedikit menimbulkan rasa kecewa bagi pecinta mobil modern.

Pasalnya mobil dengan harga di atas Rp400 jutaan ini belum dibekali jok elektrik di bagian depan.

Mudah-mudahan ke depannya TAM bisa mengakomodir hal ini, ya.

Jika duduk di baris kedua, kisi AC yang berada di sisi samping menurut kami sangat mengganggu.

Hembusan angin AC akan terasa langsung ke bagian kepala yang mana bisa membuat penumpang cepat pusing.

Interior Kijang Innova tipe V

Seandainya kisi AC baris kedua ini bisa dibuat lebih mundur ke belakang tentu akan lebih nyaman bagi penumpang baris kedua.

Ini menjadi catatan kami yang sempat duduk di baris kedua dan melihat semburan AC-nya langsung mengarah ke kepala.

Kekurangan terakhir yang kami temukan yakni adanya suara-suara di baris ketiga saat kursi dilipat.

Pada saat test drive, jok baris ketiga kami lipat untuk dijadikan tempat penyimpanan tas.

Suara-suara ini terdengar saat kami sedang berkendara di jalan tol dan jalan biasa.

Kami menduga jika suara ini berasal dari benturan jok baris ketiga yang tengah dilipat.

Awalnya mungkin terdengar biasa saja, namun lama kelamaan suara-suara ini cukup mengganggu penumpang dan pengemudi.

Atau dugaan kami bisa saja salah, siapa tahu suara ini berasal dari tas-tas kami yang disimpan di bagasi.

Setidaknya catatan ini lah yang kami dapatkan ketika melakukan test drive Toyota All New Kijang Innova Zenix tipe V dari Jakarta menuju Semarang.  

Kesimpulan Test Drive All New Toyota Kijang Innova Zenix V Modellista

Dengan tampilan baru, mesin baru, fitur yang lebih kaya tentunya Innova Zenix bisa jadi pilihan mobil keluarga dengan kenyamanan mumpuni.

Terlebih penumpang baris kedua bisa mengakses rear seat entertainment (RSE) yang masing-masing ada di belakang jok depan.

Dalam layar tersebut terdapat pilihan hiburan seperti musik, YouTube, Netflix, dan lain sebagainya.

Maka dari itu kami setuju jika Innova Zenix ini lebih cocok dijadikan sahabat di jalan tol dibandingkan jalan biasa.

Hiburan yang diberikan seakan mengakomodasi kebutuhan perjalanan jarak jauh yang akan dilewati pemiliknya. 

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play StoreDownload Carmudi di App Store

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts