HomeBeritaTEST DRIVE : ‘Nyemplungin’ Tata Prima LX 2528.K di Jalur Off Road

TEST DRIVE : ‘Nyemplungin’ Tata Prima LX 2528.K di Jalur Off Road

Tata Prima
Tata Prima LX LX 2528.K diuji di jalur off road (Carmudi Indonesia/Enda)

Bogor – PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) di GIIAS 2017 Agustus lalu meluncurkan produk terbarunya, Tata Prima LX 2528.K. Truk ini masuk line up Tata Motors di segmen high truck untuk mengangkut hasil tambang.

Kamis (14/9) kemarin, TMDI pun mengajak belasan media otomotif nasional untuk menguji langsung ketangguhan Tata Prima LX 2528.K di Desa Pelangi, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Berbeda dengan test drive truk pada umumnya, kali ini Tata Motors memilih trek off road sebagai lokasi pengujian. Yang pasti tujuannya untuk membuktikan keunggulan sistem penggerak 6×4 yang dimiliki Tata Prima LX 2528.K.

Tata Prima LX 2528.K Berlimpah Tenaga dan Fitur

Tata Prima LX
Dibekali tenaga besar dan sejumlah fitur canggih (Carmudi Inndonesia/Enda)

Seperti diketahui, truk terbaru pabrikan mobil asal India ini dijejali mesin Commond Rail 6700 cc berkekuatan 280 hp di putaran mesin 2500 rpm. Torsinya pun cukup berlimpah, mencapai 975 Nm di putaran 1.500 rpm.

Tenaga mesin sebesar ini disalurkan lewat transmisi 9 percepatan dengan sistem penggerak roda 6×4.

Otomatis, melahap jalur ekstrim pun bukan sebuah masalah besar. Apalagi melihat dari perutukannya sebagai kendaraan pengangkut hasil tambang, Tata Prima LX 2528.K sukses membuktikan diri sebagai truk andal.

“Ini adalah kendaraan niaga yang memang diperuntukan sebagai pengangkut hasil tambang di Indonesia. Makanya kami membekali truk ini dengan mesin tangguh berkapasitas tenaga besar serta fitur yang canggih. Tujuannya untuk mempermudah pengemudi dalam melakukan traksi saat mengemudikan truk ini di kalur yang benar-benar ekstrim,” ujar Wildan bachtiar, Marketing Manager Commercial Vehicles TMDI di sela-sela acara test drive.

Mudah Dalam Pengaktifan Fitur 6×4

Dari segala keunggulan yang ditawarkan Tata Motors di Tata Prima LX terbaru, Carmudi Indonesia merasakan fitur penggerak roda 6×4 yang paling wajib dikedepankan.

Saat mengaktifkannya, menaklukkan jalur bergelombang bukan jadi masalah besar. Semua roda berputar bersamaan sehingga bobot truk saat berjalan jadi lebih enteng.

Sistem suspensi yang diaplikasikan juga sangat mumpuni menunjang kenyamanan saat berkendara. Dengan bogie suspension 12 lembar di bagian belakang dan parabolic di suspensi depan, goncangan saat melintas di permukaan jalan yang tidak rata terasa lebih smooth.

Keunggulan lain dari posisi U-Bolt di bagian suspensi belakang adalah memudahkan teknisi dalam melakukan perbaikan saat roda belakang bermasalah. “Umumnya U-Bolt di truk lainnya ada di bagian bawah dan sedikit menyulitkan saat proses perbaikan,” ujar Varun Satija, Customer Care Head TDMI di lokasi test drive.

Balik lagi ke sistem penggerak Tata Prima LX 2528.K, fitur ini memang sangat mudah untuk diaktifkan. Cukup tekan tombol yang ada di panel dasbor yang berada persis di sebelah kiri panel speedometer.

Fitur pelengkap lain yang tak kalah pentingnya adalah Hourmeter. Fungsinya untuk mengukur lamanya waktu saat mesin berputar. Sehingga pemilik truk tau kapan waktunya melakukan penggantian oli mesin maupun service berkala.

“Dengan fitur lengkap dan kecanggihan yang dimiliki, Tata Prima LX 2528.K mampu bersaing dengan kompetitor. Bahkan dari segi harga pun tidak jauh beda dengan pesaing yang sudah ada sebelumnya,” tutup Yanuar, Service Engineer TMDI. (Enda/Zie)

Tongtoll
Previous post
Tangan Tak Sampai Ngetap GTO, Sudah Punya "Tongtoll"?
GIIAS Surabaya 2017
Next post
Pekan Depan Surabaya Gelar Pameran Otomotif GAIKINDO