Test Drive New Honda City : Selangkah di Depan Toyota Vios
Tangerang – Honda Indonesia mengajak puluhan jurnalis media nasional merasakan cita rasa dari New Honda City, small sedan yang baru diluncurkan pertengahan bulan Maret 2017 lalu.
Sebanyak 60 media cetak dan online mendapat kesempatan merasakan performa 10 unit New Honda City yang disediakan. Untuk lokasi test drive, Honda Prospect Motor (HPM) memilih daerah Alam Sutera, Tangerang, Banten.
Seperti yang diberitakan Carmudi Indonesia sebelumnya, meski saat ini segmen sedan bukan model kendaraan favorit konsumen di Indonesia, namun Honda merasa penting untuk melakukan maintenance terhadap model ini.
New Honda City pun hadirkan berbagai perubahan di sektor eksterior dan interior yang kini tampil dengan desain tajam, dinamis, sporty dan makin mewah.
“New Honda City diciptakan untuk mempresentasikan kesuksesan serta membawa kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Kami percaya penyegaran ini akan memberikan nilai lebih bagi konsumen dan meneruskan kesuksesan model ini di Indonesia,” ucap Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director HPM, Kamis (20/4) di The Spoke, Alam Sutera, Tangerang Banten.
Isi Konten
Small Sedan Pertama Pakai Full LED dan DRL
Melihat wujud New Honda City, mungkin banyak yang bertanya, apa sih yang diubah pada tampilan small sedan pesaing Toyota Vios ini. Karena sekilas memang nampak sama dengan pendahulunya.
Tapi saat menegaskan penglihatan di bagian headlamp baru kelihatan. Teknologi full LED sudah disematkan pada headlamp berpadu lampu Daytime Running Light. Tentunya ini menjamin rasa aman saat mengendarai Honda City di kala hujan maupun pada malam hari. Untuk kelas small sedan, cuma Honda City yang kasih fitur ini.
Sementara All New Toyota Vios masih pakai headlamp sistem HID, menjadikan Honda City selangkah di depan.
Yang baru dari New Honda City juga ada pada bagian alloy wheel berdimensi 16″ yang sekarang menggunakan desain baru, makin terlihat sporty.
Masih dari bagian eksterior, New Honda City sekarang juga hadir dengan kaca spion yang dilengkapi LED turning signal, mewah layaknya sedan-sedan kelas atas.
Kabin Mewah Pakai Head Unit Smart 8″
Cukuplah ngebahas soal eksterior. Sekarang giliran Carmudi Indonesia masuk menerawang sisi kabin New Honda City. Wuih, panel dashboard-nya makin terkesan premium pakai warna Gun Metal Garnish.
Sementara di bagian meter cluster, kesan modern hadir lewat White Illumination yang semakin memperjelas tampilan Multi Information Display (MID) saat membaca informasi penting kala berkendara, khususnya di malam hari.
Nah, ini yang paling menarik. Perangkat hiburan terbaru menggunakan Smart 8″ Floating A/V System yang bisa dikoneksikan ke perangkat smartphone berbasis iOS dan Android. Mau dengerin lagu-lagu favorit sembari nyetir di kemacetan Jakarta bukan masalah.
Apalagi pada lingkar kemudinya sudah tersedia Audio Steering Switch. Gonta-ganti lagu ataupun setel volume dibuat makin mudah tanpa harus mengganggu fokus ke jalan.
Test Drive Kurang Maksimal
Kita sudahi bicara fitur apa yang ditawarkan oleh Honda City. Tangan dan kaki rasanya sudah gatal untuk ngebejek pedal gas muter-muter di sekitaran Alam Sutera. “Engine ON!”
Untuk menyalakan mesin cukup mudah kok. Cukup tekan tombol Start/Stop sambil injak pedal rem, mesin sontak hidup. Oh iya, tombol Start/Stop ada di sisi sebelah kiri kemudi dan sudah dilengkapi lampu kedip. Mudah sekali untuk menemukannya.
Suara mesin dari New Honda City “nyaris tak terdengar”, kurang lebih seperti itu kalimat iklan menggambarkan kualitas kekedapan kabin saat mesinnya menyala. Saatnya pindahkan tuas ke posisi D (drive) dan lepas pijakan rem. Yesss, berasa orang kaya bawa sedan keliling Alam Sutera.
Sayangnya Carmudi tidak bisa menceritakan dengan gamblang dan panjang lebar apa yang ditawarkan oleh mesin berkapasitas 1500 cc SOHC i-VTEC yang digendong New Honda City. Kondisi jalan Alam Sutera sore hari tidak memungkinkan untuk menguji lebih lagi performa mesinnya.
Tapi kalau intip dari spesifikasinya, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 120 Ps di 6.600 rpm dengan torsi 14,8 Nm pada putaran 4.600 rpm. Dan Honda sendiri mengklaim tenaga Honda City sebagai yang terbesar di kelasnya.
Meski tak bisa diajak ngebut karena kondisi lalu lintas yang cukup padat, minimal Carmudi masih bisa ngerasain bagaimana responsifnya tenaga mesin New Honda City. Hanya dengan sedikit pijakan lembut pada pedal gas, sedan seharga 322 juta rupiah ini pun langsung melaju. Artinya memang sangat terasa kalau tenaganya cukup responsif.
Satu hal lagi, kalau mau ngerasain sensasi manual pada varian CVT, tinggal geser tuas aja ke posisi S (Sport), dan tempatkan jari pada paddle shift di sisi kanan-kiri kemudi untuk mengatur naik-turun transmisi. Atau kalau kalian masih menganut prinsip “the real man use three pedals”, mungkin varian manual yang berbanderol 312 juta rupiah merupakan pilihan tepat.
Oke, mungkin lain kali Carmudi bisa bercerita lebih jauh soal performanya. Honda cuma ngasih waktu tidak lebih dari 60 menit untuk putar-putar Alam Sutera. Belum lagi Carmudi harus nyari spot bagus untuk foto. Rasanya terlalu singkat banget sehingga test drive pun kurang maksimal.
Pesan Carmudi untuk Honda Indonesia, lain kali kalau test drive-nya di dalam kota, coba difikirin track yang lebih jauh. Nyetir dari Citos ke Alam Sutera misalnya, biar lebih puas. Oke?
Kesimpulan
New Honda City sekarang sudah selangkah lebih maju dibanding kompetitornya. Penggunaan headlamp full LED dengan DRL sudah cukup menempatkannya menjadi small sedan yang mewah. Sementara kompetitor masih berkutat dengan lampu HID.
Belum lagi paket interior mewah seperti head unit canggih yang disematkan di New Honda City. Sudah bisa koneksi smartphone berbasis iOS dan Android, cocoklah untuk tongkrongan pengusaha sukses.
Tapi sayang, New Honda City tidak banyak menawarkan pilihan tipe pada konsumen. Hanya tipe E dengan varian transmisi otomatis dan manual saja. Tidak ada opsi untuk konsumen berbajet kurang dari 300 juta rupiah yang menginginkan mobil sedan.
Sementara lawannya, Toyota Vios, punya 3 tipe berbeda dengan dua varian transmisi di masing-masing tipe. Total ada 6 pilihan dengan rentang harga termurah mulai dari 268,1 juta rupiah, sampai yang termahal di harga 315,4 juta rupiah.
Artinya, konsumen yang punya duit dibawah 300 juta rupiah tapi mau pakai mobil sedan, tak punya pilihan lain selain beli yang merek kompetitor. Jadi mending intip saldo di Bank dulu aja….. (Zie)
Spesifikasi New Honda City
Mesin | CVT | M/T | |
Tipe | 1.5LSOHC 4 Silinder segaris 16 katup i-VTEC + DBW | ||
Sistem Suplay Bahan Bakar | PGM – FI | ||
Diameter x Langkah | (mm) | 73.0 x 89.4 | |
Isi Silinder | (cc) | 1.497 | |
Perbandingan Kompresi | 10,3 : 1 | ||
Daya Maksimum | kw(PS)/rpm | 88 (120)/6.600 | |
Momen Puntir Maksimum | Kg.m(Nm)/rpm | 14.8 (145)/4.600 | |
DIMENSI | |||
Panjang x Lebar x Tinggi | (mm) | 4.442 x 1.694 x 1.477 | |
Jarak Sumbu Roda | (mm) | 2.600 | |
Jarak Pijak Depan/Belakang | (mm) | 1.476 / 1.465 | |
TRANSMISI | |||
Tipe | CVT with Eart Dream Technology | 5 speed | |
SISTEM KEMUDI | |||
Tipe | Electric Power Steering | ||
Tilt & Telescopic Steering | v | ||
SISTEM REM | |||
Depan | Ventilated Disc | ||
Belakang | Drum | ||
ABS+EBD+BA | v | ||
SISTEM SUSPENSI | |||
Tipe | Front | MacPherson Sturt | |
Rear | H-Shape Torsion Beam | ||
BAN | |||
Ban | 185/55 R16 | ||
Roda | Alloy Wheel 16” |