Tiga Bulan Berturut-Turut Xpander ‘Kangkangi’ Avanza
Jakarta – Mitsubishi Indonesia memang patut berbangga dengan hadirnya Xpander, mobil keluarga yang punya desain futuristik dengan banyak fitur.
Sukses meraih predikat sebagai mobil terbaik salah satu media otomotif ternama Indonesia beberapa waktu lalu, penguasaan pasar Mitsubishi Xpander di segmen Low MPV ( Multi Purpose Vehicle) sekarang terus menanjak.
Bahkan Toyota Avanza yang selalu merajai segmen kendaraan penumpang 7 penumpang selama ini terpaksa harus merelakan posisi tersebut kepada Xpander.
Dalam 4 bulan pertama tahun ini (Januari-April), “MPV Sejuta Ummat” cuma bisa menduduki puncak tertinggi di Januari 2018 saja. Sementara tiga bulan berikutnya sampai April lalu, Mitsubishi Xpander tak tertahankan.
Pencapaian ini sekaligus menjadikan Mitsubishi Xpander sebagai mobil paling laris. Mengalahkan Low MPV lainnya seperti Honda Mobilio, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Wuling Confero.
Tabel Penjualan Model Low MPV 2018
MODEL LMPV | JAN | FEB | MAR | APR | TOTAL |
Mitsubishi Xpander | 7,079 | 7,400 | 7,493 | 7,097 | 29,069 |
Toyota Avanza | 7,543 | 6,773 | 7,097 | 6,917 | 28,330 |
Daihatsu Xenia | 3,912 | 2,529 | 2,176 | 2,941 | 11,558 |
Honda Mobilio | 1,847 | 1,514 | 1,494 | 2,796 | 7,651 |
Suzuki Ertiga | 3,223 | 4,223 | 2,312 | 1,894 | 11,652 |
Wuling Confero | 555 | 565 | 931 | 782 | 2,833 |
Sumber : Data GAIKINDO APRIL 2018
Honda Jazz Pimpin Segmen Hatchback
Sementara itu di segmen hatchback, Honda Jazz berhasil menjadi market leader selama empat bulan pertama 2018. PT Honda Prospect Motor (HPM) selama periode tersebut berhasil menjual 4.176 unit atau 34% dari total penjualan mobil hatchback.
Kontribusi Honda Jazz tersebut melengkapi total penjualan Honda sebanyak 53.274 unit sepanjang Januari–April 2018. Dengan penguasaan penjualan kendaraan keseluruhan sebesar 13,5%.
“Performa penjualan kami di empat bulan pertama ini cukup stabil, didukung oleh kontribusi beberapa produk unggulan seperti Honda Jazz dan lainnya. Kami akan berusaha mempertahankan tren yang positif ini. Sekaligus terus memonitor kondisi pasar,” ujar Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director HPM lewat siaran pers, Rabu (15/5/2018).(dol)