Tips dan Trik

Tetap Tenang, Ini Cara Aman Mengemudikan Mobil di Sekitar Truk

Mengemudikan mobil

Ilustrasi mengemudikan mobil (Foto: Autocar)

Jakarta – Mengemudikan mobil di sekitar kendaraan berat atau truk kerap menimbulkan rasa was-was. Sebab mobil penumpang jenis MPV, SUV, hatchback, hingga sedan, akan terlihat kecil bila berada di antara truk berbadan besar.

Ditambah lagi ukuran tubuh truk yang panjang menyulitkan pengemudi mobil untuk mendeteksi arah gerak truk. Maka, tak jarang terdengar kasus kecelakaan yang melibatkan truk dengan mobil penumpang.

Kejadian tersebut sebenarnya bisa dihindari apabila pengendara yang mengemudikan mobil memahami karakter dari truk.

Tak cuma itu, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan supaya tetap aman ketika mengemudikan mobil di antara truk. Berikut ini uraian singkatnya:

Jaga Jarak Aman

Disarankan jangan berada terlalu dekat dengan truk, karena mobil yang Anda kemudikan belum tentu terlihat oleh sopir truk melalui kaca spion.

Tetap jaga jarak aman supaya bisa mengantisipasi pergerakan truk, seperti bila truk tersebut tiba-tiba melakukan pengereman mendadak atau ingin berbelok.

Menjaga jarak aman bukan sekadar memberi ruang gerak bagi truk, namun juga membuat mobil mudah terlihat oleh sopir truk. Semakin dekat jarak mobil dengan truk, semakin sulit sopir truk mengawasi mobil di dekatnya.

Mengemudikan mobil

mobil dan truk di jalan raya (Foto: Trucks)

Berikan Tanda atau Isyarat

Berikan tanda jika Anda ingin mendahului truk. Bisa dengan lampu dim atau klakson. Dengan begitu, pengemudi truk dapat mengetahui keberadaan mobil dan menjaga kewaspadaannya.

Berikan Ruang yang Cukup

Saat hendak mendahului truk, pastikan ada ruang yang cukup antara truk dengan mobil di depannya. Apabila jaraknya terlalu dekat, Anda tidak bisa menyelinap masuk antara keduanya. Situasi ini akan membuat mobil berada di blind spot truk dan sangat berbahaya.

Perhatikan Manuver Truk

Jangan segan-segan memberikan ruang bila truk di depan memberi isyarat untuk melakukan manuver, seperti berbelok, putar arah, atau parkir. Hentikan kendaraan dan tunggu sampai posisi truk benar-benar aman.

Truk kontainer (Foto: Facebook)

Truk Punya Keterbatasan

Truk memiliki daya pengereman yang terbatas, apalagi jika sedang membawa beban jarak berhenti pada saat di pedal rem di injak sangat jauh, sehingga butuh waktu untuk truk benar-benar berhenti.

Oleh karena itu, jangan paksakan mobil berada terlalu dekat dengan truk dan berikan ruang yang cukup untuk manuver.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: Jangan Panik, Begini Cara Mengendarai Mobil di Jalan Menanjak

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/