Berita

Tidak Wajib Antigen atau PCR, Mudik 2022 Diprediksi Membludak

Jakarta — Musim mudik 2022 diprediksi akan membludak seperti sebelum pandemi Covid-19 seiring aturan perjalanan yang sudah tidak mewajibkan tes antigen maupun PCR.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi di pembukaan Jakarta Auto Week (JAW), Sabtu (12/3/2022).

“Sesuai dengan SE (Surat Edaran) yang sudah kita keluarkan, ada aturan baru untuk perjalanan darat, laut, udara, dan kereta api. Jika masyarakat sudah vaksin dua kali atau vaksin booster, boleh melakukan perjalanan tanpa memakai PCR atau antigen,” katanya.

>>>>> Cari mobil baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi di pembukaan Jakarta Auto Week (JAW) 2022. (Foto: Nadya/Carmudi)

Selain itu, lanjut Budi, aplikasi PeduliLindungi masih harus digunakan, tapi sudah tidak ada persyaratan yang berkaitan dengan PCR ataupun antigen di dalam aplikasi tersebut.

Mengenai musim mudik tahun 2022, Budi menyampaikan bahwa kemungkinan ini akan menggunakan skema tahun 2019 di mana menerapkan one way (jalur satu arah).

“Untuk mudik nanti, sudah dibahas dengan Menteri Perhubungan dan Korlantas Polri. Ini masih dalam tahap perencanaan. Survey tahap satu sudah dilakukan, namun ada permintaan dari Menteri untuk dilakukan survei lagi tahap kedua,” jelas Budi.

Budi juga menyampaikan bahwa survei tahap kedua ini akan dijadikan sebagai referensi kebijakan manajemen lalu lintas angkutan lebaran tahun 2022.

Di sisi lain, Budi belum bisa memastikan apakah tahun ini mudik sudah benar-benar diperbolehkan atau belum. Kendati demikian pihaknya tetap melakukan antisipasi seperti masa sebelum pandemi.

>>>>> Cari mobil baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts