Berita Mobil Sumber informasi

Tiga Bulan Berturut-Turut Xpander ‘Kangkangi’ Avanza

Jakarta – Mitsubishi Indonesia memang patut berbangga dengan hadirnya Xpander, mobil keluarga yang punya desain futuristik dengan banyak fitur.

Sukses meraih predikat sebagai mobil terbaik salah satu media otomotif ternama Indonesia beberapa waktu lalu, penguasaan pasar Mitsubishi Xpander di segmen Low MPV ( Multi Purpose Vehicle) sekarang terus menanjak.

Bahkan Toyota Avanza yang selalu merajai segmen kendaraan penumpang 7 penumpang selama ini terpaksa harus merelakan posisi tersebut kepada Xpander.

Dalam 4 bulan pertama tahun ini (Januari-April), “MPV Sejuta Ummat” cuma bisa menduduki puncak tertinggi di Januari 2018 saja. Sementara tiga bulan berikutnya sampai April lalu, Mitsubishi Xpander tak tertahankan.

Pencapaian ini sekaligus menjadikan Mitsubishi Xpander sebagai mobil paling laris. Mengalahkan Low MPV lainnya seperti Honda Mobilio, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Wuling Confero.

Tabel Penjualan Model Low MPV 2018

MODEL LMPV JAN FEB MAR APR TOTAL
Mitsubishi Xpander 7,079 7,400 7,493 7,097 29,069
Toyota Avanza 7,543 6,773 7,097 6,917 28,330
Daihatsu Xenia 3,912 2,529 2,176 2,941 11,558
Honda Mobilio 1,847 1,514 1,494 2,796 7,651
Suzuki Ertiga 3,223 4,223 2,312 1,894 11,652
Wuling Confero 555 565 931 782 2,833

Sumber : Data GAIKINDO APRIL 2018

Honda Jazz Pimpin Segmen Hatchback

Sementara itu di segmen hatchback, Honda Jazz berhasil menjadi market leader selama empat bulan pertama 2018. PT Honda Prospect Motor (HPM) selama periode tersebut berhasil menjual 4.176 unit atau 34% dari total penjualan mobil hatchback.

Kontribusi Honda Jazz tersebut melengkapi total penjualan Honda sebanyak 53.274 unit sepanjang Januari–April 2018. Dengan penguasaan penjualan kendaraan keseluruhan sebesar 13,5%.

“Performa penjualan kami di empat bulan pertama ini cukup stabil, didukung oleh kontribusi beberapa produk unggulan seperti Honda Jazz dan lainnya. Kami akan berusaha mempertahankan tren yang positif ini. Sekaligus terus memonitor kondisi pasar,” ujar Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director HPM lewat siaran pers, Rabu (15/5/2018).(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts