Home » Berita » Test Drive New Honda BR-V, Lebih Mewah dan Elegan

Test Drive New Honda BR-V, Lebih Mewah dan Elegan

Jepara – Pada pekan lalu, tepatnya hari Kamis-Jumat (2-3/5), PT Honda Prospect Motor (HPM) mengadakan sesi test drive New Honda BR-V. Mobil ini merupakan varian terbaru  dan baru saja diluncurkan pada pembukaan IIMS 2019 lalu. Kira-kira, apa saja yang berubah dari New Honda BR-V ini?

New Honda BR-V
Test drive New Honda BR-V

Secara kasat mata, New Honda BR-V ini memiliki ubahan di bagian eksteriornya saja. Tetapi, sebenarnya di bagian interiornya pun juga turut mendapatkan ubahan dari HPM. Sesi test drive yang disediakan oleh HPM dimulai dari Semarang, Jawa Tengah menuju wilayah Jepara, Jawa Tengah. Perjalanan yang kami tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Eksterior New Honda BR-V

Kita mulai dengan membahas eksterior New Honda BR-V. Di bagian depan dan belakang, HPM memberikan ubahan pada wajah BR-V. Pada bagian depan terdapat LED DRL baru, fog lamp garnish, desain grill dan bumper yang baru. Selain itu, warna kisi grill yang semula krom diubah menjadi hitam agar memberikan kesan sporty dan elegan.

New Honda BR-V
New Honda BR-V

Di bagian belakang, yang baru hanya terjadi pada desain bumper, under spoiler dan desain velg yang baru. Dengan ubahan tersebut, kami setuju jika New Honda BR-V yang diluncurkan ini menjadi lebih mewah dan lebih elegan dibanding yang sebelumnya. Selain dari hal yang disebutkan di atas, Honda BR-V masih dibekali dengan over fender hitam doff dan roof rail di bagian atap.

Interior New Honda BR-V

Di bagian dalam, apa saja yang terkena ubahan? Hal paling jelas yang mendapatkan ubahan adalah pada bagian jok. Kini joknya menggunakan bahan kulit yang dipadukan antara warna hitam dan merah di bagian tengah. Paduan warna ini membuat New Honda BR-V semakin elegan. Oiya, dashboardnya juga memiliki aksen panel patern yang baru. Head unit terintegrasi gadget dan bluetooth juga ditanamkan demi menambah kenyamanan.

New Honda BR-V
New Honda BR-V

Setir dari Honda BR-V terbaru ini juga mendapatkan tombol AC baru yang sudah dilengkapi pengaturan auto. Untuk menyalakan mesin, BR-V baru ini juga sudah menggunakan kunci keyless dan tombol start/stop button yang membuatnya semakin kekinian.

Setir, tuas transmisi juga dilapis bahan kulit dengan jahitan asli. Ubahan ini membuat kedua komponen tersebut nyaman untuk digenggam. Sandaran tangan di setiap pintu juga mendapatkan bahan kulit, membuat sanggahan tangan menjadi lebih nyaman.

New Honda BR-V
New Honda BR-V

Tak lupa, tweeter baru yang menempel di bagian pintu juga menambah kualitas audio di dalam kabin. Selebihnya, Honda BR-V ini masih sama dengan generasi yang sebelumnya. Instrumen cluster yang digunakan juga tidak berubah, masih sama dengan versi sebelumnya. Salah satu hal yang baru ada di bagian jok pengemudi kini dapat diatur ketinggiannya melalui tuas yang terdapat di sebelah kanan.

New Honda BR-V
New Honda BR-V

Pengemudi kini dapat mengatur ketinggian jok dengan nyaman dan mudah lewat tuas manual. Setir juga dapat diatur melalui pengaturan tilt steering (naik-turun). Head unit yang digunakan pada varian baru ini juga bisa melakukan konektifitas smartphone dengan aplikasi weblink. Tombol pengaturan audio dan mode di setir bagian kiri juga memudahkan untuk pengaturan saat sedang berkendara.

Performa Mesin New Honda BR-V

Setelah melihat ubahan pada eksterior dan interior, bagaimana dengan performa mesin? Mesin yang ditanamkan pada BR-V baru ini masih menggunakan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya. Mesin tersebut berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, i-VTEC yang dapat mengeluarkan tenaga 118 hp dengan torsi 145 Nm. Mobil yang kami gunakan saat test drive merupakan BR-V tipe Prestige dengan transmisi otomatis CVT with Earth Dreams Technology.

