Home » Mobil » Komunitas Ertiga Test Drive Suzuki XL7, Apa Komentarnya?

Komunitas Ertiga Test Drive Suzuki XL7, Apa Komentarnya?

Suzuki XL7 resmi meluncur di Indonesia. (Foto: Carmudi/Dimas)

Jakarta – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru saja resmi merilis model low SUV terbarunya, XL7 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Sabtu (15/2/2020) kemarin. Suzuki XL7 menjadi model low SUV terbaru yang dibangun dari basis rancang HEARTECT. Platform yang sama seperti yang digunakan All New Ertiga, Ignis, dan Baleno.

Kendati menggunakan platform yang sama, All New Ertiga sebagai model ‘terdekat’ dengan XL7 disebut memiliki banyak kesamaan baik dari sektor eksterior maupun interior. Merespons tanggapan tersebut, Donny Setiawan selaku Direktur Pemasaran PT SIS pun menyangkal penilaian tersebut.

“Meskipun platform-nya sama dengan Ertiga tapi ada 211 komponen yang berbeda pada XL7. Contohnya desain tangki bahan bakarnya berbeda. Kaki-kaki juga di-tune sehingga layak sebagai kendaraan SUV,” ujar Donny di sela acara peluncuran.

Bodi samping Suzuki XL7. (Foto: Carmudi/Dimas)

Selain komponen dan desain tangki tersebut, Donny juga memaparkan meski menggendong mesin K15B, mesin yang sama dengan All New Ertiga serta All New Carry namun ada setup yang berbeda. Setup ini disebut agar mendukung performa selayaknya sebuah low SUV yang mampu optimal di onroad (jalanan aspal) dan offroad.

“Mesin K15B ada perubahan setup, output kurang lebih sama tapi driving feel beda,” kata Donny masih di kesempatan yang sama.

“Kami juga mengubah body control module (BCM) dan electronic control module (ECU) XL7 sehingga berbeda dengan All New Ertiga,” imbuhnya.

Test Drive Suzuki XL7 ala Komunitas Ertiga

Test drive Suzuki XL7 ala komunitas pengguna Ertiga. (Foto: Carmudi/Dimas)

Di acara peluncuran XL7 Sabtu kemarin memang diadakan dengan sangat meriah oleh PT SIS. Hal tersebut dikarenakan selain meluncurkan XL7 secara global, pabrikan asal Jepang ini juga merayakan usia 50 tahun Suzuki di Indonesia.

Acara ini pun dimeriahkan oleh kalangan komunitas pengguna kendaraan Suzuki serta beragam acara hiburan lainnya, termasuk sesi test drive XL7 yang dibuka untuk umum.

Menguji klaim Suzuki atas kualitas XL7 yang telah disebutkan, para anggota komunitas pun melakukan test drive di area yang sudah disiapkan. Carmudi yang juga hadir pada saat itu, kemudian mewawancarai perwakilan pengguna Ertiga dari komunitas Ertiga Club Indonesia (ERCI).

“Saya coba (XL7) yang matik, kebetulan mobil saya (Ertiga) juga matik. Kalau dari akselerasi, XL7 bagus dan handling juga oke. Tadi saya coba bawa jalan kencang, dan di belokan bantingannya enggak ngebuang, enak banget,” ujar Noval selaku Wakil Ketua ERCI Chapter Bekasi.

“Kalau Ertiga matik digasnya itu agak lama dan ngegerung, kalau matik XL7 enggak, justru dia responsif,” sambungnya antusias.

Tampang All New Ertiga Suzuki Sport Masih Lebih Garang

Perbandingan tampilan Suzuki Ertiga Suzuki Sport (atas) dan Suzuki XL7 (bawah). Foto: (Carmudi/Dimas)

Tak melulu bicara soal performa dan impresi berkendara Suzuki XL7, Noval pun turut mengomentari desain eksterior. Menurutnya ada beberapa hal positif dan ada juga yang negatif dari desain yang disodorkan Suzuki XL7.

“Kalau tampilannya saya pribadi kurang senang, masih kurang garang, justru lebih baik Ertiga Suzuki Sport,” tutur Noval.

“Tapi kalau XL7 ini dimodifikasi, misalnya diganti bannya jadi lebih besar, kayaknya oke, tuh,” sambungnya.

Selain itu, pria pemilik Suzuki Ertiga GL lansiran 2016 ini juga memberikan apresiasi terhadap desain interior XL7.

“Interior Suzuki XL7 terasa beda karena ada aksen karbon dan di atasnya ada dashcam, itu ngebantu banget, lho,” paparnya.

Secara keseluruhan, beberapa teman-teman komunitas pengguna Ertiga mengakui cukup tertarik dengan Suzuki XL7. Bahkan beberapa ikut berkomentar, “kalau ada duitnya, kenapa enggak?”

Secara langsung, hal ini memang cukup membuktikan bahwa Suzuki menghadirkan XL7 untuk menyasar konsumen yang ingin naik kelas dari low MPV.

“Kalau Ertiga 80 persen itu first car buyer, kalau XL7 itu 43 persennya additional dan replacement. Jadi hampir 50 persen mereka yang ingin tambah dan ganti mobil,” kata Donny Saputra di kesempatan berbeda.

Daftar Harga Suzuki XL7

Suzuki XL7 ditawarkan mulai dari harga Rp230 juta. (Foto: Carmudi/Dimas)

Suzuki XL7 resmi dijual dengan harga mulai dari Rp230 juta hingga Rp267 juta (OTR Jakarta). PT SIS sendiri menjamin low SUV mereka ini telah ready stock di seluruh diler resmi Suzuki di seluruh Indonesia.

Berikut daftar harga lengkap Suzuki XL7

  • Suzuki XL7 Zeta M/T Rp230 juta
  • Suzuki XL7 Zeta A/T Rp240,5 juta
  • Suzuki XL7 Beta M/T Rp246,5 juta
  • Suzuki XL7 Beta A/T Rp257 juta
  • Suzuki XL7 Alpha M/T Rp256,5 juta
  • Suzuki XL7 Alpha A/T Rp267 juta

 

Penulis: Dimas Hadi

Baca Juga:

Resmi Diluncurkan, Harga Suzuki XL7 Dibanderol Mulai dari Rp230 Juta

Previous post
Resmi Ditutup, Merek Holden Bakal Jadi Kenangan
Next post
Gara-Gara Virus Corona, Beijing Motor Show 2020 Ditunda