Berita Event Sepeda motor Sumber informasi

Thailand Siap Masuk Kalender MotoGP di 2018

Bankok – Thailand kini tengah berbenah. Negeri Gajah Putih tersebut, dikabarkan sudah siap untuk menggelar ajang MotoGP pada musim balap 2018 mendatang.

Rencananya, Thailand akan menggelar ajang balap bergengsi ini di Chang International Circuit yang terletak di Buriram. Sirkuit ini terletak sekitar 400 km di utara ibukota Thailand, Bangkok.

kalender motogp

Ajang WSBK 2016 di Chang International Circuit, Thailand (Dok.WSBK)

Keinginan Thailand untuk menggelar ajang MotoGP pada 2018, bukan tanpa alasan. Mereka sudah berusaha melakukan pendekatan, setelah sukses menggelar ajang kejuaraan balap internasional sejak 2015 lalu, WorldSBK Championship.

Sementara itu, Dorna yang menjadi penyelenggara ajang MotoGP, hanya menyatakan kalau Thailand berpeluang menggelar ajang balap bergengsi itu pada 2018 mendatang.

kalender motogp

Ajang balap WSBK di Thailand pada tahun lalu (Dok.WSBK)

Kabarnya, Dorna ingin sirkuit yang nantinya akan digunakan, harus terlebih dulu menyelesaikan kontrak ajang WorldSBK selama tiga tahun berturut-turut, sebelum bisa menggelar MotoGP.

Jika sudah dikonfirmasi, maka Chang International Circuit akan menjadi sirkuit terbaru pertama yang masuk kalender MotoGP sejak Termas de Rio Hondo circuit di Argentina pada 2014 lalu.

Banyak Negara Ingin Masuk Kalender MotoGP di 2018

Jika Thailand berhasil masuk kalender MotoGP, bisa dipastikan akan membawa ajang ini ke salah satu pasar terbesar industri kendaraan roda tersebut.

Diperkirakan sekitar 80 ribu penonton menghadiri ajang WorldSBK di sirkuit Chang pada 2016 lalu. Hal ini membuatnya menjadi salah satu ajang yang dihadiri lebih dari 10 ribu orang, dengan Imola yang berhasil menggaet 68 ribu penonton.

kalender motogp

Kejuaraan dunia WSBK di Chang International Circuit, Thailand (Dok.WSBK)

Sejauh ini, baru ada dua sirkuit baru yang masuk jadwal kalender MotoGP sejak 2013, termasuk kembalinya sirkuit Spielberg di Austria pada tahun lalu.

Meski begitu, diyakini sudah ada beberapa negara yang tertarik untuk masuk kalender MotoGP. Negara-negara tersebut antara lain Finlandia, Indonesia, Kazakhstan, dan Hungaria.

kalender motogp

Ajang Balap WSBK 2016 di Thailand (Dok.WSBK)

Finlandia berkeinginan menggelar ajang balap bergengsi ini pada 2018. Tapi, sepertinya harus bergeser pada 2019 mendatang.

Termasuk, untuk yang saat ini paling banyak diperbincangkan, mengenai rencana kembalinya Indonesia untuk menjadi tuan rumah perhelatan MotoGP.

Chang International Circuit dikabarkan sudah siap menerima kesepakatan baru untuk menggelar WorldSBK dan WorldSSP, sebelum menggelar ajang MotoGP. (dol)

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: [email protected]

Related Posts

/