Berita

Tidak Ada Kasus Baru, 2 Ribu Unit Daihatsu Rocky Sudah Diperbaiki

Jakarta – Proses perbaikan Daihatsu Rocky yang terdampak recall (penarikan kembali) berjalan lancar dan mendapat antusiasme bagus dari para pemilik kendaraan.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi menyebutkan sejak program recall diumumkan pada awal Maret 2022, para pemilik Daihatsu Rocky langsung meresponsnya dengan baik.

“Sampai sejauh ini sudah 2.015 unit Rocky yang diperbaiki atau sekira 21 persen. Angka ini rekor sebenarnya dalam 2 bulan. Tadinya itu targetnya 30 persen setahun,” ungkap Bambang belum lama ini, di Sunter, Jakarta Utara.

Daihatsu Rocky 1.2

Daihatsu Rocky 1.2 liter meluncur perdana di Indonesia (Foto: ADM)

Dirinya pun mengklaim sampai dengan saat ini tidak ada keluhan baru dari pelanggan terkait masalah yang ada di Rocky.

“Untuk Daihatsu Rocky enggak ada kasus baru, selain yang pertama waktu itu,” pungkas dia.

9 Ribu Unit Rocky Kena Recall

PT ADM mengumumkan recall untuk model Daihatsu Rocky pada 11 Maret. Tercatat ada 9.378 unit Rocky yang harus menjalani perbaikan di bengkel resmi.

Program recall ini menyusul adanya keluhan dari seorang pengguna Daihatsu Rocky yang berdomisili di Sumatra. Pengguna mengeluh karena mobilnya mengeluarkan bunyi abnormal di bagian depan setelah dipakai menghantam jalan berlubang.

Keluhan tersebut langsung ditangani oleh tim internal Daihatsu. Hasilnya, bunyi abnormal di mobil pelanggan berasal dari dudukan shock absorber (front fender apron).

Recall Daihatsu Rocky

Titik pengelasan pada dudukan shock absorber (Foto: ADM)

Setelah diteliti lebih dalam ditemukan adanya kesalahan posisi titik pengelasan antara pelat atas dan bawah pada dudukan shock absorber Rocky, sehingga membuatnya kurang kuat dan mudah lepas.

Sebagai jalan keluarnya, Daihatsu melakukan penambahan titik pengelasan sebanyak 11 titik supaya lebih kuat. Bila total ada 25 titik pengelasan di area dudukan shock absorber.

Meski hanya dikeluhkan oleh satu orang pengguna, tapi Daihatsu memilih untuk melakukan pengecekan dan perbaikan pada ribuan unit Rocky yang diproduksi mulai 28 April sampai 7 Oktober 2021.

Langkah ini diambil sebagai bentuk tanggung jawab pabrikan kepada konsumen, sekaligus untuk memastikan produknya dalam kondisi prima dan aman.

Varian Rocky yang terkena recall terdiri dari tipe 1.0L Turbo dan 1.2L NA.

Titik Pengelasan Rocky

Mesin 3 silinder yang tersemat di Daihatsu Rocky minim getaran (Foto: Carmudi/Badjo)

Mobil pelanggan yang masuk dalam daftar recall disarankan menghubungi diler atau bengkel resmi Daihatsu terdekat dan melakukan booking service untuk dilakukan perbaikan.

Lama perbaikan memakan waktu sekira 10 jam kerja.

Pelanggan tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

>>>>> Cari deretan mobil baru maupun bekas di seluruh Indonesia dari penjual terpercaya di sini!

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/