Berita Mobil Reviews

Suzuki New Ertiga Hybrid : Tarikan Enteng Bertenaga Tidak Bikin Kantong Jebol

Bogor – Memenuhi undangan Suzuki Indomobil Sales, Carmudi Indonesia hadir diantara 45 jurnalis peserta Media Test Drive Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid yang meluncur Selasa (7/2) di U-Thai, SCBD, Jakarta.

Usai diluncurkan, tanpa menunggu lama seluruh peserta masuk ke unit Suzuki Ertiga yang sekarang sudah dimodali mesin baru, diesel dengan kode D13A.

Desain eksterior tidak banyak berubah pada Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid. Foto Carmudi Indonesia/Zie

 

Klaim dari Suzuki Indonesia, mobil ini iritnya gokil, 1 liter bisa tembus 22,6 km. Tapi ingat, Suzuki hanya merekomendasikan untuk di isi dengan bahan bakar diesel dengan Cetane number 51 (Dexlite), sukur sukur pakainya Pertadex.

Untuk keberangkatan awal, Jakarta menuju Bogor, Carmudi Indonesia kebagian jatah menjadi penumpang.

Ada Fitur Heater di Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid, Untuk Apa?

Masuk kabin fokus mata langsung kesedot di warna interior Suzuki New Ertiga Hybrid. Entah mengapa Suzuki doyan benar sama warna interior berwarna terang.

Dashboard Suzuki New Ertiga DIesel Hybrid dengan two tone colour. Foto Carmudi Indonesia/Zie

 

Sementara dari penilaian Carmudi Indonesia, interior dengan warna terang bikin cepat bosan. Belum lagi resiko cepat kotor dan susah bersihinnya.

Masih di seputar interior, kali ini fokus Carmudi Indonesia tertuju pada soal head unit yang ada di tengah tengah dashboard. Sayang, Suzuki tidak membawa head unit Ertiga Dreza.

Padahal kalau mau jujur, head unit jadi salah satu fitur penting yang diharapkan konsumen. Semakin canggih sistem entertainment dalam sebuah kendaraan, bakal menambah minat konsumen, benar gak sih?

Head unit Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid terlalu sederhana. Foto Carmudi Indonesia/Zie

 

Untungnya Suzuki masih bisa menyiasati hal ini dengan memberikan audio steering wheel controls. Kontrol volume audio atau gonta ganti channel dan lagu jadi mudah tanpa harus mengganggu konsentrasi saat nyetir.

Kualitas suara audio juga mumpuni berkat hadirnya dua tweeter di kanan-kiri dashboard bagian atas. Kelemahan tadi setidaknya bisa terobati lah.

Tambahan tweeter di sistem audio system Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid cukup membantu menaikkan kualitas suara. Foto Carmudi Indonesia/Zie

 

Fitur baru juga disematkan pada sistem kontrol suhu dalam kabin. Layaknya mobil mewah Eropa, Ertiga Hybrid punya heater yang berfungsi menghangatkan suhu kabin. Tapi Carmudi Indonesia melihat ini sebagai fitur yang percuma dan jarang jarang difungsikan konsumen. Tapi sekadar gila gilaan saja, Carmudi Indonesia coba pakai. Hasilnya sauna berjalan!

Mesin Diesel Sensasi Rasa Mesin Bensin

Sembari menikmati perjalanan menuju Hotel R Rancamaya Bogor, Carmudi Indonesia merasakan performa Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid sebagai penumpang. Melintasi jalur Rainbow Hills di kawasan Sentul, Ertiga paling baru ini diajak melewati jalan dengan kontur menanjak dan sesekali menginjak lubang.

Menapaki jalan menuju Bukit Pelangi Sentul dengan kontur jalan bergelombang, Ertiga Hybrid tetap nyaman. Foto Carmudi Indonesia/Zie

 

Bermodal mesin diesel berkapasitas 1300cc dengan torsi puncak 200 Nm di putaran rpm 1750, low MPV yang didatangkan langsung dari India ini mampu melewatinya dengan mulus.

Lebih nikmat lagi karena meski jenis mesinnya adalah diesel, tapi suara raungan khas diesel-nya tidak terasa. Halus layaknya mesin bensin. Ini menjadi poin positif untuk konsumen yang tertarik memiliki Ertiga diesel.

Oh iya, untuk info saja, dalam perjalanan menuju Bogor, pihak Suzuki Indonesia menggelar Liga Irit New Ertiga Diesel Hybrid yang diikuti oleh seluruh peserta. Suzuki merasa sangat percaya diri soal klaim Ertiga Diesel Hybrid irit. Buktinya, Carmudi Indonesia akan ceritakan secara terpisah.

Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid

Tutup tangki bensin Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid disegel sebelum berangkat ke Bogor. Foto Carmudi Indonesia/Zie

 

Pas perjalanan pulang dari Bogor menuju Jakarta, giliran Carmudi Indonesia yang duduk di belakang kemudi. Saatnya beraksi…..

Untuk posisi duduk, cukup ergonomis. Kenyamanan nyetir Ertiga Hybrid masih disokong dengan head rest yang bisa diatur sesuai dengan postur pengemudi.

Untuk menyalakan mesinnya, tidak seperti mobil manual lainnya, yang tinggal putar kunci ke arah On, mesin pun hidup. Untuk Ertiga Hybrid, meski bertransmisi manual, cara hidupkan mesinnya harus terlebih dulu menginjak pedal kopling, baru putar kunci.

Sempat dihadang macet sebelum masuk jalur tol Bogor menuju Jakarta. Disini fitur Idle Start-Stop sangat membantu. Cukup pindahkan tuas transmisi ke posisi netral kemudian lepas kopling, secara otomatis mesin akan mati. Menghidupkannya lagi tinggal injak kopling, simpel kan? Tapi fitur tersebut hanya akan berfungsi saat seat belt terpasang.

Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid mantap membelah jalur tol dengan tarikan mesin yang enteng dan bertenaga. Foto Carmudi Indonesia/Zie

 

Satu lagi yang unik di Ertiga Hybrid adalah fitur Smart Hybrid Vehicle System (SHVS). Saat berkendara normal, mesin bekerja sekaligus mengisi baterai lewat Integrated Starter Generator (ISG).

ISG sendiri punya dua fungsi. Pertama sebagai generator untuk menyimpan energi ke baterai saat kendaraan melambat. Fungsi kedua sebagai motor yang akan memberikan tambahan daya ke mesin saat akselerasi. Jadi tidak usah heran kalau terasa tendangan tendangan torsi saat pedal gas diinjak.

Lepas kondisi macet, jalur tol akhirnya menjadi pelampiasan rasa penasaran Carmudi Indonesia untuk mencoba tenaga berlimpah yang ditawarkan Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid. Wuihhhh, penuh takjub merasakan tarikan enteng Ertiga diesel dengan sensasi rasa mesin bensin ini.

Dan yang pasti, untuk kekedapan kabin dari Ertiga dari generasi pertama sampai yang terbaru memang patut diacungi jempol koq.

Kesimpulan

Kelebihan : Suzuki Indonesia cukup pintar dalam melihat celah sempit di tengah kerasnya persaingan low MPV yang dihuni oleh pabrikan raksasa seperti Toyota, Daihatsu, Honda. Gemuknya pasar MPV di Tanah Air membuat semua merek berlomba menawarkan mobil 7 penumpang terbaiknya.

Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid

Lampu belakang Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid. Foto Carmudi Indonesia/Zie

Tapi rata rata perubahan yang dijual hanya sebatas desain eksterior maupun interior. Tidak banyak yang menyentuh pada perubahan mesin sebagai jantung mobil itu sendiri.

Suzuki, mereka berevolusi di bidang ini. Meski masih meraba pasar MPV bermesin diesel, tapi mereka berani menghadirkannya. Bahkan tidak cukup hanya dengan mesin diesel saja, teknologi hybrid pun dibenamkan demi membantu kinerja mesin D13A tersebut.

Beberapa hal baru di Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid seperti start/stop idle system dan juga Smart Hybrid Vehicle System (SHVS) menjadi unique selling point bagi Suzuki kepada konsumen.

Tarikan mesin diesel yang lebih halus serta irit bahan bakar tanpa menggerus tenaga, Carmudi Indonesia berfikir harusnya mobil ini bakal menjadi kuda hitam di segmen low MPV dan diminati oleh konsumen. Bahkan bisa jadi pemilik MPV merek lainnya melirik Ertiga.

Kekurangan : Kalaupun ada kekurangan di Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid, Carmudi Indonesia melihat beberapa saja yang tentunya dari kacamata personal, bukan umum. Hanya soal selera saja. Semisal kabin yang terlalu shiny dengan pemilihan warna terang yang membungkus jok dan juga dashboard.

Warna interior cerah pada Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid mudah kotor dan kusam serta membuat mata cepat lelah. Foto Carmudi Indonesia/Zie

 

Kekurangan lainnya ada di head unit yang belum menggunakan layar. Sedikit kurang asyik aja kalau pas dibawa liburan atau jarak jauh. Kemudian fitur heater yang sebenarnya untuk Indonesia akan sia sia.

Terakhir, semoga secepatnya bisa keluar yang transmisi otomatis. Mumpung mobil metik di kota kota besar sedang naik pamor. Kalaupun jadi strategi marketing khas Suzuki, jangan lama lama, karena tentu konsumen menunggu. (Zie)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts