Home » Mobil » Tidak Banyak yang Tahu, Berikut 6 Hal Unik pada Toyota Agya Terbaru

Tidak Banyak yang Tahu, Berikut 6 Hal Unik pada Toyota Agya Terbaru

Hal unik New Toyota Agya (Foto: Toyota)

Jakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Indonesia telah meluncurkan Toyota Agya generasi terbaru. Mobil LCGC (Low Cost Green Car) ini mendapatkan penyegaran baik pada sisi eksterior maupun interiornya. Sehingga, Agya terbaru terlihat lebih modern dan stylish. Namun, tidak banyak yang tahu bawa Toyota Agya terbaru memiliki enam hal unik yang wajib diketahui setiap pengguna mobil ini. Dilansir dari Youtube Carmudi, berikut enam hal unik pada Toyota Agya terbaru.

Memiliki Fitur Panic Mode

Sesuai dengan namanya, fitur panic mode sangat berguna bagi pengguna Toyota Agya terbaru saat sedang panik. Misalnya, ada maling di dekat mobil, namun tidak ada siapa pun di sekitarnya yang bisa menolong. Fitur ini bisa digunakan dengan dua cara.

Cara pertama, tekan tombol lock pada kunci mobil sebanyak tiga kali dan Agya ini akan mengeluarkan suara sirene yang keras. Cara kedua, tombol lock di kunci mobil ditekan sebanyak lima kali dalam waktu cepat. Mobil ini pun juga akan mengeluarkan suara sirene yang keras.

Dengan adanya suara sirene dari mobil tersebut, maling atau orang-orang mencurigakan lainnya yang berada di dekat mobil ini tidak akan berani berbuat macam-macam. Untuk mematikan fitur ini, pengguna bisa menekan tombol mana saja yang ada di kunci mobilnya. Mudah bukan?

Memiliki Fitur Auto Rear Wiper

Toyota Agya terbaru memiliki wiper di bagian belakang, dimana tidak semua pengguna mobil ini tahu bahwa wiper tersebut bisa aktif secara otomatis. Caranya, aktifkan wiper mobil bagian depan, lalu pindahkan tuas transmisi ke R atau gigi mundur. Wiper belakang mobil akan bergerak dengan sendirinya sebanyak tiga kali. Setelah itu, diam sebentar, lalu wipernya bergerak kembali dan seterusnya.

Fitur auto rear wiper tentunya sangat membantu pengemudi Agya terbaru saat sedang membawa mobilnya dalam cuaca hujan deras. Di sisi lain, fitur ini akan mati jika tuas transmisi mobil keluar dari gigi mundur.

Memiliki Fitur Auto Cut-Off Light

Fitur ini berguna bagi pengguna Toyota Agya terbaru yang suka lupa mematikan lampu mobil, baik lampu kecil ataupun lampu besar, saat mematikan mesin. Perlu diketahui, lampu mobil ini bisa mati secara otomatis setelah kunci dilepas dan pintu mobil dibuka.

Di sisi lain, fitur ini juga berguna untuk menghindari terkurasnya aki saat lampu mobil lupa dimatikan. Ketika mesin mobil dinyalakan, lampunya akan hidup kembali secara otomatis.

Memiliki Fitur One Touch Turn Signal

Fitur one touch turn signal sebenarnya hanya disematkan pada mobil-mobil kelas atas saja. Namun ternyata, mobil sekelas Toyota Agya pun juga sudah memiliki fitur tersebut.

Pengguna mobil ini cukup ‘menoel’ sedikit tuas lampu sein, lampu tersebut akan menyala sesuai arah jalur yang ingin dituju pengemudi sebanyak tiga kali. Oleh karena itu, fitur one touch turn signal ini juga lebih dikenal dengan fitur lane change.

Memiliki Klip Karpet Mobil

Tidak banyak pengguna Toyota Agya terbaru yang tahu bahwa terdapat klip karpet pada mobilnya. Ini tentunya sangat berguna untuk mengunci posisi karpet mobil agar tidak kemana-mana. Sehingga, tidak membahayakan pengemudi selama berkendara.

Klip karpet ini terletak di ujung lantai mobil bagian pengemudi yang berjumlah dua buah. Pengemudi cukup menaruh lubang karpet di kedua klip tersebut, lalu putar klipnya secara vertikal. Karpet mobilnya akan terkunci.

Dongkrak Mobil di Kursi Penumpang Depan

Setiap pengguna mobil pastinya wajib mengetahui posisi dongkrak mobilnya berada. Dongkrak ini berguna bagi pengguna mobil jika ingin mengganti mobilnya yang bocor.

Di Toyota Agya terbaru, dongkrak mobil tidak diletakkan di bagian bagasi, tetapi di bawah kursi penumpang bagian depan. Cara mengambil dongkrak tersebut cukup mudah. Pengguna bisa memajukan kursi mobil penumpang depan sampai ‘mentok’, lalu tarik dongkrak mobilnya dari sisi samping. Jika agak sulit mengambilnya, pengguna mobil ini bisa mengendorkan sedikit dongkrak mobilnya.

Spesifikasi Toyota Agya Terbaru

New Toyota Agya (Foto: Toyota)

Toyota Agya terbaru semakin terlihat sporty dan stylish setelah mendapatkan pembaruan pada setiap sisi eksterior dan interiornya. Bagian depan mobil ini pun terlihat lebih menarik dibandingkan dengan model sebelumnya.

Di sisi lain, pada bagian interiornya, terlihat lebih menawan dengan disematkan berbagai fitur canggih untuk memberikan kenyamanan yang maksimal bagi pengemudi dan para penumpang mobil ini. Toyota Agya terbaru menawarkan beberapa varian mesin, yaitu mesin 1.0 G M/T, 1.2 G M/T, 1.2 G A/T, 1.2 TRD M/T, dan TRD A/T.

Mesin

Pihak Toyota telah membenamkan dua varian mesin yang berbeda pada Agya terbaru, yaitu mesin berkapasitas 1.0 liter dan 1.2 liter. Untuk varian mesin 1.0 liter, dibenamkan mesin tipe DOHC 3 Silinder 12 Katup yang mengusung teknologi VVT-i.

Selain itu, mesin ini mengandalkan sistem transmisi manual 5 percepatan yang dapat mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 67 Ps pada 6000 Rpm dan torsi maksimum 9.1 Kgm pada 4.400 Rpm. Sedangkan untuk mesin 1.2 liter, terdapat beberapa varian. Antara lain, varian 1.2 G A/T, 1.2 G M/T, 1.2 TRD A/T, dan 1.2 TRD M/T.

Di sisi lain, mesin 1.2 liter ini sudah dilengkapi dengan teknologi mesin DOHC Dual VVT-i 16 katup yang dapat mengeluarkan tenaga maksimal hingga 88 Ps pada putaran 6.000 Rpm serta torsi maksimal sebesar 11 Kgm pada putaran 4.200 Rpm. Selain itu, mesin tersebut terbagi menjadi dua pilihan transmisi, yakni 5 percepatan manual dan 4 percepatan auto.

Eksterior

Bagian depan Toyota Agya terbaru mendapatkan pembaruan paling banyak untuk sisi eksteriornya. Salah satunya, terdapat smoked projector headlamp dengan LED light guide berbentuk trapesium 6 sisi yang terlihat elegan dan stylish.

Tidak hanya itu, gril depan mobil ini didesain dengan gaya sporty sehingga memberikan tampilan mobil yang dapat menarik perhatian. Selain itu, terdapat fog lamp atau lampu kabut yang disematkan pada bodi bagian depan Agya terbaru. Lampu tersebut diklaim dapat mengeluarkan cahaya lampu yang maksimal dan sangat berguna saat mobil ini dibawa berkendara dalam cuaca hujan lebat atau di malam hari.

Sedangkan pada sisi samping, juga dibuat dengan desain lebih sporty dibandingkan dengan model sebelumnya. Dimana, terdapat garis lurus yang membujur dari bagian depan hingga belakang di atas side skirt mobil sehingga terlihat elegan dan menarik.

Di bagian belakang mobil, Toyota Agya terbaru sudah dibekali dengan kombinasi lampu beakang yang didesain simpel, namun tetapi memiliki kesan modern. Tidak ketinggalan, terdapat sebuah spoiler kecil dengan disematkan high mount stop lamp.

Interior

Interior New Toyota Agya (Foto: Toyota)

Tidak kalah dengan sisi eksteriornya, interior Agya terbaru juga terlihat lebih segar dan modern dibandingkan dengan model sebelumnya. Ini bisa dilihat pada ruang kabinnya yang dibuat dengan ukuran pas untuk mobil sekelasnya dan dapat menampung empat sampai lima penumpang, termasuk pengemudi mobil. Dasbor Agya terbaru menjadi bagian menarik pada sisi interior mobil ini.

Bagian dasbor Agya terbaru sudah dilengkapi dengan berbagai fitur cukup lengkap dan canggih. Seperti, new advance entertainment dengan sistem audio berupa radio AM/FM, pemutar CD, serta pengontrol suara.

Tidak hanya itu saja, terdapat juga sambungan bluetooth dan soket USB di bagian dasbor sehingga pengguna mobil ini dapat mendengarkan lagu kesukaan sesuai keinginan tanpa menggunakan kaset. Tidak ketinggalan, audio 2DIN turut disematkan pada Agya terbaru yang dapat mengeluarkan suara musik sangat membahana dan menggelegar.

Pada bagian pengemudi, telah disematkan fitur audio steering switch di setir kemudi mobil ini. Sehingga, pengemudi dapat mengatur pemutar musik tanpa harus menjangkau panel di bagian dasbor tengah. Di sisi lain, jok kursi Agya terbaru sudah dilengkapi dengan semi bucket seat yang berbahan kain halus dan lembut untuk memberikan kenyamanan sempuna bagi pengguna ketika duduk di dalam mobil ini.

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Previous post
Sejarah Panjang Range Rover, SUV Tangguh Andalan Kerajaan Inggris
Next post
Beli Mobil DFSK dari Rumah Bisa Nikmati Cicilan Mulai Rp2 Jutaan