Home » Reviews » Test Ride Vespa Sprint S, Desain Sporty Performa Mumpuni

Test Ride Vespa Sprint S, Desain Sporty Performa Mumpuni

Test Ride Vespa Sprint S
Test Ride Vespa Sprint S. (Foto: Carmudi/Badjo)

Jakarta – Beberapa waktu lalu, tim Carmudi mendapat kesempatan untuk test ride Vespa Sprint S guna mengetahui impresi berkendaranya. Skutik ini digunakan selama tiga hari dan telah melewati berbagai kondisi jalanan kota, seperti beton, aspal, jalan basah, berlubang, hingga di tengah kemacetan.

Sprint S baru sebulan yang lalu diluncurkan PT Piaggio Indonesia bersama model Primavera S sebagai suksesor Generasi S. Peluncuran ini disebutkan sebagai langkah Premiumization Roadmap Strategy pabrikan asal Italia ini. Pada peluncurannya di Jakarta bulan lalu, Vespa Primavera S dan Sprint S hadir lebih mempesona serta lebih berkarakter sporty dibandingkan Primavera dan Sprint klasik (regular).

Berikut ulasan detail test ride Vespa Sprint S.

Dimensi dan Desain Vespa Sprint S

Vespa Sprint S
Vespa Sprint S. (Foto: Carmudi/Badjo)

Vespa Sprint S memiliki dimensi yang sama dengan varian standarnya. Basis mesin, kaki-kaki, desain masih sama persis dengan varian standarnya. Perbedaan dengan varian standar terjadi di sektor desainnya. Di bagian body samping Vespa Sprint S tersematkan stripping motif garis yang memanjang dari depan ke belakang. Selain itu, ornamen kecil pun hadir sebagai penguat identitas seperti emblem “S” di bagian kompartemen penyimpanan depan dan di velg hitamnya. Terakhir, di bagian cover klakson depan mendapat sentuhan kelir merah sebagai pemanis.

Namun, perbedaan yang paling kentara adalah pada material joknya. Vespa Sprint S menggunakan material suede yang dipadu motif bergaris. Alhasil, joknya benar-benar empuk dan nyaman. Tapi Vespa ini rasanya didesain untuk solo rider alias tidak berpenumpang. Nah, buat para “tebengers” dijamin tidak akan nyaman duduk di belakang riders karena tidak ada pijakan khusus di belakang seperti sepeda motor pada umumnya. Jadi bagi yang ingin rutin memboncengi pasangannya, siap-siap dengerin keluhannya, deh.

Dimensi Vespa Sprint S

  • Panjang : 1.863 mm
  • Lebar : 695 mm
  • Wheelbase : 1.334 mm
  • Tinggi Jok : 790 mm
  • Kapasitas Tangki : 7 liter

Performa Mesin Vespa Sprint S

Dashboard Vespa Sprint S
Dashboard Vespa Sprint S. (Foto: Carmudi/Badjo)

Seperti yang disebutkan sebelumnya di atas, mesin Vespa Sprint S masih menggunakan mesin yang sama dengan varian standarnya. Ini berarti secara rasa tentu masih sama saja. Saat test ride Vespa Sprint S, mesin yang sudah lulus emisi Euro 3 ini berhasil meredam getaran menjadi minim sekali, baik ketika idle maupun berakselerasi. Tenaganya disalurkan melalui transmisi CVT hingga putarannya benar-benar halus. Berkat kapasitas mesin 150cc dan putaran atas yang impresif, jalanan lowong jadi godaan yang tidak bisa dilawan untuk menarik gas lebih kencang.

Spesifikasi Mesin Vespa Sprint S

  • Mesin : i-get, 4-Tak, 154,8cc, 1 Silinder, 3 katup.
  • Tenaga Maksimum : 12,7 Hp/7.500 rpm
  • Torsi Maksimum : 12 Nm/5.000 rpm
  • Sistem Pendingin : Udara
  • Transmisi : CVT
  • Emisi : Euro 3

Performa Suspensi dan Pengereman Vespa Sprint S

ABS dan Suspensi Vespa Sprint S
ABS dan Suspensi Vespa Sprint S. (Foto: Carmudi/Badjo)

Test ride Vespa Sprint S saat melewati kontur jalan perkotaan yang terkadang bergelombang bantingannya cukup baik. Ini tentu berkat penggunaan suspensi tunggal depan belakangnya. Namun bagi sebagian orang mungkin jalan berlubang atau polisi tidur yang dilewati di kecepatan rendah, bantingan Sprint S terbilang keras. Hal ini sama persis dengan varian standarnya karena secara spesifikasi memang tidak ada ubahan.

Apresiasi lebih tinggi sepertinya layak diberikan untuk performa pengereman ABS-nya. Meskipun handle remnya diakui masih tergolong keras apalagi saat rem mendadak tapi teknlogi ABS memberikan rasa percaya diri dan rasa aman yang lebih baik untuk riders-nya. Selain itu, teknologi rem ABS pada Sprint S pun dirasa sangat memudahkan pengendalian tanpa adanya gejala selip sekalipun di jalanan basah bekas hujan.

Spesifikasi Suspensi dan Rem Vespa Sprint S

  • Suspensi Depan : Lengan Tunggal, pegas helikal, peredam kejut tunggal
  • Suspensi Belakang : Peredam kejut tunggal 4 setelan
  • Rem Depan : Cakram 220 mm dilengkapi dengan ABS.
  • Rem Belakang : Tromol 140 mm
  • Ban Depan : Tubeless 110/70 R12
  • Ban Belakang : Tubeless 120/70 R 12

Fitur Vespa Sprint S

Lampu depan Vespa Sprint S
Lampu depan Vespa Sprint S. (Foto: Carmudi/Badjo)

Vespa Sprint S juga dibekali dengan fitur-fitur yang kurang lebih sama dengan varian standarnya. Seperti misalnya tampilan Sporty Dashboard, Electric Saddle Opening, Port USB, dan lampu depan serta belakang yang sudah LED. Lampu LED di bagian depan sudah tersemat untuk low maupun high beam-nya. Dengan begitu, penerangan saat berkendara malam hari dirasa sangat baik. Jika dibandingkan dengan skutik lain buatan Jepang, sinar LED Sprint S ini benar-benar sangat membantu visibilitas riders. Poin lainnya terkait pencahayaan, semua varian Vespa masih menggunakan tiga switch lampu, yaitu off, lampu senja, dan lampu utama.

Selain itu, stoplamp juga tersedia LED baik untuk lampu malam, maupun lampu remnya. Jika diteliti lagi, desain stoplamp Vespa Sprint S ini juga berubah, mengadopsi model yang sama dengan lampu Vespa Primavera Anniversary 50, dan Vespa Primavera Yacht Club.

DFSK Glory
Previous post
Harga Sama, DFSK Yakin Glory 560 1.5L turbo dan 1.8L Tidak Akan Saling "Makan"
DFSK Glory 580
Next post
Jelang Musim Mudik, DFSK Glory 580 Siap Untuk Dibawa Mudik