Mesin yang dipakai bisa dibilang tak mendapatkan ubahan apapun. Settingnya masih sama, tak ada ubahan dengan versi sebelumnya. Suspensi yang digunakan juga tergolong sama dengan versi sebelumnya. Oiya, New Honda BR-V ini ditawarkan juga dengan transmisi manual 6 percepatan. Mobil ini dilengkapi dengan Eco indikator yang sudah lolos uji Euro4.

Handling New Honda BR-V

Rute yang kami lalu merupakan jalur Pantura trans Jawa. Kondisi jalan yang cukup padat dengan kontur jalan bergelombang membuat kami mendapatkan impresi yang cukup tentang New BR-V ini. Pada saat melaju di kecepatan rendah, mobil ini terasa cukup senyap berkat ubahan yang dilakukan oleh Honda. Kami pun sembari mencoba head unit baru dengan koneksi bluetooth yang ada.

New Honda BR-V
New Honda BR-V

Sembari melaju, koneksi pun tersambung. Audio dalam mobil seakan memanjakan telinga. Kualitas audio New Honda BR-V ini terasa lebih baik. Dentuman bass, treble dan mid range masih dapat diatur sesuai selera pada bagian setting. Kualitas audio yang diberikan semakin membuat keadaan dalam kabin menjadi menyenangkan dan nyaman. Tak terasa kami pun sudah melaju dalam kecepatan 100 km/jam.

Selama perjalanan, rombongan test drive dikawal oleh Polisi hingga menuju Jepara. Posisi pengawalan dengan jarak yang cukup ketat dan ritme yang cepat membuat kami harus berkendara dengan sigap. Kami yang tadinya menggunakan mode D (drive) langsung memindahkan tuas transmisi ke posisi S (Sport). Posisi transmisi S ini sangat cocok digunakan untuk mengejar kawalan yang cukup kencang ini.

Mesin yang tertanam pada tubuh BR-V ini seakan memberikan kemampuan terbaiknya. Tenaganya galak mulai dari rpm rendah hingga tinggi. Soal suspensi, bantingan yang diberikan juga cukup nyaman dan lumayan empuk. Mungkin saja ini dikarenakan mobil hanya diisi oleh 3 orang saja. Mungkin hal ini berpengaruh pada suspensi yang dihasilkan dari bagian depan dan belakang. Beban yang diberikan juga tak terlalu berat. Ketika diajak melibas tikungan, BR-V baru ini juga lumayan asyik terutama pada saat kecepatan tinggi.

Kenyamanan Jok Baru New Honda BR-V

Dengan menggunakan bahan kulit dan cuttingan yang baru, jok ini memang terasa lebih empuk dan nyaman. Sepanjang perjalanan, saya tidak menggerakkan badan sama sekali untuk mencari posisi ternyaman. Terkadang, dalam perjalanan jauh saya sesekali mencari posisi duduk ternyaman agar lebih rileks. Genggaman tangan dalam memeluk setir juga terasa nyaman berkat lapisan kulit. Hal tersebut juga terasa saat memindahkan transmisi.

New Honda BR-V
New Honda BR-V

Duduk di baris kedua, posisi nyaman juga cukup terasa. Lapisan kulit ini membuat kenyamanan dalam kabin pada New Honda BR-V ini bertambah. Sayangnya, kami tidak mencoba untuk menduduki posisi di baris ketiga. Hal ini dikarenakan karena cepatnya ritme perjalanan yang dikawal oleh pengawalan Polisi. Hal ini juga yang kami rasa menjadi kurang nyaman dalam berkendara karena harus menjaga jarak dengan kendaraan pengawalan.

Honda BR-V terbaru tersedia dalam empat varian dengan harga mulai dari Rp 238 juta untuk BR-V varian S transmisi manual dan Rp 252,5 juta BR-V E manual. Sedangkan untuk versi transmisi otomatis CVT ada varian E CVT Rp 262,5 juta dan Prestige CVT Rp 279,5 juta.

New Honda BR-V
New Honda BR-V

Fitur Keamanan

New Honda BR-V ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur keamanan. Mulai dari rem ABS, dual airbag, EBD, vehicle stability assist, dan hill start assist. Selain itu, ada juga seatbelt reminder dan pretensioner with load limiter di bagian seatbelt pengemudi. Tak kalah dengan adanya ISOFIX dan Tether membawa anak di belakang juga tak perlu cemas. Struktur mobil yang terdiri dari G Construction dan side impact beam tentunya menambah keamanan bagi pengguna New Honda BR-V. (dol)

New Honda BR-V
New Honda BR-V
DFSK Glory 580
Previous post
Jelang Musim Mudik, DFSK Glory 580 Siap Untuk Dibawa Mudik
Next post
Perbandingan Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander, Duel Mobil Keluarga Favorit