Home » Sumber informasi » Tilang Elektronik Akan Berlaku Di Depok, Di Sini Kamera Pengawasnya

Tilang Elektronik Akan Berlaku Di Depok, Di Sini Kamera Pengawasnya

Kamera tilang elektronik akan bertambah banyak

Jakarta – Setelah wilayah DKI Jakarta, kawasan wilayah penyangga mulai memberlakukan tilang elektronik. Dalam waktu dekat, Kota Depok akan memberlakukan tilang elektronik di beberapa titik ruas jalan utama.

Tahap pertama, pemasangan kamera tilang elektronik akan diberlakukan di Jalan Margonda Raya. Selain di kawasan Margonda Raya, pelanggaran lalu lintas yang masih tinggi terdapat di sejumlah titik lainnya yang menjadi fokus untuk tilang elektronik.

Satlantas Polres Depok mencatat sejumlah lokasi yang masih rawan pelanggaran lalu lintas.

“Untuk lokasi rawan pelanggaran lalu lintas di wilayah Depok terdapat di Jalan Margonda Raya, Jalan Raya Juanda, Jalan A.R Hakim, Jalan Raya Bogor, Jalan Raya Muhtar Sawangan dan Jalan Tole Iskandar,” jelas Kasat Lantas Polres Depok Kompol Erwin Aras Genda, sebagaimana dikutip dari laman NTMC Polri.

Tilang elektronik ini segera diberlakukan sebagai bentuk penegakan disiplin berlalu lintas bagi warga Depok. Namun sebelum diterapkan untuk umum, pihak kepolisian Polda Metro Jaya dan Satlantas Polrestro Depok harus melakukan kajian terlebih dahulu bersama sejumlah steakholder terkait.

“Tim dari jajaran Polda Metro Jaya sudah melakukan peninjauan di titik-titik yang akan dilakukan pemasangan kamera E-TLE. Salah satu titik kamera tilang elektroniknya di simpang Juanda-Margonda. Sebelum pemberlakuan tilang elektronik atau E-TLE, terlebih dahulu kami pasang sejumlah kamera CCTV di sejumlah lampu merah jalan protokol Depok,” kata Wakasatlantas Polrestro Depok Kompol Untung, pada kesempatan yang berbeda.

Menurut Kompol Untung, tilang elektronik perlu dilakukan, sebab hingga kini masih banyak pengendara yang melanggar aturan berlalu lintas. Kamera CCTV ini dipasang untuk memantau kondisi lalu lintas di wilayah yang strategis.

Belum Ada Kamera Tilang Elektronik, Angka Pelanggaran Lalu Lintas di Depok Tinggi

Kamera tilang elektronik juga berfungsi sebagai CCTV (Foto: NTMC Polri)

Pihak kepolisian Depok saat ini menghadapi kondisi pelanggaran lalu lintas yang cukup tinggi. Berdasarkan data Satlantas Polres Depok, total pelanggaran yang berhasil ditilang polisi sepanjang Januari hingga Juli 2020 mencapai 14 ribu kasus lebih.

“Total tilang Satlantas Polres Metro Depok sebanyak 14.378 lembar tilang,” jelas Erwin.

Perincian tilang tersebut yakni pada Januari sebanyak 3.039 kasus dan Februari sebanyak 3.104 kasus. Kemudian Maret sebanyak 4.055 kasus, Mei 969 kasus dan Juli sebanyak 3.211 kasus.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

 

Previous post
Perhatikan Ini Sebelum Berkendara Sepeda Motor di Masa AKB
Next post
Ganti Knalpot Racing di Motor Injeksi, Bagaimana Pengaruhnya?