Home » Berita » Test Drive Wuling Almaz, Rasanya Bikin Lupa Sama Merek Jepang

Test Drive Wuling Almaz, Rasanya Bikin Lupa Sama Merek Jepang

Test Drive Wuling Almaz
Wuling Almaz (Foto: Sano/Carmudi)

Jakarta – Berbarengan dengan peluncurannya, test drive Wuling Almaz juga telah dilakukan tim review Carmudi. Hanya saja, uji coba yang diadakan oleh PT SAIC General Motor Wuling (SGMW) di sirkuit Sentul, Bogor beberapa waktu lalu ini dinilai bukanlah tempat yang ideal untuk test drive Wuling Almaz.

Menoleh sedikit terkait spesifikasi dapur pacunya, Wuling Almaz dibekali mesin 1.5L 4-silinder dengan turbocharger. Berkat spesifikasi mesin ini, pihak Wuling mengklaim Almaz bisa hasilkan tenaga sebesar 140 HP dan torsi maksimal sebesar 250 Nm. Jika dibandingkan dengan kompetitornya seperti Glory yang juga bermesin 1.5L, torsi Almaz tentu kelihatan lebih besar. Bahkan dibandingkan BMW X1 dan Honda CR-V turbo sekalipun, Almaz masih boleh jumawa.

Mesin Almaz kemudian disalurkan ke penggerak roda depan dan dikawinkan dengan transmisi CVT buatan Bosch. Uniknya, transmisi ini bisa disimulasikan ala transmisi manual 8-percepatan.

Spesifikasi Mesin Wuling Almaz

Tipe MesinIn-line 4 cylinders, DOHC DVVT with turbocharger
Kapasitas Mesin1.451 cc
Tenaga Maksimal140 Hp / 5,200 rpm
Torsi Maksimal250 Nm / 1,600-3,600 rpm
Jenis Bahan BakarBensin
EmisiEURO 4
TransmisiCVT

Test Drive Wuling Almaz | Tidak Ada Hentakan di Awal Tarikan
Test Drive Wuling Almaz SUV di bawah Rp350 juta

Dari posisi diam, boleh diakui bahwa Wuling Almaz punya tarikan yang smooth alias halus. Tarikan mulus ini sangat terasa hingga menyentuh kecepatan lumayan tinggi. Sebagai perbandingan, transmisi CVT bekerja dengan baik dan tentunya lebih baik daripada transmisi AMT milik saudaranya, Cortez.

Ketika injakan gas lebih dalam, mulai terasa berat untuk lebih kencang lagi. Performa turbo dinilai lambat masuknya, dan mungkin agak kesulitan menyentuh level Civic atau CR-V sekalipun.

Test Drive Wuling Almaz | Handling Ringan

Meski punya dimensi bongsor dan tinggi, kualitas handling Wuling Almaz patut diacungi jempol. Dengan predikat SUV berbadan besar, setir Almaz berasa sangat ringan khas Wuling. Ekspektasinya, dengan handling yang ringan bisa dibilang sangat cocok untuk kendaraan dalam kota yang padat.

Test Drive Wuling Almaz
Test Drive Wuling Almaz melewati jalan menurun. (Foto: Santo/Carmudi)

Walaupun body roll-nya memang masih terasa, tapi untuk ukuran SUV “gambot” bisa dibilang sangat baik berkat ketahanan yang diberikan jok bermaterial tebalnya. Bahkan di kecepatan tinggi sekalipun, Wuling Almaz terbilang cukup stabil.

Test Drive Wuling Almaz | Stability Control Oke

Uji coba juga dilakukan pada manuver-manuver yang cukup ekstrem. Tim review Carmudi mencoba kemampuan menukik Wuling Almaz pada kecepatan sekitar 60 km/jam. Hasilnya, stability control yang dimilikinya betul-betul bisa diandalkan. Mobil tidak terguling di manuver zig-zag dan understeer pun bisa sangat diminimalisir.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk ukuran SUV dengan fungsi sebagai akomodasi dalam kota, Wuling Almaz kurang cocok diuji di sirkuit balap. Namun, sebelum test drive Wuling Almaz lanjutan oleh Carmudi di medan yang ideal, performa Almaz dinilai sangat baik.

Sayangnya, harga Wuling Almaz belum diumumkan secara terbuka oleh pihak APM. Namun beberapa bocoran mengatakan bahwa SUV ini akan dibanderol berkisar Rp320,8 juta – Rp349,8 juta. Untuk mengetahui SUV yang seharga dengan Wuling Almaz atau SUV di bawah Rp350 juta bisa dibaca di sini.

Masih penasaran soal Wuling Almaz? Langsung saja tonton video review-nya dari Carmudi berikut ini.

Previous post
Hari Ini! Flash Sale Toyota Avanza Baru Seharga Rp50 Juta
Next post
Mobil China Mulai Mengikis Keberadaan Merek Jepang di Indonesia