HomeBeritaTidak Laku, Honda Setop Penjualan NSX

Tidak Laku, Honda Setop Penjualan NSX

Honda NSX Tidak Laku
Tidak laku, Honda setop penjualan NSX di Australia (Foto: Carscoops)

Sydney – Honda kabarnya menyetop penjualan NSX di pasar Australia lantaran tidak laku. Sepanjang tahun ini saja tidak ada satu unit Honda NSX pun yang terjual.

Diberitakan Carscoops, Senin (26/10/2020), saat ini Honda NSX sudah tidak membuka keran pemesanan lagi, bahkan stok unit di diler juga tidak tersedia.

Menghentikan NSX bukanlah sesuatu yang aneh, mengingat Honda sama sekali tidak berhasil menjual mobil tersebut tahun ini.

Dilaporkan CarExpert, mengutip data dari VFACTS tercatat perusahaan hanya berhasil menjual tiga unit NSX saja ke konsumen pada 2019. Sedangkan pada 2018, 2017, dan 2016 hanya laku dua unit tiap tahunnya.

Salah satu sebab Honda NSX tidak laku adalah karena adanya strategi restrukturisasi perusahaan yang membuat Honda Australia terpaksa memangkas jumlah diler dan mengurangi jumlah model yang dijual.

“Model Honda NSX telah dihapus dari situs web resmi beberapa minggu yang lalu, karena tidak mungkin lagi melakukan pemesanan baru untuk NSX,” kata seorang juru bicara perusahaan.

Di Australia, Honda NSX dipasarkan dengan harga 420 ribu dolar Australia atau sekira Rp4,3 miliar.

Honda NSX Tidak Laku
Salah satu sebab Honda NSX tidak laku karena strategi restrukturisasi perusahan. (Foto: Carscoops)

Spesifikasi Singkat Honda NSX

Mobil ini sudah dibekali mesin V6 3,5 liter twin-turbo, dan dipadukan dengan motor listrik serta transmisi kopling ganda 9-percepatan. Mesin ini memiliki tenaga maksimal 573 hp dan torsi puncak 644 Nm.

Tenaga sebesar itu memungkinkan mobil melaju dari posisi diam sampai 96 km/jam hanya dalam 2,9 detik dan kecepatan tertinggi mencapai 307 km/jam.

Secara dimensi NSX memiliki panjang 4.490 milimeter, lebar 1.940 mm, tinggi 1.215 mm, dan berat 1.780 kilogram. Kapasitas bahan bakar sebesar 59 liter.

Honda NSX memiliki 4 mode berkendara.

Pertama, Quiet Mode yang menghasilkan suara mesin sangat halus dan cocok digunakan untuk berkendara di kawasan perumahan.

Kedua, Sport Mode sebagai mode standar untuk menghasilkan mesin yang bertenaga dan suara knalpot rendah cocok digunakan untuk bermanuver di jalan perkotaan.

Ketiga, Sport+ Mode untuk tenaga mesin yang lebih agresif dan akselerasi lebih cepat.

Keempat, Track Mode sangat cocok bagi pengemudi yang ingin merasakan sensasi performa mesin bertenaga dan raungan knalpot yang sangat terasa.

Kabin Honda NSX memiliki desain yang minimalis dengan jok sporty berbahan kulit. Lingkar kemudi dilengkapi fitur Electric Power Steering (EPS) untuk mendukung kelincahan dan kesenangan berkendara. Sedangkan untuk hiburan, Honda NSX dilengkapi audio berkualitas dari ELS studio yang dilengkapi 9 speaker.

Honda NSX Tidak Laku
Honda NSX jadi mobil favorit pengunjung di GIIAS 2019 (Foto: Carmudi)

Pernah Mampir ke Indonesia

Bersamaan dengan pembukaan Honda Gallery, di Senayan, Jakarta pada 2018 lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda di Indonesia mendatangkan NSX.

HPM juga pernah memamerkannya di ajang GIIAS 2019.

Kendati sudah diperlihatkan ke publik, namun sampai sekarang HPM belum juga menjual mobil ramah lingkungan tersebut.

Kala itu, HPM beralasan bahwa jika Honda NSX dipasarkan sekarang bisa membuat konsumen yang membeli Honda NSX di awal merasa kecewa. Sebab pemerintah tengah melakukan revisi pajak sedan, apabila jadi diturunkan makan akan berimbas pada harga Honda NSX.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: Honda Hapus HR-V Bermesin Diesel dari Daftar Model yang Dijual

Hyundai Ioniq full electric akan segera meluncur ke Indonesia
Previous post
Deretan Mobil Listrik Hyundai Beserta Harganya yang Bikin Kaget
Mobil Bekas Mitsubishi
Next post
Mitsubishi Indonesia Coba Peruntungan di Bisnis Mobil Bekas